Senin, 26 Agustus 2024

bahaSABUdaya

 UPAYA PEMERTAHANAN BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI

Oleh: Dian Fitriyani, S.Pd


  

Sumber: https://pontianak.tribunnews.com/2018/05/12/bukan-bahasa-inggris-ternyata-bahasa-ini-yang-banyak-dipakai-di-dunia

Era globalisasi menghadirkan tantangan besar bagi seluruh dunia, termasuk masyarakat Indonesia, untuk dapat mempertahankan diri dalam pergaulan internasional yang sangat kompleks (Assapari, 2014:30). Dengan kemajuan globalisasi saat ini, keberadaan bahasa Indonesia menjadi semakin populer. Namun, globalisasi sangat mempengaruhi keberadaan bahasa Indonesia dan menimbulkan berbagai masalah baru. Salah satunya adalah ketahanan bahasa Indonesia yang saat ini sedang mengalami penurunan serta munculnya istilah bahasa gaul, bahasa alay, dan lainnya.

 
Sumber: https://mediaindonesia.com/opini/549274/globalisasi-dan-hukum-kepailitan-di-indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang jika diucapkan secara keliru menjadi kurang baik (Kusumawati, 2019:132). Penggunaan bahasa Indonesia harus sesuai dengan kaidah dan struktur Ortografi Indonesia (EBI) yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang tepat dan benar sangat diperlukan untuk menunjukkan identitas suatu bangsa yang beradab. Selain itu, menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik merupakan tanda cinta tanah air dan mewujudkan rasa nasionalisme.

Eksistensi bahasa Indonesia memudar karena banyaknya masyarakat Indonesia, terutama di kalangan remaja, yang menggunakan kata-kata populer atau bahasa gaul Indonesia (Assapari, 2014:30). Keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional perlu mendapat perhatian lebih dari masyarakat luas. Karena saat ini, orang Indonesia lebih bangga berbicara bahasa asing daripada bahasa ibu mereka, bahasa Indonesia. Di bawah kedok bahasa internasional, orang lebih cenderung terlibat dalam bahasa asing. Hal tersebut terjadi dikarenakan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia belum tertanam pada pada diri warga Indonesia.

 
Sumber: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/peranan-bahasa-indonesia-dalam-revolusi-mental-di-indonesia/

Di era globalisasi yang menuntut penguasaan teknologi dan bahasa asing di berbagai bidang kehidupan, membuat bahasa Indonesia kini semakin memudar (Apriana, 2019). Mempelajari bahasa asing merupakan hal yang positif dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap penutur. Bahasa asing kini bukan lagi hal yang sangat dianggap tidak biasa, akan tetapi bahasa asing sudah dianggap sebagai tuntutan yang harus dikuasai terutama pada era globalisasi. Tetapi, menguasai bahasa asing bukan berarti kita mengabaikan bahasa nasional. Akan sangat baik bila rakyat Indonesia bisa menguasai satu atau beberapa bahasa asing, namun menguasai bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional menggunakan baik dan benar pun sangat lah penting. Oleh karena itu, dalam menghadapi bahasa asing yang semakin dominan di era globalisasi, perlu untuk menjaga bahasa Indonesia agar tetap lestari.

 
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_di_Indonesia

Hoffman dalam (Komalasasi dan Rusdiana, 2017:106) mengatakan bahwa pemertahanan bahasa mengacu dalam sebuah situasi di mana anggota komunitas atau masyarakatnya berusaha mempertahankan penggunaan bahasanya yang sudah biasa mereka gunakan. Beberapa upaya yang harus dilakukan salah satunya adalah memunculkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan identitas bangsa. Seharusnya kita juga menanamkan sifat disiplin pada berbahasa Indonesia. Sehingga menggunakan sifat disiplin itulah akan membuahkan bahasa Indonesia tetao lestari sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu, bila terdapat imbas bahasa terkenal yang masuk ke pada bahasa Indonesia hendaknya diadaptasi menggunakan kaidah berbahasa Indonesia, yang dalam hakikatnya adalah bukti diri bangsa Indonesia. Dengan demikian, bahasa Indonesia akan mampu bersaing dengan bahasa asing di era globalisasi sehingga tidak mudah memudar sebagaimana yang dikhawatirkan oleh para pemerhati bahasa.

*) Guru Bahasa Indonesia dan pembina Pramuka Pangkalan SMAN 1 Pangalengan

**) dikutip dari berbagai sumber

 

49 komentar:

  1. Haniva nur ada wawiyah XF

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat👍👍

    BalasHapus
  3. mantappp bagus sekali Alhamdulillah

    BalasHapus
  4. Benar sekali bu saya setuju banget anak-anak zaman minenial kini lebih suka dengan bahasa-bahasa asing dibandingkan menggunakan bahasa Indonesia. Kejadian ini memang relite dengan kehidupan kita saat ini, diharapkan pembaca dapat lebih menghargai dan membudayakan bahasa Indonesia sesudah membaca literasi ini.

    BalasHapus
  5. Mantapp ilmu bermanfaat sekalii

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Ilmu yang sangat bermanfaat dalam mempelajari dan mengutip bahasa Indonesia yang baik dan benar

      Hapus
  7. terimakasih atas ilmu nyaa yang bermanfaat bu,saya harap saya dan teman teman selalu mencintai dan menggunakan b indonesia

    BalasHapus
  8. MasyaAllah bermanfaat sekali

    BalasHapus
  9. ilmu yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Marilah kita tanamkan kebanggaan terhadap bahasa nasional agar bahasa Indonesia tetap lestari #KawalputusanMK

    BalasHapus
  11. Terimakasih bermanfaat banget

    BalasHapus
  12. sangat sangat bermanfaat 😘

    BalasHapus
  13. الحمد لله علماً نافعاً عسى أن يكون مباركاً

    BalasHapus
  14. Sangat bermanfaat🥰👍🏻

    BalasHapus
  15. Bangga menjadi warga negara Indonesia (ALY NURMUHAMAD ALFARIZ X.A)

    BalasHapus
  16. Sangat bermanfaat!! Terimakasih atas ilmunya ibu🤩

    BalasHapus
  17. terimakasih ilmunyaaaa💗💗

    BalasHapus
  18. Makasi ibu atas ilmunya di pagi hari yang cerah ini

    BalasHapus
  19. terimakasih ilmu nya ibuu, sangat bermanfaat sekalii✨️✨️✨️

    BalasHapus
  20. Terimakasih Bu materi nya sangat berguna untuk pelajar seperti kami🔥

    BalasHapus
  21. sangat menarikkj kami

    BalasHapus
  22. Ananda Silvya Nuryanti 10F

    BalasHapus
  23. putri hoerunnisa XF

    BalasHapus
  24. Terima kasih ilmu hr ini sangat bermanfaat tuk kehidupan (M.Farrel Aqil kelas XI E1

    BalasHapus

ENTERPRENEURSHIP

  “JANGAN PERNAH ANGGAP ENTENG PRAKARYA! BERIKUT INI JENIS DAN MANFAATNYA” Oleh: Dadan Triatna, SE., S.Pd *)   Prakarya merupakan kegi...