Senin, 12 Agustus 2024

HUMANIORA

 

“SETELAH 79 TAHUN MERDEKA, SELALU ADA HIKMAH DI BALIK MUSIBAH, JAYALAH INDONESIAKU”

Oleh: Hj. Ani Haelani, SS., M.Pd., M.I.L.

 


     (Sedikit ulasan ihwal tema.  Tahun ini, 17 Agustus atau HUT Kemerdekaan Republik Indonesia adalah ke-79 yang jatuh pada hari Sabtu. Tema besar Peringatan HUT ke-79 RI Tahun 2024 adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

     Sebetulnya slogan tersebut sedikit ada koreksi dari penulis sebab Nusantara baru memiliki makna semantis bahwa Nusantara bisa disimbolkan ibarat sebuah negara. Maka maknanya menjadi “Negara Baru, Indonesia Maju”. Alangkah tepatnya jikalau temanya itu “Peradaban Baru, Indonesia Maju” yang artinya, manakala peradaban atau zaman menjadi baru, maka Indonesia akan maju). Tapi tak terbatas sampai di situ.  Tema hanyal simbol yang dibuat sebagian kalangan masyarakat Indonesia. Namun ada yang tidak kalah pentingnya yakni curahan hati kami selaku orang Indonesia asli yang masih hidup di tahun 2024.

    “Kita butuh ruh spirit jiwa patriotisme seperti halnya mereka, di kala itu, tentara dan rakyat yang sama-sama harmoni berjuang menyusun strategi untuk menumpas penjajah di muka bumi Indonesia, seperti halnya pejuang ’45.

Sumber: https://bnp.jambiprov.go.id/patriotisme-pengertian-ciri-tujuan-dan-contoh/

     Ketika sudah mencapai kemerdekaan 79 Tahun ini, hati nurani kita mungkin sangat bersedih dan protes ketika di berbagai  belahan bumi nusantara, terdapat banyak masyarakat asli masih bersitegang dengan aparat keamanan hanya demi menyampaikan ketidakpuasan mereka. Ketidakpuasan mereka itu sederhana apabila pemimpin  di negeri ini mengerti akan rakyatnya sendiri. Misalnya, ironis sekali apabila dikatakan sudah 79 tahun merdeka, namu  rakyat Indonesia belum menikmati ke.erdekaan itu: mereka malah berdemonstrasi mempertahankan haknya agar bisa bekerja di negerinya sendiri. Namun, sayang seribu sayang, perusahaan-perusahaan, pabrik-pabrik, projek-projek, itu bukan milik orang Indonesia. Pemimpin di negeri kita bukan lemah, bahkan bisa memimpin kekuatan untuk menahan rakyatnya agar tidak berdemonstrasi dengan berbagai hal. Namun, tak berdaya manakala dihadapkan dengan orang asing pendatang yang akan membangun mega-projek di negeri ini. Sangat tidak berdaya walaupun hanya untuk bermediasi, bahwa rakyatnya sendiri masih membutuhkan kehidupan dan pekerjaan. “Tidak berdaya  untuk mengatakan “kepada mereka” bahwa apabila “mereka” ingin membangun bisnjs yang bersinergi dengan bangsa Indonesia, dan karena dibangun di atas tanah milik Indonesia, maka 99 persen pekerjanya harus orang Indoneia asli. Baik itu tenaga profesional maupun tenaga “hard worker”-nya. Itulah di antara kesepakatan yang harus dibangun oleh para pemimpin di negeri ini. Biar “mereka” tahu diri, berasal dari mana “mereka itu”. Mengapa demikian? “Karena, untuk membangun projek di Indonesia, tidaklah mudah, sangat bergengsi dan akan sangat beruntung ketika membangun investasi di Indonesia.”

 
Sumber: https://bnp.jambiprov.go.id/patriotisme-pengertian-ciri-tujuan-dan-contoh/

     Asal kita tahu saja, Indonesia itu walaupun masih termasuk negara berkembang yang menuju negara maju, entah nomor satu di dunia nantinya, adalah surganya bagi para pebisnis di dunia. Banyak sumberdaya manusia, cerdas, mungkin tingkat tinggi dunia, yang sudah menyumbangkan keilmuan mereka, berkarya, dan berkinerja di berbagai belahan dunia yang berasal dari tanah kelahiran negara kepulauan Indonesia ini.

    Tidak heran apabila Indonsia  diserbu para investor untuk menginvestasikan modalnya di Indonesia.

    “Oleh karena itu, kami titipkan Indonesia kepada generasi penerus yang akan datang agar tetap menjaga Republik Indonesia, tanah air tercinta agar jangan terlalu dieksploitasi sumber daya alamnya yang sangat bermanfaat bagi kemakmuran seluruh rakyanya, jangan sampai jatuh ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya alam -  kekayaan alam Indonesia. Dari seratus persen kekayaan Indonesia hendaknya dijaga oleh tangan-tangan yang peka terhadap bela negara tanah air Indonesia dan juga oleh mereka yang tetap memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Cintailah negeri sendiri secara maksimal. Sebab, berikut akan penulis deskripsikan gambaran betapa melimpah kekayaan negeri Indonesia (“harap tidak dipublikasi pada bahan seminar ke pihak luar”, sebab bahasan ini hanya untuk kepentingan lingkungan warga negara Indonesia asli” yang patut berjuang dalam segala sendi kehidupan berbangsa dan bernegara”).

 

Sumber: https://www.idntimes.com/life/education/robertus-ari/patriotisme

     Pada subtittle, disampaikan bahwa selalu ada hikmah di balik musibah. Maka dari itu izinkan penulis untuk membeberkan ilustrasi temuan sumber daya alam Indonesia yang mudah-mudahan menjadi spirit bagi rakyat Indonesia dalam mengisi kemerdekaan agar bisa lebih bersatu, maju, dan saling menjujung mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari rongongan “pihak lain” yang akan dan ingin terus menggerus kekayaan tanah di Republik Indonesia ini.

     “Setelah 16 tahun diabaikan, kini lumpur lapindo kembali ramai diperbincangkan, disinyalir lumpur lapindo menyimpan harta karun yang nilainya begitu besar yang bahkan bisa membuat negara Indonesia bisa kaya seketika. Harta karun tersebut berupa logam tanah jarang yang di dalamnya terdapat litium dan setoronsium. Kandungan tanah dalam di lumpur lapindo merupakan mineral super langka yang menambah daftar harta karun energi yang dimiliki Indonesia. Dalam rumus kimia, sistem periodik, logam tanah jarang dimasukan ke dalam golongan laktanida dan aktanida. Selain masuk ke dalan golongan laktanida dan aktanida, logam tanah jarang juga disebut sebagai logam transisi. Logam tanah jarang ini sangat penting dalam bidang tertentu seperti untuk pembuatan pesawat luar angkasa, lampu energi tinggi,  dan semi konduktor. Itulah sebabnya logam ini mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan emas dan platina. Selain itu berdasarkan US Geological survay ada lebih dari 200 produk yang menggunakan logam tanah jarang. Khususnya adalah teknologi seperti fonsel, televisi layar datar, kendaraan elektrik AI VIV, dan sebagainya. Temuan litium pada lumpur lapindo bermula dari penelitian yang dilakukan oleh tim riset mandiri dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Mereka pernah meneliti potensi lumpur lapindo dan menemukan litium berdasarkan penelitian tersebut. Sementara itu, logam tanah jarang dalam lumpur lapindo ditemukan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM Republik Indonesia. Temuan ini tentu menjadi kabar gembira. Kendati demikian, terkait kabar temuan ini, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap aset tanah tersebut. Hal ini untuk memastikan apakah lumpur lapindo tersebut betul bernilai tinggi. Menurutnya, saat ini tim Direktur Jenderal Kekayaan Negara sudah melakukan penilaian atas tanah tersebut. Sebab sebelumnya, perusahaan Aburizal Bakrie itu sudah diberikan sebagai jamian atas utangnya kepada negara. Namun ia menekankan, jika nantinya tanah tersebut tidak bernilai atau nilainya rendah, maka pihaknya akan tetap menagih sisanya kepada lapindo. Itu artinya, memberikan aset tanah tersebut sebagai jaminan tidak langsung menjadikannya utang lapindo menjadi lunas.” (5758: Agustus 2024).

 
Sumber: ttps://news.solopos.com/mengenang-15-tahun-lumpur-lapindo-penyebabnya-misterius-1168979

     Pada HUT Kemerdekaan RI ke-79 ini, semoga lahir “kebebasan berpikir dan berekspresi yang dilandasi dengan fitrah dan kepekaan hati nurani yang akan melahirkan inovasi dan karya-karya besar yang mencerahkan. Mska dengan kebebasan berpikir plus kepekaan hati nurani, setiap orang, kelompok, lembaga, atau istitusi maupun perusahaan, akan mampu berkreasi dan berbuat sesuatu yang luar biasa dalam kehidupannya.

     Ada sebuah puisi bagus yang dinukil dari kutipan Ahmad Taufik Nasution:

“Ya khalik, Engkaulah Yang Maha Berkreasi!

Ampunilah aku yang sering berburuk sangka

Ampunilah aku yang selalu iri

Ampunilah aku yang hanya bisa mencaci dan mencela

namun tidak bisa melahirkan karya

yang bermanfaat bagi orang lain

Ya ‘Alim, Engkaulah Yang Maha Mengetahui!

Ampunilah aku yang tidak mau belajar dengan tanda-tanda kebesaran-Mu

Ampunilah aku yang tidak mau membaca

Siapa diriku sesungguhnya.

    

Apakah merekan tidak mengembara di bumi sehingga hati mereka dapat memikirkan sesuatu atau telinga mereka dapat mendengar? Sungguh, bukan mata mereka yang buta melainkan hatinya yang ada di dalam rongga dada. (QS. Al-Hajj [22]:46).

Sumber: https://kp3-i.com/patriotisme-dan-nasionalisme-pemerintah-dititik-nadir-terendah/

    Pesan di akhir paragraf dari penulis, Kita selaku penerus bangsa yang suatu waktu mungkin menemukan permasalahan krisis moneter, ekonomi, politik, dan sosial, seperti krisis air bersih di berbagai tempat, dan lain hal terkait Indonesia, hendaknya lahir generasi muda yang mampu mengelola lingkungan hidup brserta sumber daya kekayaan Indonesia yang terdapat di dalamnya dengan pengenalan SDGs (Sustainable Development Goals) atau kesepakatan global fan nasional  yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengenalan pendekatan ADA (Atur dan Awasi) atau “Command And Control (CAC) terhadap harta kekayaan Indonesia dengan undang-undang pidananya telah diperberat tak  mampu  mengurangi tidak pidana perusakan lingkungan hidup.  Mari bersama-sama kita jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Merdeka!

**dikutif dari berbagai sumber

***Penulis adalah Guru mapel Bahasa Indonesia di SMAN 1 Pangalengan, Guru Penggerak, pemerhati masalah lingkungan, penulis dan penikmat karya sastra.

 

186 komentar:

  1. Alhamdulillah Terimakasih atas literasinya ibu🙏

    BalasHapus
  2. alhamdulilah bagus banget literasi nya

    BalasHapus
  3. mantap sekali Bu, terimakasih

    BalasHapus
  4. Semoga rakyat indonesia tak lupa akan sejarah dan budaya nya, agar menjadi bangsa yang kuatt dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan.

    BalasHapus
  5. Selamat HUT RI ke 79✨

    BalasHapus
  6. terimakasih literasi nya bu sangat bermanfaat, jayalah Indonesia💌

    BalasHapus
  7. Terimakasih ibu, pesan yg dapet di ambil adalah kita harus menjaga negara kita yaitu Indonesia❤️‍🩹 karena saat ini sudah banyak orang dari luar negara kita yg sudah menguasai negara kita dengan membuka toko ataupun sebagainya

    BalasHapus
  8. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 79❤️‍🔥

    BalasHapus
  9. mantap riquest untuk ke depan nya tentang wali band pa/bu

    BalasHapus
  10. semangat 45🇮🇩💪🏻

    BalasHapus
  11. terima kasih Bu sangat menarik tema tentang kemerdekaan 🇮🇩🇮🇩🔥🔥

    BalasHapus
  12. Khaila Desari Safitri13 Agustus 2024 pukul 07.26

    Terimakasih atas ilmunya ibuu bermanfaat sekali🙏🙏

    BalasHapus
  13. terimakasih atas literasi nya ibu, sangat bermanfaat 🙏🏻

    BalasHapus
  14. mantap menyala pagi dengan membaca

    BalasHapus
  15. literasi nya sangat bermanfaat, terimakasih ibu

    BalasHapus
  16. terimakasih atas literasinya ibu, memang betul sebaiknya para pekerja indonesia diberikan kesempatan pekerjaan lebih banyak dari pada mereka orang luar.

    BalasHapus
  17. bermanfaat wakk🤙🏿😍

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, merdeka 🇮🇩

    BalasHapus
  19. bagus sekali bu welll

    BalasHapus
  20. wawsssss menarikssssss

    BalasHapus
  21. terimakasih atas literasi nya ibuu

    BalasHapus
  22. Maju terus Indonesiaku. Semoga generasi penerus bangsa selalu amanah dalam menjalankan pesan kemerdekaan yang sesungguhnya

    BalasHapus
  23. terimakasih!!!,merdeka!!!

    BalasHapus
  24. mantap banget rekkk

    BalasHapus
  25. Semnagat 45🇲🇨🤜🤛

    BalasHapus
  26. MERDEKA🔥🇮🇩

    BalasHapus
  27. SEMANGATTT 45 🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩💪💪

    BalasHapus
  28. bermanfaat sekali terimakasih bu🤛🏻🤛🏻🤛🏻

    BalasHapus
  29. Menuju merdeka 45 yang ke 79🇮🇩❤️

    BalasHapus
  30. dhea rahma regina (x-f)

    BalasHapus
  31. SYAHLA AZIZATUL WAFA (X-F)

    BalasHapus
  32. Dini Rianti Ramadhani X-F

    BalasHapus
  33. putri hoerunnisa XF

    BalasHapus
  34. Suci Septiansyah XF

    BalasHapus
  35. KEISHA FATARANI (X-F)

    BalasHapus
  36. muhamad lucky wijaya X F hadir bu mantap terimakasih saya jadi tercerahkan berkat literasi dari ibu💗🫰

    BalasHapus
  37. Widiawati Navisa (X-F)

    BalasHapus
  38. rafael erlangga x-f

    BalasHapus
  39. Rizki yanto putra XF hadir

    BalasHapus
  40. Sari Yuningsih (X-F)

    BalasHapus
  41. hafizh kartiwa X-F hadir bu dan bagus literasi nya

    BalasHapus
  42. Melisa Agustina X-F

    BalasHapus
  43. KHEYZA APRILIA (X-F)

    BalasHapus
  44. IIN NETI ANGGRAENI X-F

    BalasHapus
  45. ABDEE PUTRA PRATAMA X F MANTAP BANGETTT LITERASI NYA BUU

    BalasHapus
  46. Aiman Muzakki (X-F)

    BalasHapus
  47. Marsya yulistia andriani (XD)

    BalasHapus
  48. chesilya maharani X-D MERDEKA WELLLL

    BalasHapus
  49. Salfa renata rahayu XD

    BalasHapus
  50. Maulani Nazwa Fatimah X-D

    BalasHapus
  51. Silfa amanda putri XD

    BalasHapus
  52. Maulani Nazwa Fatimah X-D
    Bagusss bermanfaat

    BalasHapus
  53. RIZCKY PUTRA RAMADHAN ( X-D )

    BalasHapus
  54. Mutiara Husnul Maulida X-D

    BalasHapus
  55. MERDEKA🔥🔥🔥
    Andhika Indra Yanuari (X-D)

    BalasHapus
  56. M.Radityas anandisya(X-D) well ah mantap edan

    BalasHapus
  57. Mahesa Satria Saputro (XD)

    BalasHapus
  58. (Sania A.L, X-D) INDONESIA MERDEKAA WELLLL!

    BalasHapus
  59. Gita Fitri Ramadani X-D
    Mantap

    BalasHapus
  60. Siva nurhalimah (x-d)

    BalasHapus
  61. Arkan (X-D) 🥶🥶🗣️💯

    BalasHapus
  62. Chesilya Maharani X-D cerita nya bagus banget bu woww

    BalasHapus
  63. Andhika Indra Yanuari (X-D)

    BalasHapus
  64. Mantap keren sekali

    BalasHapus
  65. Marsya yulistia X-D merdeka

    BalasHapus
  66. Kiki ramdani s.s(XI D-2)

    BalasHapus
  67. Najmi sya'bani / 11D2

    BalasHapus
  68. Khaila Desari (XI D2)

    BalasHapus
  69. rahma sri fuzi andini (XI D2)

    BalasHapus
  70. Fania widia sari (XI D-2)

    BalasHapus
  71. Shelly Nurrahayu (XI D2)

    BalasHapus
  72. sindi silviani (XI-D2)

    BalasHapus
  73. XI D2 zai mantaffff bu hj 🇮🇩

    BalasHapus
  74. fanisa dan lavinia (XI D2) bagus sekali buu

    BalasHapus
  75. Sona gazani (XI D2)

    BalasHapus
  76. Tiara Della Putri (XI-D2)

    BalasHapus
  77. Rifki XI D2 bagus banget bu mantaff sukses

    BalasHapus
  78. Mochamad rizky aditya nur alam(IXD2)mantaf bu haji

    BalasHapus
  79. Rizki XI D2 mantafff

    BalasHapus
  80. Sona gazani ( XI D2 )

    BalasHapus
  81. Luvi munawaroh Xl-D2

    BalasHapus
  82. Andika fryatna XI D2 keren mantaf

    BalasHapus
  83. Mochamad rizky aditya nur alam(XID2)

    BalasHapus
  84. Reva zul Alam (XI D2)

    BalasHapus
  85. Terimakasih untuk literasinya bu. Semoga generasi muda Indonesia bisa terus berkembang. (Alya Z-XI D2)

    BalasHapus
  86. Ini menjadi motivasi untuk kita supaya menjadi manusia yang tidak tertindas yang selalu dikuras ada nya oleh kekuasaan asing. (Diffo Dwiputra Herist X-A)

    BalasHapus
  87. Wellllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll wellllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  88. kita harus ikut berpartisipasi jika ada kegiatan 17 agustus karena itu juga tanda kita berterimakasih pada pahlawan

    BalasHapus
  89. Resti Candy Somantri XA

    BalasHapus
  90. Nayma rizqya octoviani
    XA

    BalasHapus
  91. Tiara Sifa Nurzanah XA

    BalasHapus
  92. ABDIKA RAHMAT PUTRA (XA)

    BalasHapus
  93. Syakira Fatmi Azam X-A

    BalasHapus
  94. Khaila Desari Safitri (kelas XI - D2)

    BalasHapus
  95. Sona gazani kelas ( XI D2 )

    BalasHapus
  96. Najmi sya'bani n (11D2)

    BalasHapus
  97. Moch Rizky Aditya nur alam XI D2

    BalasHapus
  98. Risma Yanti (XI D2)

    BalasHapus
  99. Muhammad Luthfi Prasetyo XI-D2

    BalasHapus
  100. Rika juliana (Xl D2)

    BalasHapus
  101. nenden triana putri Xl D2

    BalasHapus
  102. ALIKA KHOIRUNISYA (XI D2)

    BalasHapus
  103. sindi silviani XI-D2

    BalasHapus
  104. Rhevan Gunawan
    XI-D2
    GOOD JOB

    BalasHapus
  105. Santi Susanti Xl-D2

    BalasHapus
  106. Fildzah Dhyas Alwani XF

    BalasHapus
  107. 🔥🔥🔥

    BalasHapus
  108. Nuno krisdian el-shirazy XI-E1

    BalasHapus
  109. Fajar nugraha XI-E1

    BalasHapus
  110. Muhamad Farrel Aqil XI-E122 Agustus 2024 pukul 12.00

    Mahal king 👑

    BalasHapus
  111. Hepi Er. Putri XI-E122 Agustus 2024 pukul 12.04

    🇮🇩🇮🇩

    BalasHapus
  112. Andien Algiscka XI-E122 Agustus 2024 pukul 12.07

    andien XI E1

    BalasHapus

Let's Care about Climate Change

  Menuju Masa Depan yang Lebih Tangguh: Memahami dan Membangun Ketahanan Iklim Oleh: Iis Masriah, S.Pd   *)   Hmmm…..Tahukah kalian apa ...