Kamis, 18 Januari 2024

KEISTIMEWAAN BULAN RAJAB

KEISTIMEWAAN BULAN RAJAB

Oleh: Rendi Rusdiana, S.Pd *)



Tak terasa kita telah memasuki bulan rajab 1445 H, bulan yang dianggap sebagai salah satu bulan yang istimewa dan memiliki keutamaan tertentu. Dikatakan sebagai bulan yang istimewa karena bulan rajab termasuk pada salah satu asyhurul hurum, yaitu bulan yang haram/dihormati, selain bulan rajab ada juga bulan dzulqa'dah, dzulhijjah dan muharram. bahkan pada zaman dahulu biasanya orang-orang Arab amat patuh kepada aturan ini, sehingga apabila seseorang terbunuh, baik saudara atau bapaknya bertemu dengan pembunuhnya pada salah satu bulan haram ini, maka dia tidak berani menuntut balas, karena menghormati bulan haram itu. Padahal orang Arab sangat terkenal semangatnya untuk menuntut bela dan membalas dendam. Lebih lanjut dalam tafsir wajiz dikatakan dosa yang dilakukan dalam empat bulan haram tersebut maka akan dilipatgandakan dosanya (Tafsir Q.S At-Taubah ayat 36). 

Diantara beberapa keistimewaan yang dimiliki bulan rajab antara lain :

  1. Bulan yang baik untuk berpuasa

Dalil tentang puasa Rajab dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim nomor 1960. Hadits ini diriwayatkan oleh sayyidah Aisyah yang dikuatkan dengan keterangan Ibnu Abbas ra. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW sering meningkatkan puasa di bulan Haram, termasuk pada bulan Rajab.

"Saya bertanya kepada Sa'id bin Jubair mengenai puasa Rajab, dan saat itu kami berada di bulan Rajab. Maka, ia pun menjawab, 'Saya telah mendengar Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma berkata, 'Dulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah berpuasa hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan berbuka. Dan beliau juga pernah berbuka hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan puasa.'" (HR. Muslim).


Sumber: https://www.google.co.id/search?q=keutamaan+bulan+rajab&tbm=isch&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwi97bWujeeDAx

     2.     Bulan memohon ampun

Di antara amalan-amalan bulan Rajab, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak memohon ampunan kepada Allah swt dengan bacaan istighfar.  Bacaan istighfar bulan Rajab adalah:

 رب اغفرلي وارحمني و تب عليَّ

 Rabbighfirli warhamni wa tub ‘alayya

 3.  Terjadinya peristiwa isra mi’raj

Pada bulan Rajab, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan malam Isra Mi'raj, yaitu perjalanan dari Masjid al-Haram ke Masjid al-Aqsa dan perjalanan ke langit (sidratul muntaha) dan membawa perintah untuk melaksanakan shalat 5 waktu.

 4.     Bulan menyambut Ramadhan

Bulan Ramadhan akan datang setelah bulan Rajab dan Syaban, bahkan sejak memasuki bulan rajab kita dianjurkan untuk memperbanyak do’a

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

 Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya'bâna waballighnâ ramadlânâ.

 Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

 

Wallahu a’lam.


sumber: https://www.google.co.id/search?q=keutamaan+bulan+rajab&tbm=isch&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwi97bWujeeDAxVplWMGHdR4B

Wallahu a’lam.

Sumber: https://nu.or.id/nasional/amalan-bulan-rajab-yang-istimewa-dan-mustajab-rOGkT

 *) Guru PABP SMA Negeri 1 Pangalengan / Ketua DKM Masjid Al Ijtihad


7 komentar:

MUSICHOLIC

  PENGERTIAN, FUNGSI DAN PERANAN SENI MUSIK Oleh: Firmanurkarim, S.Pd *)   1.     Pengertian Seni Seni ( art ) adalah ungkapan per...