Kamis, 30 Mei 2024

SIAP PSAT !!!

 PSAT….SIAPA TAKUT?

Oleh: Redaksi Literatsmansa

 

Sumber: https://campuspedia.id/news/tips-jitu-dalam-menghadapi-ujian/

Hitungan beberapa hari lagi Ananda akan menghadapi Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PSAT)…gak krasa ya bentar lagi kenaikan kelas trus libur deh…..Eittttt tunggu dulu coy, kalo nilai-nilainya bagus ‘n Ananda gak punya masalah kehadiran, kasus, de el el boleh lega…tapi klo sebaliknya, siap-siap aja deg..deg plasss…gak bakalan naik kelas!! Mumpung masih ada waktu buat nyiapin semuanya, terutama perihal ngapalin, berikut artikel ini, akan membahas beberapa persiapan yang bisa Ananda  lakukan untuk menghadapi Pe Es A Te..

1.     Buat Lini Masa Belajar

The First, yang penting adalah buat lini masa/jadwal belajar yang terstruktur. Jadwal ini akan membantu Ananda mengatur waktu belajar dengan lebih efisien. Tentukan waktu kapan  akan fokus belajar untuk setiap mata pelajaran. Tetapkan juga target harian dan mingguan agar lebih terorganisir. Namun, ingatlah untuk menyisihkan waktu istirahat agar otaknya tetap segar.

 

Sumber: ttps://pahamify.com/blog/pahami-tips/buat-belajar/cara-mengatur-jadwal-belajar-

2.     Perbanyak Try Out  Soal

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri adalah dengan melatih kemampuanmu dalam menjawab soal-soal ujian. Ambil contoh soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya atau gunakan buku latihan yang sesuai dengan materi sumatifmu. Semakin banyak latihan, semakin baik kemampuanmu. Cari tahu juga format ujian yang akan dihadapi, apakah berbentu pilihan ganda, essay atau lainnya.

3.     Ngapalin Beragam Referensi

Ingat!!! Jangan terpaku pada satu sumber belajar saja. Gunakan buku pelajaran, materi online, video pembelajaran, dan berbagai referensi lainnya. Diversifikasi sumber belajar dapat membantumu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang materi yang akan diuji.

 

Sumber: https://www.cussonskids.co.id/cara-agar-anak-mau-belajar/

4.     No Gaptek

Manfaatkan teknologi melalui beragam aplikasi belajar atau video pembelajaran online yang kini dapat dengan mudah diakses. Aplikasi ini bisa membantu Ananda  belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan….jangan pelit dengan kuota, masa buat chating sama  “si Dia” ada, buat belajar mengejar masa depan kuota  “dadas”.

 
Sumber: https://siedoo.com/berita-27009-pemanfaatan-teknologi-dalam-kegiatan-belajar-mengajar

5.     Hunting Tempat Belajar Ternyaman

Carilah tempat belajar yang tenang dan nyaman. Yakinkan tempat tersebut memiliki pencahayaan yang baik dan kursi yang mendukung postur tubuh. Klo perlu sediakan juga bantal duduk supaya gak cepet pegel tuh pantat…he..he.

6.     KerKom-an

Joint atuh sama kelompok belajar teman-temanmu baik sekelas maupun beda kelas. kongkow dengan mereka tentang Pelajaran dapat ngebantu Ananda  memahami konsep-konsep yang sulit. Ananda  juga bisa saling menguji satu sama lain dengan pertanyaan-pertanyaan yang berpotensi keluar di PSAT….tapi inget Kerkom jangan malah dominan ngobrol ngalor ngidulnya dibanding bahas Pelajaran!!

 
Sumber: Dokumen Pribadi

7.     Begadang? No Way!!

Niat belajar sungguh-sungguh bagus, tapi jangan lupakan pentingnya tidur yang cukup dan istirahat yang memadai. Ketika Ananda  tidur, otak akan memproses informasi yang telah Ananda  pelajari. Jadi pastikan Ananda  tidur setidaknya 7-8 jam sehari…jama’ah majelis begadang atau gank ML “wayahnya”  off dulu yah biar tetep fresh dan konsen sama PSAT.

8.     Bikin Krepean

Selama proses belajar, buatlah catatan sederhana atau krepean tentang materi yang Ananda  pelajari. Krepean ini bisa berupa poin-poin penting, diagram, atau rumus. Ini akan membantu Ananda  untuk mengingat materi dengan lebih mudah. Ketika membuat krepean, Ananda sudah dengan sendirinya ngapalin ‘n memetakan materi yang akan diujikan…so Ananda dah belajar berkali-kali..insya 4jji nempel di otak…wk..wk!

 
Sumber: https://wirahadie.com/cara-merangkum-materi-pelajaran/amp/

9.     Stres? Boleh, Panik? Jangan

Jika Ananda Stres menghadapi PSAT adalah hal yang wajar, tetapi jangan biarkan stres menguasai Ananda . Cobalah  perbanyak mendekatkan diri pada Sang Pencipta seperti Shalat Tahajud atau kegiatan relaksasi seperti olga ringan bisa jadi alternatif mengatasi stres. Percayalah pada diri sendiri, pastikan Ananda  sudah melakukan persiapan yang cukup. tetap tenang selama PSAT. Jika Ananda  menemui soal yang sulit, jangan panik. Pindah ke soal lainnya dan kembali lagi nanti jika perlu. Percayalah pada diri sendiri  ‘n do the best-lah.

 
Sumber: https://x.com/Bisniscom/status/1017715085123280897

10.  Plototin tuh Petunjuk Ujian

Saat Ananda mengerjakan PSAT, sangat penting untuk membaca ‘n pahami petunjuk dengan seksama. Minimalisir kesalahan “bodoh” karena terburu-buru. Bacalah setiap soal dengan teliti sebelum menjawab. Pastikan waktu pengerjaan cukup dan diatur sedemikian rupa sehingga efektif.

Menghadapi PSAT sekolah memang bisa menimbulkan stres, tetapi dengan persiapan yang matang, Ananda  bisa mengatasi semua tantangan tersebut. Buatlah jadwal belajar yang teratur, latih kemampuanmu, dan kelola stres dengan baik. Ingatlah bahwa PSAT hanyalah salah satu bagian dari perjalanan pendidikanmu. Karena setelah ini, Ananda  masih harus menempuh jenjang pendidikan selanjutnya (kelas X ke kelas XI dan kelas XI ke kelas XII). Terakhir, semoga tips-tips di atas dapat membantumu meraih hasil yang memuaskan dalam PSAT-nya. Selamat belajar, semoga 4JJI senantiasa meridhoi setiap perjuangan kita…Amiien yra.

** Disarikan dari beberapa sumber

4 komentar:

  1. Semangat belajar ya kids! Jangan lupa yang tugasnya masih bolong-bolong, segera lengkapi. Perhatikan juga asupan gizi biar tubuh tetap berenergi!

    BalasHapus
  2. Makasiiihhhh tips nya sangat bermanfaat syekaliiii yow

    BalasHapus
  3. waww waww amazing literasi kali ini dengan adanya tips ini kita bisa menerapkan tips nya agar saat ulangan dapat berjalan dengan lancar dan penuh semangatt, terimakasii banyakkkk

    BalasHapus

Contemplation

  NOTITLE hasil renungan sesaat “PAPIH” IYEP CARDIMAN K   Setiap manusia dikarunia Allah SWT berupa kasih sayang sehingga saling menya...