Kamis, 18 Juli 2024

BACK 2 SCHOOL

CATATAN KECIL MPLS 2024

Oleh: Redaksi Literat

Senyum Pak Angga, Staf Kesiswaan sekaligus Pembina OSIS  SMA Negeri 1 Pangalengan mengembang lebih awal. Beliau melihat segerombol siswa baru memasuki gerbang sekolah. Langkah canggung dan perasaan tegang tak bisa disembunyikan saat para siswa baru itu membalas senyum Pak Angga. Tak lama, siswa baru lain mulai berdatangan. Pak Angga menepi, melanjutkan tugasnya membersamai anak-anak OSIS mengatur pasukan upacara di lapangan sekolah. Senyumnya semakin merekah melihat wajah-wajah baru yang akan diakrabinya selama tiga tahun ke depan.

Pagi itu adalah hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA Negeri 1 Pangalengan. Sebanyak 432 siswa baru hadir untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 15-18 Juli 2024. Raut tegang berubah ceria saat sapaan hangat bapak ibu guru dan kakak kelas menyambut kedatangan mereka. Dengan cepat dan bersemangat merekapun membaur dan mengikuti upacara pembukaan yang dipimpin langsung Bapak Kepala Sekolah, Pak Agus Hasan Sadzili.

MPLS tahun ini SMA Negeri 1 Pangalengan mengangkat tema “Virtuosa”, yang berarti berbudi luhur atau orang yang memiliki kemampuan, keahlian, kecakapan dan prestasi yang luar biasa. Sesuai tema, setiap kegiatan dirancang untuk menumbuhkan profil pelajar pancasila. Ada enam karakter utama pelajar pancasila yaitu beriman, bertakwa dan berahklak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, Mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Enam karakter itulah yang ditanamkan kepada siswa baru sejak hari pertama MPLS, kelak mereka muncul sebagai sosok “virtuosa”.

Rangkaian kegiatan dilakukan secara indoor dan outdoor. Kegiatan indoor berupa pemberian materi oleh Bapak Ibu guru. Ada lima materi yang diberikan; penanaman ahklak dan penumbuhan karakter, pengenalan tata tertib sekolah, wawasan wiyata mandala, pengenalan visi misi sekolah, wawasan literasi dan profil pelajar pancasila.

Kegiatan outdoor diisi dengan materi pengenalan lingkungan warga, fasilitas dan stakeholder sekolah. Dalam materi ini siswa diajak berkeliling mengenal setiap sudut rindang SMA Negeri 1 Pangalengan. Siswa berkenalan dengan aktifitas naik turun tangga yang menjadi tampilan otentik SMA Negeri 1 Pangalengan. Selama satu jam berkeliling lingkungan sekolah, wajah-wajah ceria mereka berkeringat. Tapi lelah tak menghapus semangat. Segar udara SMA Negeri 1 Pangalengan mampu mengembalikan semangat mereka.

Kegiatan outdoor juga diisi dengan permainan-permainan seru. permainan diberikan di penghujung hari, yaitu setelah sholat dhuhur berjamaah. permainan dirancang untuk menumbuhkan semangat gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. permainan adalah sarana ampuh untuk mencairkan suasana. terbukti, setiap permainan dilewati dengan penuh keseruan. Tampak dalam refleksi yang ditulis peserta, banyak peserta yang mengusulkan agar porsi permainan ditambah. Tentu refleksi ini menjadi kajian untuk MPLS tahun mendatang.


Sejatinya, acara sekolah tak lengkap tanpa demo ekskul. Karena itulah, di akhir MPLS panitia mengadakan demonstrasi ekstrakurikuler yang ada di sekolah dan  diisi dengan tampilan perwakilan ekskul masing-masing. Tampilan setiap ekskul cukup variatif dan berkelas. Sebuah kejutan, di balik sikap “cupu” kakak-kakak kelas 11 dan 12 yang tergabung dalam beragam ekskul, terdapat bakat-bakat luar biasa yang muncul. Secara menyeluruh, hari itu semua warga sekolah berkumpul. Bersuka-cita menyambut siswa baru dan tahun pelajaran baru.

Semburat sang surya mulai menepi memancarkan warna jingga. Terik sinarnya menerobos celah rindang pepohonan sekolah percontohan berketahanan iklim (SBI) di Kawasan ASEAN. Beberapa peserta MPLS terakhir baru saja meninggalkan gerbang. Kehangatan dan keceriaan MPLS baru saja usai. Selamat datang siswa baru, selamat bergabung dengan keluarga besar SMA Negeri 1 Pangalengan. Bersama, kita akan mengukir prestasi di sekolah tercinta  dengan moto  “SMAN 1 Pangalengan…CERDAS (Cakap, Edukatif, Responsif, Dinamis, Agamis, dan Sukses)"....semoga.

30 komentar:

  1. Virtousa, kerenn..

    BalasHapus
  2. terimakasih, mantap๐Ÿ‘

    BalasHapus
  3. ๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

    BalasHapus
  4. mantap๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas kerja kerasnya (Khaila XI - D2)

    BalasHapus
  6. Kangen sandyakala๐Ÿ’

    BalasHapus
  7. ๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

    BalasHapus
  8. Virtuosa sangat seruu dan kerenn

    BalasHapus
  9. untuk tema mpls kali ini sangat keren! selain tema nya yang keren, anak anaknya juga karna mereka memiliki keberanian untuk bicara dan aktif juga.

    BalasHapus
  10. Seru mantap ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  11. Luar biasa bagus sekali
    Dan saya sangat menyukai
    Ini adalah pengalaman yg sangat baik,,,dan saya pernah mengalami nya
    Dan itu sangat seru,dan sangat bergembira

    BalasHapus
  12. Luar biasa bagus sekali

    BalasHapus
  13. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  14. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  15. gacor kuda cukimai

    BalasHapus
  16. Keren๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

    BalasHapus
  17. Osis mpk nya luar biasa

    BalasHapus
  18. mpls tahun ini sangat berkesan karna semua kakak kelas bisa lihat adik-adik barunya :D
    semoga siswa-siswi SMAN 1 Pangalengan bisa belajar dengan baik disini

    BalasHapus
  19. Kerenn temanya virtuosa

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah , mpls tahun ini banyak hal yg bisa kita dapatkan baik hal yang kita bisa amalkan maupun kita hindarkan … truss berjuang dan merdeka smansa ku ๐Ÿ”ฅ “ 1. ุงู„ุนِู„ْู…ُ ุจِู„ุงَ ุนَู…َู„ٍ ูƒَุงู„ุดَّุฌَุฑِ ุจِู„ุงَ ุซَู…َุฑٍ

    Al-‘ilmu bilaa ‘amalin kasy syajari bilaa tsamarin

    Artinya: Ilmu tanpa pengamalan bagaikan pohon tak berubah” ( 11 B2)

    BalasHapus
  21. ุฌูŠุฏ ุฌุฏุง، ุฃุชู…ู†ู‰ ุฃู† ูŠุฏุฑุณูˆุง ุฌูŠุฏุงً

    BalasHapus
  22. Virtuosa sangat seru sekali apalagi saya pribadi turun sebagai panitia mpls, sangat seru bisa akrab dan kenal dengan anak-anak kelas 10,semoga mereka terus menjadi anak anak yang baik dan juga cerdas di sekolah sman 1 pangalengan ini

    BalasHapus
  23. Kwrenn Abiiszz Virtousa regenerasi!

    BalasHapus

Contemplation

  NOTITLE hasil renungan sesaat “PAPIH” IYEP CARDIMAN K   Setiap manusia dikarunia Allah SWT berupa kasih sayang sehingga saling menya...