Minggu, 12 Mei 2024

SAINTOLOGY

 

MENGENAL FISIKA SEBAGAI ILMU

Oleh: Ir. Cucu Budiana, MM  *)

 


Fisika ( serapan dari Belanda fysica) atau ilmu tabii adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu. Bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Sebagai salah satu ilmu sains yang paling dasar, tujuan utama fisika memahami bagaimana alam semesta bekerja.

  


Sumber: https://profmikra.org/?p=4504

Orang atau ilmuwan yang ahli dalam bidang fisika disebut sebagai ahli fisika atau fisikawan. Berbagai contoh gejala fisika :

1. Pelangi dari optika

2. Laser dari optika

3. Balon udara panas dari fluida

4. Gasing dari mekanika

5. Efek tumbukan tidak lentingdari impuls dan momentum

6. Orbital atom hidrogen yang dapat dalam mekanika tanah

7. Ledakan bom atom dari fisika nuklir

8. Petir gejala kelistrikan

9. Galaksi dengan teleskop.

 

Sumber: https://www.istockphoto.com/id/vektor/ikon-fisika-dalam-gaya-desain-datar-gm470547828-62571186

Fisika adalah salah satu disiplin ilmu yang paling tua termasuk astronomi didalamnya. Lebih dari 2 milenia fisika bagian dari ilmu alam bersama dengan kimia, biologi dan cabang tertentu matematika, tetapi ketika munculnya revolusi ilmiah pada abad ke 17 ;ilmu alam berkembang sebagai program penelitian sendiri. Fisika berkembang dengan banyak spesialisasi bidang ilmu lain seperti biofisika dan kimia kuantum dan batasan fisiknya tidak didefinisikan dengan jelas. Ilmu baru dalam fisika terkadang digunakan untuk menjelaskan mekanisme dasar sains lainya. Serta membuka jalan area penelitian lainya seperti matematika dan filsafat.

  


Sumber: https://www.istockphoto.com/id/vektor/ikon-fisika-dalam-gaya-desain-datar-gm470547828-62571186

Fisika juga menyumbangkan kontribusi yang penting dalam pengembangan teknologi yang berkembang dari pemikiran teoritis. Contohnya pemahaman lebih lanjut mengenai elektromagnetisme atau fisika nuklir mengarahkan langsung pada pengembangan produk baru yang secara dramatis membentuk masyrakat moderen seperti televisi, dan komputer, kulkas, dan peralatan rumah tangga lainya.

** dikutip dari berbagai sumber

*) Guru Mata Pelajaran Fisika, berpengalaman di industry pesawat terbang (sekarang PT.DI) sebagai konsultan engginering, penggemar “gowes”

2 komentar:

  1. terima kasih literasi nya pak, karena literasi ini menambah minat saya ke bidang fisika

    BalasHapus

MESTI TAHU!!

  "Puisi dalam Denyut Kebangsaan: Mengenang Chairil Anwar di Hari Puisi Nasional" Oleh: Yani Suryani, SP *) Hari Puisi Nasional ...