Kamis, 02 Mei 2024

RELIGIUSITY

 

MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

Oleh: Hj.N. Nuraeni, S.Pd.I *)


Firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183:


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ۝١٨٣

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Sumber: https://quran.kemenag.go.id/quran

 

صُوْمُوْا تَصِحُّوْا

"Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah niscaya kalian akan sehat.” (Hadis diriwayatkan Ath Thabrani dalam Mu'jam al Awsath).

Berdasarkan Ayat dan Hadist tersebut di atas, maka kita punya simpulan bahwa Puasa, selkain merupakan kewajiban bagi orang – orang yang beriman, ternyata puasa merupakan salah satu kegiatan yang membawa banyak manfaat bagi Kesehatan , Ketika Sebagian orang beranggapan bahwa puasa hanya untuk meningkatkan kesabaran dan membersihkan diri, namun faktanya, puasa sangat penting dan bermanfaat bagi Kesehatan, marilah kita Simak artikel berikut untuk mengetahui manfaat puasa bagi Kesehatan.


Sumber: https://lifepack.id/bagaimana-hidup-dengan-diabetes-melitus/

 

1.       Mengontrol Gula Darah Agar tetap Stabil

Puasa sangat bermanfaat bagi yang menderita diabetes, di mana puasa dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan kelebihan gula darah. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol gula darah dalam tubuh dengan membawa gula ke dalam sel tubuh dan mengubahnya menjadi sumber energi. Dengan berpuasa, otomatis konsumsi gula yang biasa dilakukan akan mengalami penurunan. Hal inilah yang membuat puasa bisa menjadi salah satu terapi dalam melakukan kontrol gula darah.

 


Sumber: https://www.idntimes.com/health/medical/alfonsus-adi-putra-2/gejala-serangan-jantung-di-tangan-dan-kulit

 2.       Meningkatkan Kesehatan Jantung

Potensi terkena serangan jantung yang lebih rendah berdasarkan penelitian membuktikan dimiliki oleh mereka yang berpuasa secara teratur. Hal tersebut terjadi karena pada saat berpuasa secara teratur akan membuat tubuh beradaptasi dengan salah satu caranya adalah lemak akan dijadikan sumber utama tubuh. Dengan begini, kolesterol di dalam tubuh akan berkurang dan mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Sumber: https://arab.fib.uns.ac.id/tak-perlu-risau-begini-cara-jaga-daya-tahan-tubuh-di-tengah-pandemi-covid-19/

 

3.       Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Puasa di bulan Ramadhan kurang lebih satu bulan kita menjalaninya. Hal itu memicu proses regenerasi sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik lagi pada orang di berbagai kalangan usia.

 


Sumber: https://koran-jakarta.com/mengurangi-peradangan-secara-alami

 4.       Mengurangi Peradangan

Puasa juga dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar saat system imun sedang melawan infeksi. Peradangan yang terus berlanjut akan berujung pada penyakit lain dan juga membuat merasa tidak nyaman.

 


Sumber: https://kesehatan.kontan.co.id/news/tidak-perlu-minum-suplemen-ini-cara-alami-meningkatkan-fungsi-otak

 5.       Meningkatkan Fungsi Otak

Lapar dan haus pada saat berpuasa justru memicu pertumbuhan neuron (sel saraf) baru di otak. Oleh karena itu, dapat membantu meningkatkan fungsi otak, termasuk melindungi otak dari risiko Penyakit Alzheimer dan Parkinson. Puasa selama sebulan penuh juga dapat membentuk jalur jaringan baru di otak yang berkontribusi pada perkembangan biologis, psikologis, dan fungsional.

Itulah beberapa manfaat puasa bagi Kesehatan yang perlu kita ketahui Bersama, tetapi meskipun demikian, kita tetap mengacu kepada saran dokter, agar dapat menjalani puasa dengan baik dan aman.  Sekian, terimakasih semoga bermanfaat, billahi Taufiq walhidayah, wassalamualaikum waraohmatullohi wabarokatuh 

 

** dikutif dari berbagai sumber

*) Guru Mata Pelajaran PABP  di SMA Negeri 1 Pangalengan

1 komentar:

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...