Minggu, 05 Mei 2024

PERSEMBAHAN KHUSUS

 UNTUK ANANDA YANG LULUS UJIAN

Oleh: Redaksi Literatsmansa

 

Di postingan kali ini saya mau ngebahas tentang lulus-lulusan, mumpung masih dalam euforia kelulusan. Kalau dulu (dulu bangettt) ada yang ngerayain kelulusan dengan coret-coret baju, ada yang konvoi, ada yang makan-makan, dan ada yang duduk di pojokkan sambil ngelamun karena kesempatan ngecengin gebetan udah gak ada lagi. Sebenarnya sih euforia kelulusan pada tanggal 6 Mei 2024 ini, jauh banget suasananya dengan tahun – tahun sebelumnya. Dampak munculnya aturan larangan ritual “perayaan” kelulusan dari pemerintah  menenggelamkan euforia itu.

 

Sumber: https://www.kompasiana.com/syifarahmaeida/5cbe8caa95760e09211db1e2/menentukan-langkah-setelah-lulus-sma

Ada tidak ada larangan pemerintah, hidup harus terus belanjut. demikian juga dengan cita-cita, harapan atau bahkan rencana-rencana yang sudah kita susun sedemikian rupa oleh kita atas masukan orang tua, teman, guru bahkan bisa jadi dari “seseorang” yang jadi incaran teman dalam rencana itu…he…he (jomblo jangan tersungging).  Suka atau tidak suka, betah atau tidak betah di sekolah, masa beredar kita di SMA harus segera  b  e  r   a  k  h  i  r walaupun sungguh beraaaaat.

 


Sumber: https://makassar.antaranews.com/berita/114110/film-dilan-1991

Terkadang saya berpikir sama kayak anak SMA jaman sekarang (saya SMA jamannya Dylan..he..he..tuwir ya). Dari sejak saya  SMP sampai SMA,  saya  selalu stress berat menjelang hari-hari Ujian Nasional (sekarang PSAJ). Soalnya kalo saya  mau lulus,  harus memenuhi nilai minimum yang di tentuin oleh batas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kalo enggak bisa memenuhinya ya terpaksa enggak lulus dan kemungkinan besar ikut Paket C. Coba bayangin aja (bisa murka semurka murkanya ortu…), perjuangan selama 3 tahun pun menjadi sia-sia. Nyesek kan? Yang jelas Nyesek Bingiiiiit (Tapi Alhamdulillah, sukses…buktinya jadi guru…he..he)!

Setelah lulus SMA pun  saya  menghadapi dilema besar, soalnya   harus bisa mendapatkan perguruan tinggi yang  saya  inginkan, yaitu perguruan tinggi negeri (kata ortu biar biayanya murah…n kualitas gak murahan).  Ujian pertama adalah mendapatkan kesempatan dari sekolah melalui UMPTN kalau jaman now SNPTN atau SBNPTN, tapi setelah tanggal pengumuman tiba.... ternyata   belum beruntung,  kagak lolos untuk masuk ke PT negeri yang  diimpikan. Tapi hidup harus terus berjalan,  enggak boleh nge-down karena belum lolos di UMPTN. Dan saat itu  harus tetap berusaha mengikuti ujian-ujian lain untuk mendapatkan  Perguruan Tinggi negeri atau Perguruan Tinggi lainnya… “Insyaallah….akan diberikan yang terbaik”

  



Dah ya stop dulu deh curhatan mengenang “romantisme masa lalunya”. Kali ini  kita  mau ngebahas tentang kalo udah lulus SMA, apa kalian udah ngerasa puas atas hasil yang kalian dapatkan? Sepakat deh jawabannya pasti belum puas (deal ya..he..he) Dan menurut  saya , lulus SMA itu baru tahap awal menuju ke kehidupan yang sebenarnya.Masih ingat gak…pertama kita berjumpa di kelas XII slalu saja saya ingatkan bahwa kalian akan memasuki masa tanpa status dan dihadapkan pada tiga pilihan (kuliah, bekerja dan….enk ink enk….menikah, kalian tinggal pilih koq…semua beresiko, semua memiliki tantangan). Ok Kalo gitu,  saya  mau ngasih beberapa renungan buat yang baru aja lulus SMA mumpung masih hangat…kayak serabi oncom . Here they are:

1. Masa SMA adalah masa-masa paling indah

Dari lubuk hati  yang paling dalam,    ngerasa kangen banget sama masa-masa SMA yang dulu  saya  lewatin. Pake seragam putih abu-abu, ngemodusin adek kelas, duduk di pojokan belakang sambil main gitar, asik main futsal di lapangan depan ruang guru, makan bareng dikantin sambil ngecengin adik kelas , nakal bareng, bahkan dapat panggilan guru BK (kayak Bu Yuli atau Pak Didin)  bareng, dan juga ngelakuin hal-hal gokil lain di kelas. Itu semua terasa indah banget kalo di bayangin (hik…hik…kangennn). pikiran  saya  merasa kalo udah masuk di bangku kuliah, mungkin ngumpul-ngumpul kayak gitu merupakan hal yang sangat langka untuk di lakukan. Menjadi mahasiswa pasti rata-rata pada sibuk sama tugasnya masing-masing, ya ngerjain skripsi, praktek, pokoknya gitu deh.. “yang  saya  tau sih gitu  bahkan lebih…coba deh bentar lagi ngalamin”

 


Sumber: https://cewekbanget.grid.id/read/063882953/anak-sma-harusnya-melakukan-5-hal-ini-biar-disebut-masa-paling-indah?page 

2. Setelah lulus SMA mau kemana?

Ini nih salah satu dilema besar yang di hadepin sama yang baru lulus SMA, “Mau kemanakah  saya  setelah lulus?”. Buat sebagian dari kalian kalo setelah lulus pasti ada yang punya rencana untuk ngelanjutin ke Perguruan Tinggi Negeri yang di sukai, mungkin ada juga setelah lulus ada yang mau kerja, bahkan... ada yang memutuskan untuk menikah atau pun nganggur satu tahun dan tahun besoknya kulian (tuhhh kan bener apa yang tadi disinggung di atas). Nah, dari sinilah kalian harus bener-bener berpikir, “Apakah langkah yang  dipilih ini bakal ngebuat masa depan  saya  cerah?”. Jangan sampai yang tadinya kalian pengen daftar kuliah, gara-gara ada hasutan temen yang ngajakin buat ngelamar pekerjaan, ehh... malah ngikut aja tanpa di pikirin terlebih dahulu. Menurut  saya , nyari kerja jaman sekarang tuh susah, apalagi cuma lulusan SMA (masih terlalu kecil untuk kehidupan yang kejam di dunia kerja…he..he biar dapet dramatisirnya). Tapi inget ya,  saya  enggak nge-judge orang yang abis lulus SMA langsung kerja itu bakal jadi pengangguran. Siapa tau juga yang lulus langsung kerja itu bakalan lebih sukses dari yang kuliah, ataupun sebaliknya. Who knows?


 

Sumber: https://web.facebook.com/academypriority/photos/a.1784770615102404/1800661743513291/?type=3&_rdc=1&_rdr

3. Masuk ke atmosphere baru

Setelah lulus dari SMA, kalian pasti bakal merasakan kehilangan. Pastinya bakal kehilangan guru, pacar, selingkuhan, temen, sahabat, dan seluruh orang yang kalian kenal semasa SMA. Enggak peduli seberapa banyak temen dan pacar yang kalian punya semasa SMA, mereka pasti bakal hilang satu per satu, soalnya udah enggak ada lagi kebiasaan jam 7 pagi masuk kelas dan jam 3.30 sore pulang sekolah (itu kalo di sekolah yang  saya  jalanin). Enggak ada lagi ngumpul-ngumpul bareng di kantin sambil ngomongin seri drakor, main game ML, ngecengin adik kelas, dan futsal kalo gak ada guru.. Mau enggak mau kalian harus kehilangan momen-momen itu semua. Setelah kalian masuk ke dunia kuliah atau kerja yang baru kalian jalanin, berarti kalian juga harus mencari temen baru disana.

4. Waktunya untuk mandiri

Setelah lulus SMA, para orangtua “biasanya” bersikap cuek kepada anaknya untuk melatih kemandirian dalam menghadapi dunia baru yang akan mereka jalani. Berarti kalian juga harus selalu aktif dalam mencari informasi tempat kuliah atau kerja untuk diri kalian sendiri. Jangan sampai kalian malah diem aja di rumah enggak ngelakuin apa-apa, berharap ada tempat kuliah atau kerja yang dateng sendiri kepada kalian…(ngayal bgttt…he…he   bangun-bangun!!!). Yah, menjadi seorang yang mandiri itu emang enggak gampang, kita harus menghadapi dunia tanpa orangtua, kayak mulai nyari kerja buat makan sendiri, enggak bisa secara bebas main kesana-kesini, pokoknya tiap hari berkutat dengan materi perkuliahan, saking sibuknya kadang rambut gak keurus, makan Cuma dengan mie rebus lagi…mie goreng lagi atau paling banter indomi rebus pake telur…pantesan kurang gizi ya…ataupun bahan pekerjaan yang menyita waktu sampe lupa pada lingkungan sekitar kita. Oleh karena itu, kalian harus bisa membagi waktu antara kuliah atau bekerja dan keperluan diri kalian masing-masing (kalo yang nikah gak usah dibahas ya…he…he ntar pada pengen cepet-cepet).

 


Sumber: https://www.idntimes.com/life/inspiration/auliasari-citra-syamsura/membentuk-pribadi-mandiri-c1c2

saya  yang berabad-abad (he…he…labay bgttt) lulus dari SMA juga masih sering ngebayangin momen-momen indah yang pernah  saya  alamin semasa menjadi warga putih abu-abu, tapi kita juga ngga boleh terlalu sering mengingat dan menengok ke belakang.

Because life is a journey, we will never know what happen to our life if we just stay quiet and don’t do anything. We must keep moving to reach a brighter future..

 


moment 25 tahun ketemu kembali dengan teman SMA...seruuuu mengenang romantisme masa lalu

#nowplaying Sheila On 7 –" Kisah klasik untuk masa depan

           


Banjaran, menjelang tengah malam 5 Mei 2024@@####    

untuk mengetahui hasil kelulusan tahun 2024, silahkan klik tautan merah di bawah ini!

LAPORAN SINGKAT KELULUSAN 2024


 

 

4 komentar:

  1. Terima kasih bapak/ibu guru🙏🏻

    BalasHapus
  2. Terimakasih bapak/ibu guru itulah yg lagi di alamin sama kelas 12 sekarang🙏🏻

    BalasHapus
  3. ko sedih ya bacanya, anyway don't be a stranger!!

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...