Selasa, 02 April 2024

D'Javu

 

Mengapa Kita Bertemu?

(selalu ada alasan mengapa kita bertemu dengan orang tertentu)

 Oleh: _D’She_Dee’antee_  *)


Mengapa Kita Bertemu?

(selalu ada alasan mengapa kita bertemu dengan orang tertentu)

Oleh: _D’She_Dee’antee_  *)

 

“Mau kemana mas?”

 tanya seorang bapak-bapak berbadan tinggi sedikit berisi, mungkin umurnya sekitaran 52 tahun dengan menggunakan kemeja warna hitam sambil membawa tas ranselnya. Dengan wajah yang sedikit lemas ia duduk di sebelah kursi bus yang saya naiki.

“saya mau pergi kerja pak. Bapak sendiri mau kemana?” jawabku.

“Dulu waktu masih muda saya jarang sekali mengunjungi orang tua dengan alasan sibuk bekerja.” lanjutnya sambil tersenyum, entah apa makna dari senyuman tersebut, namun tampaknya ada sedikit kekecewaan yang pernah ia lakukan, entahlah akupun tak berani untuk menanyakannya.

“Oh jadi sekarang Bapak mau mengunjungi orang tua Bapak ya?” tanyaku

Bapak-bapak tersebut hanya menghelakan nafas ketika aku bertanya demikian, sejenak berfikir sebenarnya apa yang telah dilalui bapak-bapak tersebut. Aah akupun tak mau memikirkan hal itu terlalu dalam, toh itu bukan urusanku. Ucapku dalam hati.

Setelah percakapan singkat itu, kamipun sibuk dengan urusan kami sendiri. Di dalam bus aku sibuk dengan handphone ku dan Bapak-bapak itu hanya duduk termenung sambil sesekali melihat ke arah jalan.

Tidak begitu lama kemudian,

“Kiri bang” ternyata bapak tersebut sudah sampai ditempat tujuannya,

“Jangan terlalu sibuk kerja ya mas” lanjutnya sebelum ia turun dari bus. Akupun hanya bisa menganggukan kepalaku tanpa berkata apa-apa.

Dengan rasa sedikit penasaran aku lihat bapak tersebut berjalan menuju ke suatu tempat. Betapa terkejutnya aku ketika mengetahui kalau tempat yang ia tuju adalah Tempat Pemakaman Umum (TPU).

“Astagfirullah, mungkinkah ini makna dari percakapan kami sebelumnya. Kalau Orang tua beliau sudah tidak ada lagi”

Seketika teringat perkataan ibu di kampung, “kalau kamu tidak sibuk kunjungi ibumu ya nak”. Bahkan untuk mengingat kapan terakhir kali mengunjungi ibu saja aku tidak ingat. Tamparankah ini ya Allah?

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita bertemu dengan orang-orang tertentu? Nah, ini karena kita saling terkait dalam koneksi kosmik. Sesuai teori ini, selalu ada alasan mengapa kita bertemu dengan orang-orang tertentu dalam kehidupan.

 


Sumber: https://cermin-dunia.github.io/denah/post/

Dalam kehidupan, kita berjumpa dengan sejumlah orang. Ada yang tinggal bersama kita, dan memihak kita, kemudian ada orang-orang yang mengajarkan kita tentang fakta kehidupan yang begitu keras.

Rupanya, ada beberapa jenis koneksi kosmik yang umumnya dimiliki orang dalam rentang hidup mereka.

 

1. Mereka yang Membangkitkan Kita.

Ada orang-orang yang masuk dalam kehidupan kita dan membawa banyak perubahan bersamanya. Kehadiran mereka menyadarkan kita bahwa kita tidak dapat bergerak maju dalam kehidupan kecuali membuat beberapa perubahan.

2. Mereka yang Mengingatkan Kita

Inilah orang-orang yang datang ke dalam hidup kita hanya untuk mengingatkan kita akan tujuan kita entah itu waktu yang cukup lama atau bahkan singkat, Alasan utama mengapa alam semesta melempar orang semacam itu kepada kita adalah agar bisa membantu kita tetap fokus pada jalan hidup kita. Mereka pada dasarnya mengingatkan kita pada siapa diri kita dan apa yang sebenarnya kita inginkan.

3. Mereka yang Membantu Kita

Inilah orang-orang yang membantu kita tumbuh sebagai pribadi. Orang-orang ini menggoda kita agar kita tumbuh. Mereka menemani kita dan membimbing kita dalam perjalanan kita melalui kehidupan.

Meskipun kadang-kadang bisa menyakiti kita, atau membawa kita pada petualangan yang menantang, akhirnya mereka menunjukkan jalannya saat kita kehilangannya. Mereka membantu kita mempelajari hal-hal yang tidak mungkin kita pelajari sendiri.

4. Orang-orang yang Tinggal Bersama Kita

Hanya sedikit orang yang akan memastikan mereka tetap bersama kita selamanya. Mereka jarang dan sulit ditemukan, tapi itu adalah orang yang paling berharga bagi kita.

Mereka tidak lain adalah teman dekat kita, anggota keluarga kita, dan individu dari kelompok jiwa kita sendiri, dan mungkin juga pasangan jiwa kita. Orang-orang ini adalah rekan kita yang kebanyakan mengejar minat yang sama, atau setidaknya memiliki misi yang sama dengan kita

Jadi perjumpaan kita dengan seseorang bukan tanpa adanya suatu alasan, selalu ada alasan. Entah itu untuk mengingatkan, memberikan ujian, menolong dan lain sebagainya. Tidak ada yang namanya kebetulan karena semuanya sudah ditakdirkan sedemikian apik dan epik. Jadi jangan sampai menyesali yang namanya pertemuan ataupun perpisahan, karena jika seseorang sudah tidak ada lagi buat kita bukan berarti dia menghilang tetapi tugasnya dengan dengan kita sudah selesai…..

 

*) _D’she_ Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Pangalengan, peminat/penikmat beragam genre novel, praktisi kuliner

 

Sumber: https://www.batamnews.co.id/berita-24755-pernahkah-anda-bertanya-mengapa-kita-bertemu-dengan-orang-tertentu.html#google_vignette


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...