Minggu, 31 Maret 2024

SCIENCETOLOGY

 

CAMPUR TANGAN KIMIAWI DI BALIK NIKMATNYA GORENGAN

Oleh: Rizzani Muttaqinah, S.Pd  *)




Siapa yang tidak kenal dengan gorengan? Gorengan adalah salah satu makanan paling disukai semua kalangan. Makan gorengan merupakan kultur yang tidak bisa dipisahkan dari orang Indonesia. Ada yang menyantapnya sebagai camilan di waktu senggang, bahkan ada yang menjadikannya menu wajib ketika sarapan. Rasa dan aromanya yang begitu memikat membuat gorengan menjadi santapan yang harus hadir menemani setiap momen. Namun, tahukah Kamu? Aroma khas yang dihasilkan gorengan ternyata tidak terlepas dari peristiwa kimiawi yang menyertainya.

 


Sumber: https://detik.com

Aroma khas dari gorengan dihasilkan dari suatu reaksi kimia, yaitu Reaksi Maillard. Reaksi ini ditemukan oleh Louis-Camille Maillard, seorang kimiawan asal Prancis. Dilansir dari Instagram Warung Sains Teknologi, Reaksi Maillard terjadi saat proses memasak pada suhu yang tinggi (140-1600C). Tidak hanya hadir pada gorengan, namun juga hadir pada saat memanggang roti atau daging. Lalu bagaimana mekanisme dari Reaksi Maillard? Pada Reaksi Maillard, gula dan protein dipecah menjadi senyawa yang lebih sederhana seperti glukosa dan asam amino. Lalu, setelah reaksi pemecahan terjadi, senyawa-senyawa tersebut akan membentuk senyawa baru dengan serangkaian reaksi yang rumit.



Sumber: https://dilinesite.wordpress.com

Produk reaksi yang dihasilkan yaitu berupa senyawa cincin (siklik) yang mudah menguap seperti pirazin, furan, dan tiofena. Senyawa-senyawa itulah yang menyebabkan aroma harum yang khas pada gorengan yang baru diangkat dari penggorengan. Reaksi ini ternyata juga dapat mempengaruhi warna dari makanan, lho! Contohnya melanoidin yang memberikan warna “golden-brown” pada gorengan.

Sumber: https://instagram.com/warstek_com/

Di balik nikmatnya rasa dan aroma gorengan yang khas terdapat serangkaian reaksi kimia yang sangat kompleks. Lalu, apa esensi yang kita dapatkan? Ternyata peristiwa kimia tidak hanya terjadi di tempat-tempat tertentu seperti laboratorium, namun juga terdapat dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga ilmunya bermanfaat, ya! Dan ingat, batasi konsumsi gorengan supaya kesehatan kita tetap terjaga 😊

 

Sumber:

https://dilinesite.wordpress.com/2018/01/29/reaksi-maillard-dan-senyawa-amadori/

https://www.detik.com/jatim/kuliner/d-6914508/kriuk-ini-7-resep-rahasia-cara-bikin-gorengan-jadi-renyah-dan-harum

https://www.instagram.com/warstek_com?igsh=cDQ2cjBnc2JudWY4

*) Guru Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Pangalengan, Pembina Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja, Pemerhati masalah kesehatan reproduksi remaja.

 

2 komentar:

  1. Terimakasih bu atas ilmunya❤

    BalasHapus
  2. Terima kasih ilmu hr ini sangat berharga (M.Farrel Aqil kelas XC)

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...