Rabu, 21 Februari 2024

WIRAUSAHA

WIRAUSAHA ATAU BEKERJA?

Oleh: Dea Indriani Fauzi S, S.Pd  *)


 

Manakah yang lebih baik, menjadi wirausaha atau karyawan? Kedua profesi ini memang seringkali menimbulkan dilema tersendiri bagi sebagian orang. Ada yang ingin memilih untuk jadi karyawan karena terasa lebih aman dan bebas resiko, namun ada pula yang merasa jenuh bekerja di bawah korporat sehingga mencari ‘petualangan baru’ dengan menjadi wirausaha.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kedua profesi ini, memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing lho.

 

 Sumber: https://lifepal.co.id/media/wirausaha/

Sehingga, sebelum kamu memilih antara menjadi wirausaha atau karyawan, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa hal terlebih dahulu.

Maka dari itu, di dalam pembahasan kita kali ini, yuk kita cari jawabannya bersama-sama tentang, jauh lebih baik menjadi wirausaha atau karyawan?

Sebelum kita mengetahui jawaban tentang, lebih baik wirausaha atau karyawan, yuk kita ketahui dulu beberapa kelebihan dan kekurangan menjadi wirausaha, yang bisa dilihat sebagaimana berikut ini:

  1. Memiliki bisnis yang sesuai dengan ketertarikan diri sendiri.
  2. Menjadi bos untuk diri sendiri maupun untuk orang-orang yang bekerja di perusahaan.
  3. Selalu memiliki motivasi untuk berkembang dan menjadi lebih baik lagi.
  4. Tidak diperintah oleh orang lain.
  5. Berhak mengambil keputusan atas segala hal.


Kekurangan Menjadi Wirausaha

  1. Jam kerja yang tidak pasti.
  2. Pendapatan yang tidak stabil.
  3. Menanggung resiko yang lebih besar.
  4. Selalu belajar tanpa batas
  5. Akan sering terlibat masalah keuangan.

Sumber: https://indonesiancreative.id/read_article/2017/1/kerja-seumur-hidup-atau-berwirausaha.html 

Berbanding terbalik dengan wirausaha, profesi karyawan justru yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat yang cenderung ingin merasa aman dan pasti, terutama di masa yang akan datang.

Karyawan itu sendiri dapat diartikan sebagai tenaga kerja yang memberikan jasa atas skill yang mereka miliki kepada sebuah perusahaan atau organisasi yang sudah ada.

Kelebihan Menjadi Karyawan

  1. Jam kerja dan penghasilan yang pasti
  2. Tanggung jawab yang terbatas.
  3. Minim resiko.
  4. Memiliki kesempatan untuk merencanakan masa depan.


Kekurangan Menjadi Karyawan

  1. Harus rela diperintah.
  2. Ilmu dan pengalaman yang tidak berkembang.
  3. Bertanggung jawab kepada atasan.
  4. Sulit mengungkapkan pendapat dan ide.

 

 Sumber: https://kewirausahaan.umaha.ac.id/site/enterpreneurship

Nah sebagai timbal balik atas jasa yang diberikan, maka pihak perusahaan atau organisasi akan memberikan balas jasa berupa gaji serta kompensasi-kompensasi lainnya yang sesuai dengan kesepakatan di awal. Berprofesi sebagai karyawan memang cenderung dianggap sebagai langkah aman. Sebab, selain kamu akan mendapatkan gaji pasti setiap bulannya, kamu pun juga tak perlu memikirkan berbagai bentuk resiko yang dihadapi.

Karena, yang menjadi tanggung jawab kamu selama menjadi karyawan adalah, bagaimana kamu bisa memberikan performa terbaik dalam mengerjakan tugas yang diberikan, sehingga perusahaan akan memberikan ‘reward’ berupa kenaikan gaji dan kenaikan jabatan. Sebenarnya, pilihan antara wirausaha atau karyawan, sepenuhnya kembali lagi dengan setiap individu. Sebab, tidak semua orang bisa menjadi wirausaha, namun tidak semua orang juga bisa bertahan sebagai karyawan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sehingga, pilihan antara wirausaha atau karyawan bukanlah menjadi patokan yang pasti.

Patut diakui bahwa menjadi karyawan, kamu akan mendapatkan rasa aman dalam hal finansial. Setiap bulannya kamu akan merasa cukup untuk membeli berbagai barang yang dibutuhkan, baik itu kebutuhan sehari-hari maupun yang hanya bersifat konsumtif belaka. Banyak orang yang berpikir bahwa pendidikan tinggi akan terasa jauh lebih bermanfaat jika digunakan untuk bekerja dan memiliki karir yang bagus di perusahaan orang lain. Tetapi, nyatanya tidak semua orang cocok dengan profesi satu ini. Sebab, menjadi karyawan berarti kamu diharuskan untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja, termasuk jam kerja, gaji, serta pekerjaan yang harus kamu lakukan setiap harinya.

Jika kamu merupakan orang yang mudah bosan atau jenuh, dapat dipastikan bahwa karyawan bukanlah pekerjaan yang cocok. Sedangkan untuk menjadi wirausaha, maka kamu harus siap dalam menghadapi resiko kegagalan serta memulai usaha tanpa adanya penghasilan tetap setiap bulan.

Meski begitu, apabila usaha yang kamu jalani menjadi lebih berkembang dan sukses, maka di masa yang akan datang kamu berkemungkinan untuk merasakan yang namanya kebebasan finansial. Dalam arti, kamu tidak perlu lagi bekerja terlalu keras karena sudah ada karyawan yang melakukan pekerjaan untuk mu.

Disisi lain, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan yang dihasilkan dari perusahaan kamu. Seru banget kan!

Jadi, jika bertanya, manakah yang lebih baik, menjadi wirausaha atau karyawan? Sebenarnya tidak ada jawaban yang konkrit untuk itu. Karena, sepenuhnya disesuaikan kembali dengan karakteristik dari masing-masing individu.

Sumber : Cekaja.com

*) Guru  Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Pangalengan, Praktisi Wirausaha dan Traveller 

28 komentar:

  1. Terima kasih atas literasi yang bermanfaatnya Bu, tentang apa saja sisi baik dan kurang baik menjadi wirausaha atau menjadi karyawan dan memilih mana yang sesuai dengan diri sendiri🙏

    BalasHapus
  2. Terima kasih ibu ( KHAILA Desari Safitri XJ)

    BalasHapus
  3. Terimakasih ibu . Literasinya sangat memberi pencerahan bagi saya untuk memilih profesi

    BalasHapus
  4. Sekar xi ips 2 , terimakasih atas literasinya

    BalasHapus
  5. trimakasih bu literasi nya sangat bermanfaat (alyka xi ips 2 )

    BalasHapus
  6. terimakasih ibu literasinya sangat bermanfaat sekali, terutama tentang kewirausahaan ternyata memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri.

    BalasHapus
  7. Terimakasih ibu , dari literasi ini saya menjadi tahu sisi baik dan kurang baiknya wirausahawan dan karyawan

    BalasHapus
  8. ternyata bekerja ataupun menjadi wirausaha itu mempunya resiko dan tanggung jawab tersendiri, terimakasih ibu literasinya sangat bermanfaat !

    BalasHapus
  9. terimakasih ibu atas literasinya mungkin sekarang aku lebih bisa mempertimbangkan kedepannya ingin menjadi karyawan atau wirausaha agar bisa menunjang lebih

    BalasHapus
  10. terimakasih bu,literasinya sangat bagus dan bermanfaatt

    BalasHapus
  11. Terimkasih ibuu,literasinya sangat bermanfaat bangettt

    BalasHapus
  12. Terimakasih Bu atas informasinya, sehingga saya menjadi tau apa kelebihan, kekurangan, dan tanggung jawab menjadi seorang wirausaha dan karyawan, serta memberikan pencerahan bagi saya untuk memilih.

    BalasHapus
  13. Terimakasih atas literasinya mengenai bagaimana setiap karakteristik individu juga dapat memengaruhi menjadi apa kita di masa depan. Dengan usaha yang konsisten dan maksimal kita dapat menjadi wirausaha atau karyawan yang mendapat pengembangan dan ilmu baru. 🙏🏻

    BalasHapus
  14. Terimakasih Bu literasinya sangat bermanfaat bagi saya ternyata tidak semua orang bisa menjadi wirausaha ,namun tidak semua orang bisa bertahan sebagai karyawan,saya jadi tau tentang apa yang baik dan yang kurang baik menjadi wirausaha atau karyawan .

    BalasHapus
  15. Terimakasih ilmunya bu, saya jadi lebih berminat ke wirausaha

    BalasHapus
  16. sepertinya saya mau menjadi karyawan dulu, setelah ada kesiapan terhadap semua resiko saya mau mencoba menjadi wirausaha. terimakasih atas literasinya ibu, sangat membantu!

    BalasHapus
  17. Jika saya pribadi lebih memilih untuk merintis usaha sendiri daripada bekerja dengan orang lain. Terima kasih atas literasinya, Bu!

    BalasHapus
  18. Terima kasih ibu literasinya sangat bermanfaat sekali,saya menjadi lebih tahu tentang baik dan kurang baiknya wirausahawan dan karyawan

    BalasHapus
  19. Terima kasih ibu literasinya bermnfaat sekali saya menjadi tau tentang pentingnya kewirausahan

    BalasHapus
  20. terimakasih ibu,literasinya sangat bermanfaat sekali karena saya jadi lebih tau kewirausahaan dan karyawan mana sisi baik dan buruknya

    BalasHapus
  21. Terimakasih ibu . Literasinya sangat memberi pencerahan bagi saya untuk memilih profesi di masa yang akan datang

    BalasHapus
  22. Terimakasihh buuu inii sangatt bermanfaatt sekalii

    BalasHapus
  23. Makasi bu literasi yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  24. Terima kasih ibuu literasinya bermnfaat sekali saya menjadi tau tentang pentingnya kewirausahan

    BalasHapus
  25. Terimakasih literasi nya bu

    BalasHapus
  26. X-H Fahrii desteyovsky21 Februari 2024 pukul 07.51

    Terima kasih literasinya buu, karena literasi ini saya Tau apa yang Harus saya perhatikan saat ingin jadi wirausahawan🙏

    BalasHapus
  27. Terima kasih bu atas literasi yang bermanfaat saya jadi tau kekurangan dan kelebihan manjadi karyawan dan wirausaha dan untuk masayang akan datang saya akan mempertimbangkan untuk memilih profesi

    BalasHapus
  28. Aprilianti Maulida H : X-i21 Februari 2024 pukul 07.53

    Terimakasih bu atas literasi nya yang sangat bermanfaat, saya jadi tahu kekurangan dan kelebihan karyawan dan wirausaha

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...