Minggu, 14 Januari 2024

ALAM DAN TEKNOLOGI 1


ALAM DAN TEKNOLOGI  1

Oleh: Agus Hasan Sadzili, S.Pd *)

          Manusia dalam kehidupan sehari-hari senantiasa berhubungan dengan teknologi. Dengan teknologi, manusia dapat membuat berbagai rancangan/desain dan membuat sesuatu yang baru sehingga dapat membantunya dalam menunjang kehidupan, seperti teknologi komunikasi, transfortasi, jasa, dan sebagainya. Manusia dapat berbuat seperti itu karena Allah SWT telah memberikan kemampuan kepada manusia beruapa akal untuk bisa melakukan rekayasa berbagai teknologi, oleh karena ini merupakan pemberian atau anugrah dari Allah SWT, maka manusia tidak berhak untuk menyombonhgkan diri atau arogan.

Alam adalah bukti anugrah dari Allah SWT yang diberikan kepada manusia sebagai sumber pelajaran dan peringatan. Dengan adanya alam ini, manusia dapat memperhatikan dan mempelajari keajaiban-keajaiban yang terdapat di alam yang tidak terhitung jumlahnya. Dimanapun berada, baik di darat maupun di lautan dan dengan berbagai jenis bisa berupa hewan, tumbuhan, ataupun yang lainnya, selalu dilengkapi dengan keajaiban dan keistimewaan yang begitu menakjubkan. Sungguh Maha Besar Allah dengan berbagai ciptaan-Nya.

Apa hubungan alam dengan teknologi?

Tulisan ini akan memberikan gambaran bahwa apa yang sudah dibuat oleh manusia yang berkaitan dengan teknologi yang dilakukan melalui berbagai penelitian dan riset bertahun-tahun ternyata kesemuanya sudah ada di alam selama berjuta-juta tahun. Banyak teknologi yang telah diciptakanatau ditemukan  oleh manusia dan dikalim sebagai hasil ciptaannya, ternyata sebenarnya sudah ada di alam, hal ini mengingatkan kita agar tidak menyombongkan diri dengan hasil yang telah diraih.

Para ilmuwan yang menyadari hal  ini, mengamati dan belajar dari alam dan menggunakan hasil pengamatan dalam temuannya. Banyak ilmuwan yang mulai mengembangkan model-model baru dalam bidang teknologi yang berasal dari hasil pengamatannya terhadap alam dan mengambil contoh dari apa yang terdapat di alam. Mereka menyadari bahwa ada perbedaan besar antara teknik yang mereka gunakan dengan teknik di alam yang begitu sempurna. Sehingga diharapkan dapat menydarkan manusia bahwa segala yang ada di alam yang begitu rumit, tidak mungkin terjadi secara kebetulan tetapi yang Sang Pencipta yang mengatur semuanya.

Sebagai contoh dalam pengembangan teknologi kapal laut, para ilmuwan setelah mempelajari lumba-lumba maka diambil model bentuk haluan kapal laut yang awalnya berbentuk “V” kemudian diubah seperti hidung atau moncong lumba-lumba yang disebut dengan “moncong lumba-lumba”. Diketahui bahwa bentuk moncong lumba-lumba ini sangat ideal untuk menyeruak di air secara hidrodinamis dan membuat kapal lebih efisien serta dapat bergerak lebih cepat sehingga akan menghemat penggunaan bahan bakar. Selain itu oleh konsorsium Perancis dan Inggris, bentuk tubuh lumba-lumba digunakan pada desain pesawat supersonik “Concorde”, bukan hanya model moncongnya saja tetapi pada bagian sirip pesawat tersebut yang meniru bentuk sirip lumba-lumba.

Bentuk badan lumba-lumba juga menjadi inspirasi bagi para perancang kapal selam. Bentuk tubuh lumba-lumba yang berbentuk kumparan ternyata memberikan kemampuan lumba-lumba untuk bergerak sangat cepat di dalam air.  Setelah mempelajari model tubuh lumba-lumba, para ilmuwan menemukan keistimewaan  yang memegang peranan penting dalam pergerakan lumba-lumba dalam air yaitu bahwa tubuh lumba-lumba tersusun atas tiga lapisan. Lapisan luar sangat tipis dan luwes, lapisan di bawahnya tebal dan terbuat dari rambut luwes, dan lapisan ketiga di bagian tengah terbuat dari bahan seperti spons. Model lapisan-lapisan inilah yang menjadi inspirasi dalam pembuatan kapal selam sehingga kapal selama dapat begrak dengan cepat di dalam air.

*) Kepala SMA Negeri 1 Pangalengan

10 komentar:

  1. Alhamdulillah membuka lebih luas pemikiran tentang teknologi dan alam

    BalasHapus
  2. keren, sangat menginspirasi sekali

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah menambah wawasan menjadi lebih luas

    BalasHapus
  4. Inspiratif sekali, terimakasih bapak sudah mengingatkan kita bahwa alamlah yang menjadi bukti anugrah dari Allah SWT yang memegang peranan penting dalam kemajuan teknologi saat ini.
    Semoga dengan di luncurkannya program ini bisa menjadikan SMAN 1 Pangalengan lebih sukses lagi.

    BalasHapus
  5. wah keren bgt, ilmunya jga bermanfaat!! terimakasih

    BalasHapus
  6. Masya Allah Tabarakallah, sungguh sangat bermanfaat sekali artikel hari ini, dapat membuka mata dan pikiran kita tentang keterkaitan alam dan teknologi.

    BalasHapus
  7. Omaga keren banget Wak sangat menginspirasi

    BalasHapus
  8. Masyaalloh tabarokaloh ,semoga menjadi insfirasi untuk semua yang membacanya aamiin yaa Rabbal'alamiin.

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...