Minggu, 14 Januari 2024

PRAWACANA

Assalamualaikum wr.wb

Alahamdulillah…..Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat, karunia dan keberkahan-Nya tercurahlimpahkan pada warga SMA Negeri 1 Pangalengan.

Dalam rangka meningkatkan Gerakan Litetasi Sekolah (GLS), Budaya Literasi, layanan pendidikan di luar jam pelajaran,  , serta mendukung  Program Sekolah Berketahanan Iklim/SBI (paperless),  Tim Gerakan Literasi SMA Negeri 1 Pangalengan secara resmi meluncurkan subprogram literasi tematik melalui media blog dengan nama media “CERDAS” https://literatsmansa.blogspot.com/. Dengan diresmikannya blog ini , kami berharap  warga sekolah khususnya, serta masyarakat luas pada umumnya, akan semakin termotivasi  gemar membaca dengan difasilitasi bacaan-bacaan berkualitas melalui media virtual CERDAS / literatsmansa.blogspot.com.

Media virtual “CERDAS”  atau literatsmansa.blogspot.com. merupakan wujud nyata Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Negeri 1 Pangalengan, sebagai bagian dari gerakan penumbuhan budi pekerti,  sebagaimana dituangkan dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 5-10 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi bacaan berisi beragam keilmuan dari lintas disiplin ilmu dan ditulis oleh para pendidik yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Literasi tematik melalui Media virtual “CERDAS”   juga melengkapi  program-program Literasi yang telah berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya berupa pembiasaan membaca secara masal pada Kamis pagi yang dilaksanakan di lapangan sekolah dengan harapan menambah semarak penumbuhkembangan literasi warga SMA Negeri 1 Pangalengan.

Pada tayangan perdana ini, Bapak Agus Hasan Sadzili, S.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Pangalengan berbagi cerita dengan bahasan “Alam dan Teknologi” yang akan menyadarkan kita pada satu simpulan bahwa segala yang ada di alam yang begitu rumit, tidak mungkin terjadi secara kebetulan tetapi yang Sang Pencipta yang mengatur semuanya dengan segala keteraturan yang menjadikan ilmu bagi orang-orang yang "berpikir" dan salah satu produk ilmu adalah teknologi.

Selamat membaca, semoga Allah SWT Tuhan yang Maha Pencipta memudahkan kita dalam menggapai ilmu serta kebermanfaatannya….Amiin yra.

Salam literasi!! 

15 komentar:

  1. Alhamdulilah semoga bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  2. Masyaallah ilmu baru yang bermanfaat

    BalasHapus
  3. Masyaallah bermanfaat banget ilmunya

    BalasHapus
  4. alhamdulilah semogaa dengan di luncurkannya program sekola ini dapat meningkatkan SMAN 1 PANGALENGAN menjadi lebih unggul dan semogaa program sekolah ini sukses aamiin

    BalasHapus
  5. semoga bermanfaat..salam cerdas

    BalasHapus
  6. semoga program ini bisa bermanfaat kedepannya dan dapat di terapkan oleh seluruh siswa

    BalasHapus
  7. semoga dengan adanya program ini dapat bermanfaat dan meningkatkan minat baca orang'

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. semoga bermanfaat bagi kita semua .

    BalasHapus
  10. Semoga bermanfaat ilmunya bagi kita semua khususnya para siswa dan sisiwi SMAN I pangalengan

    BalasHapus

MUSICHOLIC

  PENGERTIAN, FUNGSI DAN PERANAN SENI MUSIK Oleh: Firmanurkarim, S.Pd *)   1.     Pengertian Seni Seni ( art ) adalah ungkapan per...