Rabu, 18 September 2024

ENTERPRENEURSHIP

 

“JANGAN PERNAH ANGGAP ENTENG PRAKARYA! BERIKUT INI JENIS DAN MANFAATNYA”

Oleh: Dadan Triatna, SE., S.Pd *)

 


Prakarya merupakan kegiatan yang melibatkan pembuatan produk, atau karya secara manual dengan menggunakan berbagai jenis bahan dan teknik. Prakarya sebagai sebagai salah satu bagian dari kurikulum, guna mengembangkan keterampilan kreatif, motorik, dan kognitif siswa. Melalui prakarya, siswa diajarkan untuk menggunakan imajinasi dan kreativitas dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat atau bernilai estetika.

 
Sumber: https://www.linkedin.com/pulse/kreativitas-ahmad-luthfi-hutasuhut/

Prakarya bertujuan untuk mengasah keterampilan baik menggunakan tangan, kreativitas, termasuk kemampuan berpikir kritis. Siswa diajarkan untuk berinovasi, memecahkan masalah, dan memahami proses pembuatan suatu benda dari bahan mentah hingga menjadi produk jadi.  Selain itu, prakarya juga dapat membantu membangun karakter, seperti ketekunan, kerja sama, dan kemandirian.

 
Sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2023/08/14/130000369/kemandirian-belajar-pengertian-ciri-ciri-konsep-dan-faktor?page=all

 

Berikut ini manfaat dari Prakarya yang bisa didapatkan

  • Pengembangan keterampilan motorik

Kegiatan prakarya membantu siswa untuk mengasah keterampilan motorik halus dan kasar, terutama dalam hal ketelitian dan koordinasi.

  • Meningkatkan kreativitas

Membuat prakarya melibatkan eksplorasi ide-ide baru, mengasah kemampuan berpikir kreatif, dan menemukan solusi inovatif.

  • Peningkatan problem solving

Prakarya menuntut siswa untuk mengatasi tantangan, seperti keterbatasan bahan atau teknik yang digunakan, sehingga mendorong kemampuan memecahkan masalah.

  • Penghargaan terhadap hasil karya

Siswa belajar menghargai usaha dan proses dalam membuat sesuatu, sekaligus mendapatkan kepuasan ketika karya mereka selesai.

  • Di sekolah, prakarya bisa melibatkan berbagai proyek, seperti membuat kerajinan dari bahan daur ulang, membatik, merangkai bunga, atau menciptakan model rumah sederhana dari stik es krim. Kegiatan ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembuatan karya yang nyata dan bermanfaat.

Jadi dalam proses membuat prakarya, tidak ada yang sia-sia. Sebaliknya, dengan adanya prakarya anak didik bisa mengembangkan ide dan kreativitasnya. Secara keseluruhan, prakarya merupakan bagian penting dari pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan praktis, kreativitas, serta sikap mandiri dan tanggung jawab.

 
Sumber: https://www.istockphoto.com/id/vektor/ikon-konsep-merah-keterampilan-praktis-kemampuan-teknis

Buktikan, bahwa Anda memiliki imajinasi positif yang bisa membuat dunia lebih berwarna. Ingat jangan sekali-kali meremehkan PRAKARYA.

*) Guru Mata Pelajaran Prakarya Kewirausahaan, Praktisi Jurnalistik, Pembina Ekstrakurikuler Hispala SMAN 1 Pangalengan

**) dikutip dari beragam sumber

6 komentar:

  1. first🙇‍♀️🙇‍♀️

    BalasHapus
  2. pertama☝🏻☝🏻☝🏻

    BalasHapus
  3. masyaallah bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. ALY NUR MUHAMAD AL FARIZ. X.A19 September 2024 pukul 08.09

    Literasinya sangat bermanfaat pak, selain itu prakarya juga bisa menghasilkan uang contohnya menjual kerajina/hasil karya kita sendiri.

    BalasHapus

ENTERPRENEURSHIP

  “JANGAN PERNAH ANGGAP ENTENG PRAKARYA! BERIKUT INI JENIS DAN MANFAATNYA” Oleh: Dadan Triatna, SE., S.Pd *)   Prakarya merupakan kegi...