Rabu, 07 Agustus 2024

PSYCOLOGYC

 

KAMU ADALAH APA YANG KAMU PIKIRKAN

Oleh: Dini Siti Nurjanah, S.Kom.I

 


 Semua yang terjadi di alam semesta ini selalu ada polanya. Termasuk pola nasib kamu, yang bersumber dari pola ucapan dan pikiranmu. Ada juga pola genetikmu yang dapat ditemukan dari pola sidik jari dan pola fisikmu (hasil riset ilmiah)

Setiap diri kita memiliki potensi yang berbeda-beda berupa syaraf otak dominan yang kita bawa sejak lahir, yang mempengaruhi panggilan jiwa kita, kecerdasan, kepribadian, bakat, pasangan yang melengkapi dan segala hal tentang potensi genetik kita.

 

Sumber: https://x.com/kata2bijak/status/1753087093465874625

“Jagalah PIKIRANMU dengan baik, karena apa yang sering kamu pikirkan setiap harinya. Maka itulah yang akan sering kamu alami dalam hidup” —-<Dami Kaizan>----

Kata-kata adalah sumber kekuatan yang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan tindakan hingga kenyataan yang kamu dapatkan.

Jika kamu mengucapkan kata negatif seperti:

“Saya ini tidak berharga!” “Saya ini lemah”

“Saya memang malas” “Saya bodoh”

“Saya miskin, dan tidak mungkin kaya”

“Kasihani saya, saya ini orang sulit dan menderita”

 

Kata-kata ini menjadikan otak kita bekerja menemukan jalan untuk membenarkan ucapanmu, sehingga akan menciptakan tindakan dan kenyataan yang sesuai dengan apa yang kamu ucapkan dan pikirkan.

Jadi berhati-hatilah dengan semua pikiran dan ucapanmu! Karena ucapan dan pikiran adalah awal dari kenyataan. Jika kamu suka mengeluh, tanpa bertindak untuk memperbaiki diri, maka keluhanmu tidak akan mengubah keadaan, justru akan lebih memperburuk keadaan, dan bahkan menambah pikiran dan perasaan negatif. Ternyata, semua itu tercipta dari:

 

Ucapan yang membentuk pikiran.

Pikiran akan membentuk perasaan. Perasaan akan membentuk tindakan.

Dan tindakan akan membentuk kenyataan.

 

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/6403624453814934/

Maka dari itu ketika mengucapkan hal yang baik, akan membentuk pikiran, perasaan, tindakan, hingga kenyataan yang baik pula. Namun, sebaliknya ucapan yang buruk adalah awal dari kenyataan yang buruk.

Berusahalah untuk selalu mengucapkan kata-kata yang baik/positif, seperti: “Aku bahagia, aku pintar, dan aku akan sukses!”

“Aku berharga, aku berdaya dan pasti aku akan kaya!” “Nasibku baik, dan pasti rezeki untukku akan datang banyak!”

Maka dengan semua ucapan positif tersebut, otak akan benar-benar bekerja menemukan jalan untuk membenarkan ucapanmu, sehingga kamu akan berusaha untuk menciptakan kenyataan seperti yang kamu ucapkan, dan tidak hanya sekedar mengandalkan ucapan saja, tapi harus disertai dengan usaha maksimal yang akan kamu lakukan. ucapkan lah kata-kata dan pikiran positif, serta usaha yang positif sehingga kamu akan mendapatkan kenyataan yang positif juga.

Sebenarnya semua ini adalah psikologis keajaiban sederhana “ketika apa yang kamu ucapkan dan pikirkan, itulah kenyataan yang akan kamu dapatkan, dan tentu dengan disertai dengan usaha/tindakan yang positif pula.

 

Sumber: https://ashefagriyapusaka.co.id/berita-rehabilitasi-narkoba/keajaiban-berpikir-positif-

Ingat, berhati-hatilah dengan ucapanmu, karena Tuhan Maha Mendengar, dan kita tidak akan pernah tau ucapan mana yang akan Tuhan kabulkan.

Sebenarnya, mengendalikan pikiran adalah sebuah keterampilan yang sangat penting untuk memperbaiki nasibmu. Hidup akan terasa lebih mudah dan indah jika kamu dapat memahami ilmu tentang pikiran dan potensi yang ada pada diri sendiri. Yuk mari kita perbaiki ucapan, pikiran dan temukan potensi yang ada pada diri untuk memperbaiki nasib kita dimasa yang akan datang.

 

*) Guru Layanan Konseling di SMA Negeri 1 Pangalengan

**) dikutif dari berbagai sumber

7 komentar:

  1. Bagus banget ya, buat memotivasi orang orang yang berfikir negatif, termasuk aku juga sangat termotivasi karna banyak hal hal negatif juga yang aku pikirkan tapi ternyata itu gak bolehh yaaa
    Makasiiiiiii❤

    BalasHapus
  2. Jadi ketika kita sedang dalam keadaan apapun harus melontarkan kata-kata baik dan positif agar semuanya terasa baik ya? Tidak boleh mengatakan hal negatif agar yang dikatakan itu tidak terjadi

    BalasHapus
  3. Masyaallah sangat bermanfaat🙏🏻

    BalasHapus
  4. terimakasih ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. terimakasih, inii sangatt bermanfaat!!

    BalasHapus
  6. Terimakasih ini sangat bermanfaattt

    BalasHapus

ENTERPRENEURSHIP

  “JANGAN PERNAH ANGGAP ENTENG PRAKARYA! BERIKUT INI JENIS DAN MANFAATNYA” Oleh: Dadan Triatna, SE., S.Pd *)   Prakarya merupakan kegi...