Rabu, 07 Agustus 2024

ENTERPRENEUR

 PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN

DAN BIJAK DALAM PENGELOLAANNYA

 


Oleh: Hery Purwanto, SE.

 

Hai..hai…hai.. Ananda yang baik, bagaimana kabarnya ? semoga selalu baik-baik saja yah..! jangan galau-galau lagi, teruslah semangat berjuang untuk menggapai cita-cita yang Ananda impikan.

 Ananda yang lagi membaca, literasi kali ini adalah berkaitan dengan keuangan. Mengapa literasi keuangan sangat penting bagi Ananda ? agar Ananda dapat lebih bijak dalam memanfaatkan uang yang dimiliki.

Pengetahuan tentang keuangan dapat mempengaruhi kemampuan, keterampilan, dan sikap Ananda semua mengenai pengelolaan keuangan.

 


Mengapa literasi keuangan sangat penting bagi siswa atau  peserta didik di sekolah ?

Mengutip situs resmi Otoritas Jasa Keuangan, ojk.go.id, literasi keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang memengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan untuk mencapai kesejahteraan keuangan masyarakat.

Mengapa literasi keuangan penting bagi siswa atau peserta didik? Menurut buku Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini oleh Anik Lestariningrum, dkk (2021: 32), semakin tingginya kesadaran terhadap keuangan yang akan memengaruhi kehidupan di masa mendatang.


Oleh karenanya manfaat literasi keuangan bagi Ananda sebagai pelajar khususnya adalah :

1. Bijak dalam Mengelola Uang dan Tidak Boros

Pengetahuan dalam keuangan diperlukan agar Ananda menjadi lebih bijak dalam mengelola uang. Pola kehidupan di masa modern yang dipengaruhi oleh teknologi internet menimbulkan kekhawatiran terhadap Ananda akan menjadi konsumtif. Maraknya platform e-commerce membuat akses belanja online menjadi lebih mudah. Penting untuk Ananda agar melakukan cara yang tepat dalam mengelola dan membelanjakan uang. Ananda dapat dengan bijak bagaimana cara membelanjakan uang secara efektif serta memilah-milah mana yang kebutuhan dan keinginan, mana kebutuhan primer dan sekunder sehingga terhindar dari perilaku boros.

 


2. Literasi Keuangan sebagai Pendidikan Karakter

Pendidikan literasi keuangan termasuk dalam pendidikan karakter karena membentuk pola pikir Ananda sebagai siswa serta mengasah kemampuan mengambil keputusan mengenai keuangan dengan berhati-hati. Ananda dapat mendapat pengetahuan bagaimana cara mengatur uang saku untuk pengeluaran dan cara menyisihkan uang saku untuk ditabung. Dengan pendidikan literasi keuangan, Ananda dapat lebih bertanggung jawab pada keuangan serta dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Ananda diharapkan dapat memahami pengetahuan tentang keuangan dan menerapkan kebiasaan mengatur keuangan dengan bijak dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari literasi keuangan adalah memberdayakan individu untuk membuat keputusan keuangan yang bijaksana, mengelola risiko keuangan, dan membangun keberlanjutan keuangan jangka panjang. Literasi keuangan membantu seseorang untuk memahami bagaimana mengalokasikan uang mereka, membuat anggaran, menabung, menginvestasikan uang dengan cerdas, memahami konsep-konsep keuangan seperti bunga dan inflasi, serta memahami risiko yang terkait dengan keputusan keuangan.

 

Melalui literasi keuangan, individu dapat mengembangkan keterampilan dalam perencanaan keuangan, pengambilan keputusan yang berbasis pada informasi, mengelola utang dengan bijak, memahami dan memilih produk keuangan yang sesuai, serta mempersiapkan masa depan keuangan mereka.

Peningkatan literasi keuangan di masyarakat dapat memiliki dampak positif, termasuk mengurangi tingkat kesulitan keuangan, mengurangi utang yang tidak terkendali, meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan keuangan, dan meningkatkan stabilitas keuangan secara keseluruhan.

Pemerintah, lembaga keuangan, dan organisasi masyarakat semakin menyadari pentingnya literasi keuangan, dan banyak program dan sumber daya yang tersedia untuk membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan keuangan individu.



Bagaimana Ananda yang baik, sudahkah Ananda bijak dalam mengelola keuangan dan tidak boros ? semoga setelah belajar tentang litrerasi keuangan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Ananda dalam mengelola dengan bijak bagaimana cara membelanjakan uang secara efektif serta memilah-milah mana yang kebutuhan dan keinginan, mana kebutuhan primer dan sekunder sehingga terhindar dari perilaku boros. Setujukah Ananda dengan hal itu ? jika setuju, boleh dong disenggol komentarnya..! wkwkwkw

                                    “ Cinta Pertama susah untuk di lupa

Kenangan manis masih melekat terasa

Salam hangat untuk semuanya

Semogfa tetap semangat dan bahagia “



 

37 komentar:

  1. sangat membantu, terimakasih

    BalasHapus
  2. Terima kasihh setelah membaca ini saya tersadar bahwa betapa pentingnya literasi keuangannnn

    BalasHapus
  3. wihh iyaa pa aku bakalan coba bisa ngelola uang yg baik

    BalasHapus
  4. kata kata nya mantap ✋🏻

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat,terimaa kasihhh

    BalasHapus
  6. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  7. wih keren πŸ˜†

    BalasHapus
  8. Ya pada intinya, Literasi Keuangan itu modal awal kita semua di zaman yang serba Mahal ini, Mantap Lanjutkan Pak memberikan Edukasi nya

    BalasHapus
  9. literasi nya sangat bermanfaat pa keren sekali

    BalasHapus
  10. literasi yang sangat bagus

    BalasHapus
  11. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  12. mantap pakk, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Cinta pertama memang sulit dilupakan, namun cinta sejati akan menguburnya hidup-hidup dengan begitu dalam.

    BalasHapus
  14. maasyaallah pak ilmu yang sangat bermanfaat sekali. doakan semoga keuangan saya selalu baik agar bisa check out shopee besok pas 88, karena itu adalah self reward πŸ‘πŸ»✨

    BalasHapus
  15. Mantappp pakkπŸ”₯πŸ”₯

    BalasHapus
  16. saya akan mencoba dikehidupan sehari hari

    BalasHapus
  17. Jadi punya gambaran untuk memanage uang

    BalasHapus
  18. Keren pakπŸ’₯πŸ’₯

    BalasHapus
  19. keren sekali pak, terimakasih atas literasinyaπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  20. mantapp terimakasih

    BalasHapus
  21. masyaallah terimakasih ilmu barunya pak

    BalasHapus

ENTERPRENEURSHIP

  “JANGAN PERNAH ANGGAP ENTENG PRAKARYA! BERIKUT INI JENIS DAN MANFAATNYA” Oleh: Dadan Triatna, SE., S.Pd *)   Prakarya merupakan kegi...