Kamis, 25 April 2024

PERSONALITY

 

BAD MOOD  VS MOOD SWING

Oleh: Redaksi Literatsmansa

 


Pernahkan Ananda mengalami kalau lagi bad mood, pasti bawaannya malas untuk beraktivitas dan tidak konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu?. Pastinya, kalau sudah gini, produktivitas sehari-hari bisa terganggung. Jadi, apa yang perlu dilakukan untuk mengusir bad mood?. Hidup tidak selalu tentang rasa gembira saja. Kadangkala, ada fase dan kondisi tertentu yang membuat suasana hati menjadi kacau. Selain menjadi tidak prodiktif, bad mood juga bisa membuat Ananda jadi mudah marah, galau nggak jelas, bahkan murung sepanjang hari. Dalam istilah psikologi kita mengenal dua istilah yang memilki kemiripan yaitu bad mood dan mood swing.  Apakah persamaan bad mood dengan mood swing?

 


 Sumber: https://id.pinterest.com/pin/803892602225583868/

 

Penyebab Bad Mood

Rasa bad mood tidak pandang usia, mulai dari anak baru gede (ABG) sampai orang dewasa pasti pernah mengalaminya. Masa pubertas menjadi periode yang dikatakan paling sering mengalami perubahan suasana hati ini. Hal ini karena di masa pubertas tubuh mulai memproduksi hormon seksual, yaitu hormon testosteron pada laki-laki serta hormon progesteron dan estrogen pada perempuan. Hormon tersebut bisa menyebabkan perubahan fisik dan emosi yang signifikan pada remaja. Kalau pada orang dewasa, khususnya wanita, bad mood bisa terjadi karena perubahan hormon menjelang menstruasi alias PMS. Selain itu, tuntutan kerja, tekanan hidup, sedang lapar, sesuatu yang berjalan tidak sesuai harapan, dan perubahan-perubahan dalam kehidupan juga bisa memicu bad mood.

 


Sumber: https://www.flaticon.com/free-icon/mood-swings_7819728

Sedangkan Mood swing, merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan perubahan suasana hati yang terjadi dengan cepat dan intens. Misalnya, dari perasaan senang lalu tiba-tiba berubah menjadi marah atau sedih. Ada banyak penyebab seseorang bisa mengalami mood swing, sebagian besar disebabkan oleh faktor gaya hidup. Namun, perubahan suasana hati yang ekstrem perlu diwaspadai. Pasalnya, hal itu bisa menjadi gejala dari gangguan mental.

Penyebab Umum Mood Swing

Penyebab mood swing bisa berbeda antara pria dan wanita. Pada wanita, perubahan suasana hati tersebut biasanya disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat menstruasi, kehamilan, atau menopause. Sedangkan pada pria, mood swing lebih disebabkan oleh faktor gaya hidup. Selain itu, penyebab mood swings juga bisa bervariasi, dari yang ringan dan mudah diatasi, hingga kondisi kesehatan yang mendasarinya. Berikut penyebab umum mood swing:

 


 Sumber: https://www.yuktiherbs.com/mood-swings-and-mental-illness-symptoms/

 

1. Kurang tidur

Tahukah Ananda  bahwa tidur merupakan waktu di mana otak dan tubuh bisa memulihkan dirinya dari aktivitas di sepanjang hari itu? Bila Ananda  tidak cukup istirahat, maka Ananda  tidak bisa bangun dengan tubuh yang segar. Hal itu mungkin bisa membuat Ananda  mengalami mood swing, seperti uring-uringan, mudah marah, dan cenderung membuat pilihan yang buruk.

2. Gula darah rendah

Bila Ananda  mengalami mood swings saat lapar, gula darah rendah mungkin adalah penyebabnya. Kondisi tersebut bisa terjadi pada beberapa orang ketika mereka tidak makan untuk waktu yang lama. Gula darah yang rendah mungkin bisa membuat Ananda  merasa marah, kesal, bahkan mungkin ingin menangis. Jadi, segeralah mengonsumsi sesuatu agar mood swing Ananda  bisa mereda. Bagi Ananda  yang mengidap diabetes, penting untuk mewaspadai perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Pasalnya, gula darah yang terlalu rendah dalam waktu lama bisa membuat pengidap diabetes pingsan.

3. Stres

Stres yang bisa muncul di tempat kerja, di rumah atau di tempat lain juga bisa menyebabkan mood swing. Tidak hanya bisa membuat Ananda  marah, sedih atau uring-uringan, stres yang dibiarkan saja juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Selain itu, stres juga bisa membuat Ananda  tidak bisa tidur yang akan semakin memengaruhi suasana hati. Oleh karena itu, carilah cara yang efektif untuk mengelola stres yang Ananda  alami. Ananda  bisa melakukan kegiatan yang Ananda  sukai, mulai dari menonton film, mendengarkan musik atau berolahraga.

4. Obat-obatan tertentu

Perubahan suasana hati juga bisa menjadi efek samping dari obat yang Ananda  konsumsi. Bila dokter Ananda  meresepkan obat baru, perhatikan bagaimana perasaan Ananda  selama beberapa minggu pertama. Sebab, mungkin saja ada hubungan antara suasana hati Ananda  dengan obat-obatan tersebut. Mood swing adalah efek samping umum dari steroid dosis tinggi. Bila Ananda  meminumnya, Ananda  mungkin menjadi lebih mudah marah dari biasanya, bahkan membuat sulit tidur.  Hal itu bisa membuat suasana hati Ananda  semakin buruk.

5. Perubahan hormon

Kemungkinan lain penyebab mood swing adalah perubahan kadar hormon, terutama estrogen. Kondisi tersebut biasanya dialami wanita saat mengalami siklus menstruasi. Selain itu, kehamilan dan menopause juga bisa menyebabkan perubahan kadar hormon yang drastis yang juga bisa memengaruhi suasana hati. Bentuk-bentuk tertentu dari pengendalian kelahiran hormonal, seperti pil KB, bisa membantu meredakan perubahan suasana hati yang terkait dengan siklus menstruasi. Namun, obat-obatan tersebut juga bisa menimbulkan efek samping berupa mood swing.

Bad Mood VS Mood Swing

Ketika Ananda sesekali mengalami perubahan suasana hati adalah hal yang normal. Nyatanya, setiap orang pernah mengalami bad mood atau mood swing dari waktu ke waktu. Namun, hati-hati bila Ananda  tampaknya sering mengalami mood swing atau perubahan tersebut terlalu ekstrem, sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari Ananda , termasuk pekerjaan dan hubungan. Pasalnya, hal itu mungkin merupakan tanda dari kondisi mendasar yang memerlukan perawatan. Mood swing sudah dikaitkan erat dengan gangguan mental. Ada banyak masalah kesehatan mental yang bisa menyebabkan perubahan suasana hati sebagai gejalanya. Contohnya depresi, bipolar, gangguan kepribadian ganda, skizofrenia, dan masih banyak lagi. Sedangkan bad mood lebih disebabkan perubahan hormon yang sifatnya temporer terutama pada Wanita.

 


Sumber: https://www.gurusiana.id/read/srisugiastuti/article/sukses-vs-gagal-2-1697059

So…Ananda yang baik, nikmatilah hidup, jangan lupa bersyukur atas semua karunia Allah SWT, maksimalkan ikhtiar untuk mencapai cita-cita, hidup hanya dua pilihan…sukses atau gagal, menang atau kalah, diterima atau ditolak…..kita sudah diberi modal 50% untuk sukses dan 50% kemungkinan gagal…. bad mood atau mood swing bagian dari hidup yang harus kita jalani, yang terpenting H2N saja (Hadapi, Hayati, dan Nikmati)!!

**) Dikutif dari beragam sumber

2 komentar:

RELIGIUSITY

  AMALAN DAN PERISTIWA DI BULAN DZULQA’DAH Oleh: Asep Istiqlal, S.Pd   Umat Islam harus semakin mengenal bulan yang diagunakan. Karen...