Senin, 26 Februari 2024

CATATAN KAKI PENTAS SENI

CATATAN KAKI DARI PENTAS SENI

Oleh: Redaksi Literatsmansa


Sumber: https://www.instagram.com/stories/smansa_pangalengan/

Pensi adalah kegiatan yang sangat lazim dilakukan oleh siswa usia SMA (termasuk di SMA Negeri 1 Pangalengan), di mana dalam beberapa tahun belakang ini, penyelenggaraan Pensi yang baik menjadi semacam achievement bagi siswa sekolah (khususnya OSIS) yang mengadakannya, dan Pensi yang baik menjadi sarana eksistensi dan juga adu gengsi antar angkatan. Pentas seni atau pensi sering kali menjadi ajang ”pamer” atau unjuk gigi bagi sekolah-sekolah. Lewat pensi, panitia secara tidak langsung ingin menunjukkan keberadaan sekolah khususnya angkatan mereka kepada masyarakat. Tapi, di luar itu, sekolah memberi kesempatan kepada siswa yang jadi panitia pensi untuk belajar berorganisasi, mengatur keuangan, dan kemandirian. Tidak tanggung-tanggung, uang yang dikelola bisa mencapai ratusan juta rupiah.


https://www.instagram.com/stories/smansa_pangalengan/

Musik merupakan seni yang paling  mudah dicerna masyarakat pada umumnya. sehingga musik menjadi sesuatu yang diagungkan, apalagi oleh siswa-siswa sekolah menengah di Indonesia (termasuk di SMA Negeri 1 Pangalengan). Mengapa melibatkan siswa sekolah menengah? Karena penggunaan frase pentas seni sekarang selalu diafiliasikan kepada acara yang dibuat siswa sekolah menengah. Bisa dilihat dari berbagai acara yang mengusung nama pentas seni di kalangan siswa sekolah menengah di sekitaran kota dan kabupaten Bandung. Sehingga pensi seringkali identik dengan panggung musik. Pensi yang menghadirkan musisi-musisi terkenal, notabene dengan biaya yang sangat mahal, menghadirkan prestise tersendiri bagi siswa sekolah yang berhasil menghadirkannya.


https://www.instagram.com/stories/smansa_pangalengan/

Tentang penampil dalam pensi juga berubah. Dahulu, pensi menjadi kesempatan utama menampilkan kepiawaian siswa sekolah setempat dalam menari, menyanyi, main band, berpuisi, dan lainnya. Sekarang, sekolah-sekolah ternama memilih menghadirkan band-band yang sedang digemari remaja sebagai penampil utama. Ujung-ujungnya perubahan itu membutuhkan dana besar yang mengharuskan panitia yang terdiri atas para siswa berjuang mencari biaya.

 


https://www.instagram.com/stories/smansa_pangalengan/

Bicara mengenai kepentingan siapa yang dihadirkan dalam kegiatan ini, dulu orientasi pensi adalah kepentingan siswa, di mana penyelenggaraan acara menjadi ajang ‘eksis’ dari para siswanya. Namun kini, eksistensi tersebut terwujud dalam bentuk yang lain, di mana kini kepentingan siswa tersebut diwakili dengan sebisa mungkin membuat pagelaran yang baik atas dasar kepuasan khalayak umum. Hal tersebut ternyata dinilai menjadi sesuatu yang dibanggakan. salah satu faktor penting dalam suksesnya acara pensi adalah dana. Tanpa dana, kegiatan unjuk kreativitas ini tidak akan berjalan. Sebagian besar pembiayaan masih mengandalkan sponsor untuk mengadakan pensi. Ada juga yang berusaha menyelenggarakan kegiatan pensi dengan bermodalkan dana sendiri. Selain bekerja sama dengan sponsor, tak sedikit panitia pensi yang bekerja sama dengan event organizer (EO), terutama pensi yang diselenggarakan sekolah-sekolah besar seperti di Kota Bandung dan Jakarta (di kita/SMA Negeri 1 Pangalengan juga sering menggunakan jasa EO). Bermitra dengan pihak EO yang berpengalaman tidak saja lebih memudahkan penyelenggaraan, tetapi juga bisa belajar banyak dari mereka dalam mengelola sebuah acara.

Pengelolaan pensi sudah menjadi hal yang lazim bagi beberapa sekolah, khususnya yang sudah memiliki tradisi pensi lama. Namun, perhatian dari pihak sekolah mengenai pentingnya memberikan bekal kepada siswanya masih minim. Untuk itu, perlu diberikan semacam kursus/ pelatihan event organizing bagi para siswa. Pola yang sekarang sering muncul, adalah hadirnya figur senior/alumni dalam membina/menjadi konsultan panitia (perlu diteliti kebenarannya lebih lanjut), dan pihak sekolah/guru juga kurang memberikan pembimbingan secara intensif kepada panitia (bisa jadi karena guru/sekolah disibukkan dengan beragam aktivitas formal mereka sebagai pengajar)…..Wallohu’alam bishwab!!

Selamat…sukses dengan pensi 2024 “Marrie Land”…..ditunggu karya dan kerja berikutnya!!

*) dikutif dari berbagai sumber 

27 komentar:

  1. Seperti nya cukup menyenangkan tapi saya tidak ikut
    Cukup bagus juga untuk acaranya

    BalasHapus
  2. wahhh sangat seru sekali pensi tahun iniii

    BalasHapus
  3. Sangat seru sekali pensi kemarinn

    BalasHapus
  4. asikk itu ada temen aku di fotooo

    BalasHapus
  5. Menurut saya cukup seru acara yang terdapat di pensi kali ini, menambah kenangan dan memori indah bersama teman (sahabat) apalagi di phase 2 dimana para bintang tamu dan damkar hadir sehingga menambah kesan bahagia dan puas.

    BalasHapus
  6. pensi tahun ini seru bangett!!!!🤩

    BalasHapus
  7. Acaranya sangatt seru dan ramee

    BalasHapus
  8. seruuu!!! ada kakang♡

    BalasHapus
  9. Acaranya seru dan bagus guestar nya juga keren👍

    BalasHapus
  10. Panitianya kerennn!!!!!

    BalasHapus
  11. Pensi sekarang seru banget

    BalasHapus
  12. menurut saya kegiatan pensi ini adalah kegiatan yang sangat di tunggu tunggu oleh para siswa siswi, apalagi adanya bintang tamu atau guest star yang sedang tenar dan di gemari oleh remaja jaman sekarang. salah satu tujuan pensi ini untuk menambah semangat belajar para siswa siswi atau juga untuk hiburan di tengah tengah pusing nya belajar.

    BalasHapus
  13. Menurut saya kegiatan pensi dapat membuat siswa untuk belajar mengapresiasi karya yang ditampilkan

    BalasHapus
  14. menurut saya pensi adalah kegiatan untuk siswa mengekspresikan dirinya sesuai dengan minat bakat mereka

    BalasHapus
  15. pensi kali ini banyak kejutan dan banyak ha yang tidak di inginkan,seperti guest star yang tidak jadi dan di ganti dengan guest star yang menurut saya tidak masuk kategori untuk pensi

    BalasHapus
  16. SERU BANGETTT! apalagi saya pertama kali pensi, menambah kenangan bersama teman teman !

    BalasHapus
  17. Seruuu bangett menambah kenangan pokoknya!!!

    BalasHapus
  18. seru banget , ....(Sekar xi ips 2)

    BalasHapus
  19. Cukup diluar dugaan yang tadinya ga bakal seru menjadi seseru inii!

    BalasHapus
  20. Seruuu bangettttt!!!

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...