Minggu, 25 Februari 2024

HUMANICA

FENOMENA “PHUBBING” MENJAUHKAN YANG DEKAT DAN MENDEKATKAN YANG JAUH

Oleh: Pipit Pitriyani, S.Pd

 


Halo, anak-anak SMAN 1 Pangalengan yang kece, Udah pada denger belom nih tentang  fenomena yang lagi hits banget, namanya "Phubbing"? Kalo belum, buruan stay tuned di sini,  karena kita bakal bahas fenomena ini!


Sumber: https://imogiri.bantulkab.go.id/first/artikel/308-PHUBBING--ARTI-DAN-CARA-MENGATASI

Apa Itu Phubbing?

Phubbing itu berasal dari kata "phone" dan "snubbing," yang artinya mengabaikan seseorang  dengan sibuk main hp. Jadi, bayangin aja, lagi asyik-ngobrol seru, eh, temen kita malah sibuk  scroll-feed Instagramnya atau scroll tiktok. Nah, itu dia, Phubbing!  Apakah kamu termasuk orang yang sering melakukan phubbing? Coba cek. Tanda utama  orang yang sering phubbing adalah tidak bisa lepas dari ponselnya. Kamu juga selalu  memantau ponsel ketika makan bersama atau dalam kondisi sosial yang lain. Scroll tiktok,  buka instagram, liat status Whatsapp seseorang, atau buka chat WA.  Lebih parah lagi, kalau kamu mengobrol secara langsung dengan seseorang dan pada saat  yang sama melirik Instagram atau membalas WA orang lain dengan ponsel.

 


Sumber: ttps://www.froyonion.com/news/esensi/fenomena-phubbing-saat-gawai-mengalahkan-kehadiran-manusia

Dampak Phubbing di Kehidupan Sehari-hari

Perilaku phubbing mungkin tampak sepele. Namun, sejumlah penelitian menyimpulkan,  phubbing dapat menurunkan kualitas relasi sekaligus kesehatan mental kita.  Ketika kita melakukan phubbing, orang yang berinteraksi secara langsung dengan kita dapat  merasa ditolak, tidak dilibatkan, atau tidak penting. Andaikan memang kamu harus membalas  pesan yang mendesak, lebih baik minta waktu sebentar kepada lawan bicara untuk sejenak  membalas pesan. Setelah itu, taruh kembali ponsel  Selain itu, Phubbing juga bisa bikin kita kehilangan momen-momen penting. Misalnya, lagi  makan bareng temen, eh, dia sibuk scroll Instagram, dan kita jadi kehilangan momen  kebersamaan yang seharusnya seru banget. Nah, jadi mulai sekarang kurang-kurangi  phubbing. Kita fokus pada siapa yang berinteraksi langsung dengan kita dulu. Yang virtual,  apalagi media sosial, bisa ditunda.

 

Tips Anti-Phubbing yang Asyik

1.     Waktu Bersama Tanpa Gadget: Cobain deh, waktu lagi bareng-bareng temen atau  keluarga, kita sepakat untuk gak main HP. Lebih seru kan kalo fokus sama temen-temen atau keluarga?

2.     Pahami Prioritas: Kita harus tau kapan waktunya main HP dan kapan waktunya  buat temenan atau keluarga. Jangan sampe gadget jadi prioritas utama!

3.     Ajak Diskusi: Kalo ada temen yang doyan Phubbing, nggak ada salahnya buat  ngajak diskusi seru. Bisa aja dia gak sadar kalo lagi Phubbing, kan? Kita bisa bilang,  "Eh, stop Phubbing dong, lagi seru-serunya nih!"

 


Sumber: https://web.facebook.com/kinibisaofficial/posts/fenomena-phubbing-banyak-dipicu-oleh-keinginan-besar-seseorang-untuk-eksis-inter/7

 

Phubbing, Tren yang Bisa Kita Ubah Bersama

Jadi, teman-teman, Phubbing itu emang lagi jadi tren yang gak asyik buat kebersamaan kita.  Tapi, tenang aja, kita bisa ubah ini bersama-sama! Yuk, mulai sekarang, kita jadi lebih aware  lagi sama keberadaan temen-temen kita, dan kita pastiin buat saling menghargai waktu  bersama.  Jangan sampe ketinggalan tren positif, yuk lawan Phubbing dan jadikan kebersamaan kita  makin seru dan berarti!

 

Disarikan dari berbagai sumber

 

*) Guru Geografi di SMA Negeri 1 Pangalengan, Ibu Rumah Tangga pengamat masalah social remaja, loingkungan dan kesetaraan gender 

19 komentar:

  1. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  2. Sekar xi ips 2 terimakasih atas literasinya

    BalasHapus
  3. terimakasih bu literasinya (alyka 11 ips 2 )

    BalasHapus
  4. Sama-sama anak2 terimakasih sudah membaca

    BalasHapus
  5. keren ibu πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  6. Bagus sekaliπŸ‘✌

    BalasHapus
  7. Bu aku novita xe keren bu🫰

    BalasHapus
  8. Terima kasih ibu buat ilmu barunya

    BalasHapus
  9. aku dari X e makasii bu buat literasinya

    BalasHapus
  10. Ibu aku raysha 10E. Terimakasih ibu sudah berbagi pengetahuan, itu salah satu kebiasaan buruk aku, terimakasih jugaa sudah memberi tips untuk menghindarinya 🫢🏻🫢🏻🫢🏻🫢🏻

    BalasHapus
  11. Terimakasih ibu pengetahuan tentang pubhing ini sangat bermanfaat apalagi bagi gen x (Azzahra XE)

    BalasHapus
  12. πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

    BalasHapus
  13. terimakasih ibu literasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. keren ibuπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  15. Mudah dimengerti bu πŸ™

    BalasHapus
  16. πŸ”πŸ”₯πŸ™Œ

    BalasHapus
  17. KerenibuπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ˜Š

    BalasHapus
  18. terimakasih ibu, literasi nya sangat bermanfaat

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...