Selasa, 27 Februari 2024

HISTORYLINGUISTIC

TOPONIMI

Oleh: Lilis Gartika, S.Pd *)

 


Apa Arti TOPONIMI ?

Toponimi adalah bidang keilmuan dalam linguistikyang membahas asal usul satu wilayah atau suatu bagianlain dari permukaan termasuk yang bersifat alam ( sungai, lautan atau pegunungan) yang buatan (kota , gedung,jalan, jembatan. Toponimi berkaitan dengan bidang etnologi dan kebudayaan Pada beberapa kasus nama nama jalan berkaitan dengan peristiwa sejarah,mitos, maupun legenda suatu  tempat. Toponimi berasal dari bahasa Yunani topos (tomoc) yang berarti tempat dan diikuti oleh onoma yang berarti nama


Sumber: https://www.google.co.id/search?q=toponimi+bandung&tbm=isch&ved=2ahUKEwjG_czug8qEAxUOa2wGHemqC8gQ2-cCegQIABAA&oq

Lalu apakah pentingnya mengenal toponimi suatu daerah atau suatu tempat. Begini , sebagai manusia kita selalu akan mempertanyakan seuatu penyebutan atau penamaan suatu tempat. Contoh  Kita tinggal di kabupaten atau kota Bandung. Lalu kadang terpikir oleh kita mengapa di namai Bandung? Kemudian di daerah tempat tinggal kita sendiri pun bermacam macam nama tempat . Khusus untuk di wilayah Tatar Sunda sebuah tempat selalu ditandai dengan sebutan Ci, seperti Cikalong, Cipanas, CiSitu,CiBarengkok,Cimenyan,  Ci merupakan kependekkan dari kata Cai yang berarti air dalam bahasa Sunda. Nah apabila ditelusuri melalui ilmu toponimi maka setiap tempat itu memiiliki makna yang terkait dengan persistiwa atau sejarah atau berupa kebiasaan atau tradisi suatu daerah.

Berikut arti nama suatu daerah berdasarkan toponimi

  1. Bandung

Toponimi Kota Bandung juga berasal dari cerita rakyat atau folklore dari kata bandeng/ngabandeng yang dalam bahasa Sunda berarti genangan air yang luas dan tenang. Hal ini dikaitkan dengan keberadaan danau purba yang berada di wilayah Bandung ketika aliran Sungai Citarum di Padalarang tertutup oleh Gunung Sunda pada era zaman Holosen. Selain itu, kata Bandung juga ditengarai berasal dari kata bending atau bendungan yang artinya membentuk sebuah telaga.


Sumber: https://www.google.co.id/search?q=toponimi+bandung&tbm=isch&ved=2ahUKEwjG

 2. Gede Bage

Nama "Gede Bage" adalah sebuah nama yang mungkin berasal dari bahasa daerah di Indonesia. "Gede" dalam bahasa Sunda, salah satu bahasa daerah di Jawa Barat, umumnya memiliki arti "besar" atau "agung". Sedangkan "Bage" mungkin merujuk pada suatu tempat atau wilayah tertentu. Jika kita mengartikan "Gede Bage" berdasarkan toponimi, maka kemungkinan besar nama ini adalah nama tempat atau wilayah yang memiliki arti "besar" atau "agung" di daerah tertentu. Misalnya, bisa jadi ada suatu desa, kecamatan, atau bahkan gunung yang dinamai "Gede Bage".

  1. Garut

“Garut" adalah sebuah nama tempat di Jawa Barat, Indonesia, yang juga merupakan ibu kota dari Kabupaten Garut. Dalam konteks toponimi, arti dari nama "Garut" tidak selalu jelas, tetapi ada beberapa spekulasi mengenai asal-usulnya:

Dari Bahasa Sunda: Sebagian besar teori mengaitkan nama "Garut" dengan bahasa Sunda, yang banyak dipakai di Jawa Barat. Salah satu teori menyatakan bahwa "Garut" berasal dari kata "garing" yang berarti kering. Hal ini mungkin merujuk pada karakteristik geografis atau iklim di daerah tersebut yang mungkin kering atau kurang subur pada masa lalu. Dari Bahasa Sansekerta: Ada juga teori yang menghubungkan nama "Garut" dengan bahasa Sansekerta, dengan arti yang berbeda. Misalnya, ada yang menginterpretasikan "Garut" sebagai "burung garuda", makhluk mitologi dalam kepercayaan Hindu yang sering dihubungkan dengan kekuasaan dan keagungan.

Namun, tidak ada konsensus yang jelas mengenai arti pasti dari nama "Garut" dalam konteks toponimi. Berbagai teori mungkin ada dan mungkin juga nama itu sendiri memiliki asal-usul yang sangat kuno yang sulit untuk ditelusuri secara pasti.

  1. Banjaran

Banjaran" adalah sebuah nama tempat di Jawa Barat, Indonesia. Dalam konteks toponimi, arti nama "Banjaran" tidak selalu jelas, tetapi kemungkinan bisa diinterpretasikan dari aspek linguistik atau geografis:Bahasa Sunda: Karena Banjaran terletak di Jawa Barat yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Sunda, kemungkinan besar nama ini berasal dari bahasa tersebut. Dalam bahasa Sunda, "banjaran" bisa diartikan sebagai "perbukitan" atau "daerah yang berbukit-bukit". Ini mungkin merujuk pada karakteristik geografis daerah tersebut yang memiliki banyak bukit atau perbukitan. Asal-usul Geografis: Nama Banjaran juga bisa saja berasal dari ciri khas geografis atau keadaan alam di daerah tersebut. Mungkin ada suatu bentangan tanah, bukit, atau formasi geologis tertentu yang memberikan inspirasi untuk nama ini.


Sumber: https://www.google.co.id/search?q=banjaran&tbm=isch&ved=2ahUKEwjO8ueFhMqEAxVgcmwGHX7FDYMQ2

Kultural atau Historis: Nama-nama tempat sering kali memiliki kaitan dengan sejarah atau budaya lokal. Mungkin ada peristiwa historis atau kegiatan budaya yang terkait dengan nama "Banjaran", tetapi informasi spesifik mengenai hal ini mungkin memerlukan penelitian lebih lanjut. Demikian sedikit uraian mengenai apa itu ilmu TOPOMINI Mudah mudahan menjadi informasi , dan apa arti nama tempat tinggal di daerah tempat kita tinggal  silahkan komen untuk berbagi pengetahuan.

Sumber Artikel berjudul "Toponimi Bandung: Sebuah Tinjauan Historis", selengkapnya dengan link: https://www.pikiran-rakyat.com/kolom/pr-016847238/toponimi-bandung-sebuah-tinjauan-historis?page=all

*) Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Pangalengan, penulis lepas pada harian umum “Pikiran Rakyat”, mantan pengurus MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Bandung. 

3 komentar:

  1. terimakasih atas literasinya ibu, sangat bermanfaat dan membantu saya jadi tau tentang toponimi dan juga ternyata ada arti nama suatu daerah berdasarkan toponiminya

    BalasHapus
  2. terimakasih bu literasinya (alyka xi ips 2 )

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...