Rabu, 31 Januari 2024

yuk...Kenali Tipe Kepribadianmu!!

 

Mengenal Tipe Kepribadian Manusia


Oleh: Dini Siti Nurjanah, S.Pd., S.Kom.I  *)


Manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan menciptakan manusia dengan berbagai macam karakter dan watak yang berbeda. Bahkan setiap manusia tidak mungkin memiliki karakter dan watak yang sama meskipun mereka adalah anak kembar. Dengan kepribadian ini akan menentukan perilaku dan sifat dari seseorang. 


Apa sih kepribadian itu?

Dikutip dari artikel prestasikita.com, Banyak para ahli yang mengelompokkan kepribadian manusia menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah Hipocrates, yang mengungkapkan bahwa terdapat empat jenis kepribadian yang mungkin dimiliki oleh setiap manusia. Berikut adalah empat jenis kepribadian yang ada di diri manusia:

1.  Plegmatis

Jenis kepribadian manusia yang pertama adalah Plegmatis. Orang dengan kepribadian Plegmatis dikatakan cinta kedamaian alias tim netral dalam setiap situasi serta tidak suka memihak pada salah satu kubu. Mereka akan selalu berusaha menghindari konflik dengan siapa saja.

 



Selain itu, orang dengan kepribadian ini juga senang membantu orang lain. Seorang Plegmatis juga bisa menjadi pendengar yang baik, memiliki selera humor, mudah bergaul, memiliki banyak teman, dan tidak suka hal yang rumit. 
Tipe ini lebih cenderung terlihat cukup tenang, gampangan, dan tidak pernah merasa terganggu dengan orang lain. Oleh karena itu, mereka hampir tidak pernah marah. Mereka adalah orang-orang yang memiliki sifat mudah bergaul dan paling menyenangkan. Seseorang dengan kepribadian Plegmatis nampaknya tak perlu diragukan lagi kesetiaannya.


2.  Sanguinis

Jenis kepribadian manusia yang kedua adalah Sanguinis. Orang dengan kepribadian Sanguinis merupakan individu yang optimis dan selalu bersemangat. Mereka memiliki sifat yang mudah bergaul dan ramah dengan orang lain, suka berbicara di depan publik, suka diperhatikan, kreatif, dan cenderung mendominasi dalam kelompok. Maka, tak heran banyak orang senang berada di dekatnya.



 Tipe kepribadian Sanguinis adalah orang yang sangat ramah terhadap orang lain. Sehingga mereka akan dianggap sebagai orang yang cukup ekstrovert. Namun, tipe ini tidak suka menghadapi hal yang rumit, serius, egois, dan mudah lupa serta kurang memiliki komitmen untuk kepentingan bersama.


3.    Koleris

Tipe kepribadian selanjutnya adalah Koleris. Koleris dikenal sebagai tipe kepribadian yang cerdas dan selalu mengedepankan logika. Orang dengan kepribadian Koleris juga dikatakan keras kepala, mudah marah, dan berkemauan keras terhadap apa yang mereka inginkan.


Seseorang dengan kepribadian Koleris dikatakan memiliki kemampuan membuat keputusan dengan baik. Orang Koleris juga mampu mengatur diri dan memiliki tujuan untuk masa  depan dengan baik. Mereka orang yang produktif dan menyukai kebebasan dalam hidupnya.

 

4.  Melankolis


Jenis  kepribadian manusia yang keempat yaitu Melankolis. Orang yang memiliki kepribadian melankolis termasuk orang yang introvert karena mereka umumnya mudah khawatir, pemikir dan tidak  terlalu suka  dengan keramaian. Mereka juga terkadang meremehkan diri sendiri, padahal kenyataannya diri mereka        tidak seburuk itu.

Namun, orang dengan kepribadian ini memiliki beberapa kelebihan yang menarik. Seseorang dengan tipe kepribadian melankolis dikatakan memiliki sifat yang perfeksionis, peduli dengan sekitar, sangat detail, dan berfikir analisis karena mereka selalu berfokus pada proses daripada tujuan.

Naaaah, itulah sedikit informasi tentang jenis dan tipe kepribadian manusia yang perlu kita ketahui. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan memudahkan dalam mengenali kepribadian manusia, khususnya kepribadian yang dimiliki diri sendiri.


Coba, kira-kira kamu tipe yang mana yaaa? kenali diri, gali potensi, raih prestasi, dan gapai ridho Illahi!!

Disarikan dari berbagai sumber

*) Guru Layanan Konseling di SMA Negeri 1 Pangalengan, Ibu rumah tangga, pemerhati masalah remaja




11 komentar:

  1. terimakasih ibu sangat bermanfaat bagi nusa dan bangsa

    BalasHapus
  2. terimakasih bu dini 🙏

    BalasHapus
  3. trimaksih bu dini literasi nya , alyka amalia xi ips2

    BalasHapus
  4. Terima kasih, saya mendapat ilmu baru dan semoga menjadi berkah🙏

    BalasHapus
  5. Aku memiliki kepribadian plegmatis

    BalasHapus
  6. Terimakasih ibuu,literasi nya sangat bermanfaat 🤩

    BalasHapus
  7. terimakasih ibu literasi nya, XI IPS 2

    BalasHapus
  8. Saya memiliki kepribadian plegmatis

    BalasHapus
  9. Sayaa memiliki kepribadiannn plegmatis,terima kasih untuk literasi hari ini

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...