Rabu, 24 Januari 2024

JIWA KEWIRAUSAHAAN BAGI GEN-Z

JIWA KEWIRAUSAHAAN BAGI GEN-Z 

Oleh: Hery Purwanto, SE *)


Generasi Z yang tumbuh dengan  teknologi, internet dan media  sosial memiliki  preferensi  untuk  memulai        wirausaha.  Beberapa  alasan  generasi  Z memilih jalur wirausaha adalah tak mau dibatasi, kuliah bukan jaminan sukses, situs  layanan  freelance  dan  peer-to-peer,  media  sosial  dimana-mana,  akses berlimpah, dan mentor. Generasi ini adalah generasi  yang    lahir bersamaan dengan teknologi, internet, dan   media sosial   yang tentunya     memiliki   perbedaan    dengan     generasi sebelumnya. Generasi z memiliki karakteristik yang lebih cenderung update terhadap segala hal dan lebih adaptif  terhadap teknologi yang berkembang.

Jiwa kewirausahaan bagi Gen Z adalah jiwa kemandirian untuk mencari sebuah sumber penghasilan dengan membuka usaha ataupun menyalurkan kreatifitas yang dimiliki sesorang untuk kemudian dijadikan sebuah lahan untuk mencari   penghasilan, jiwa kewirausahaan ditanamkan sejak seseorang mulai sadar   bahwa uang   itu penting   dan seseorang   tersebut    memeliki keterampilan atau sesuatu hal seperti barang atau jasa yang bisa dijual, sesorang akan   belajar untuk  lebih   mandiri, berfikir kritis, dan maju apabila ditanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini, kerena dia akan   berfikir   tentang bagaimana  mengolah hasil dari keterampilan ataupun hasil pembelajaran yang selama ini dia lakukan untuk  dijadikan  sebuah   karya yang  dapat dijual, entah itu makanan, pakaian, jasa, atau barang-barang lain.

Berwirausaha tak cukup hanya bermodalkan rasa ingin belaka namun harus diiringi dengan komitmen dan konsistensi. Apalagi tingkat persaingan usaha dan perilaku pasar semakin dinamis sehingga wirausahawan harus memiliki keyakinan, cita-cita untuk menjadi besar diawali dengan langkah-langkah kecil. Wirausahawan harus selalu berkomitmen dalam melakukan tugasnya sampai berhasil dan  tidak setengah-setengah dalam melakukan pekerjaannya. Karena itu, wirausahawan harus selalu tekun, ulet, pantang menyerah sebelum pekerjaannya berhasil. Tindakan dalam wirausaha tidak didasari oleh spekulasi melainkan dengan perhitungan yang matang.


Sumber: https://www.google.co.id/search?q=entrepreneurship&sca_esv=601029419&hl=en&tbm=isch&sxsrf

Jiwa Kewirausahaan yang harus dan dimiliki oleh para Generasi Z diantaranya adalah :

1.  Sikap Mental

Sikap mental merupakan elemen paling dasar yang perlu dijamin untuk selalu dalam keadaan baik. Unsur ini yang menentukan apakah orang menjadi sosok yang tinggi budi ataukah sebaliknya menjadi orang yang jahat dan culas. Orang baik budi merupakan kader pembangunan bangsa, sedangkan orang jahat akan menjadi beban masyarakat dari bangsa itu sendiri.

Tentu kita tidak ingin melihat bahwa banyak kejahatan dan keculasan merajalela di negeri ini. Itu sebabnya pembinaan sikap mental menjadi unsur penting dalam dunia kewirausahaan sekaligus dalam kehidupan. Selain menghadirkan sifat-sifat baik alamiah seperti kejujuran dan ketulusan, sikap mental mencakup juga segi-segi positif dalam motivasi dan proaktivitas. Para wirausaha adalah orang-orang yang mengetahui bagaimana menemukan kepuasan dalam pekerjaan dan bangga akan prestasinya. Tunjukan sikap mental yang positif terhadap    pekerjaan wirausahawan, karena sikap inilah yang akan ikut menentukan keberhasilan wirausahawan.

2.  Kepemimpinan.

Suatu pedoman bagi kepemimpinan yang baik adalah “perlakukanlah orang-orang lain sebagaimana wirausahawan ingin diperlakukan”. Berusaha membangkitkan suatu keadaan dari sudut pandangan orang lain akan ikut mengembangkan sebuah sikap tepo seliro.

Pengusaha yang berpeluang untuk maju secara mantap adalah yang memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat menonjol. Ciri-ciri mereka biasanya sangat menonjol, dan sangat khas. Dimana keputusan dan sepak terjangnya sering dianggap tidak lazim dan lain dari pada umumnya pengusaha. Mereka “tampil beda”.

3. Tata Laksana

Tata laksana merupakan terjemahan dari kata Management artinya pengelolaan. Yang perlu dimengerti disini adalah manajemen bukan semata-mata konsumsi para manajer saja. Setiap orang perlu manajemen apapun status dan jabatan orang tersebut. Bahkan ibu rumah tanggapun perlu manajemen untuk mengelola uang dapur dan belanjaannya. Tata laksana merupakan metode atau serangkaian cara dan prosedur. Gunanya jelas, yaitu untuk menghasilkan efektifitas dan efisiensi setiap pekerjaan, agar mendapatkan hasil yang baik dalam mutu serta tepat waktu dalam penyerahannya.

4. Keterampilan

Lapisan terluar dari struktur prioritas kewirausahaan adalah ketrampilan. Banyak pihak berpendapat, bahwa dengan berbekal penguasaan ketrampilan, seseorang akan bisa diharapkan menjadi seorang entrepreneur yang berhasil. Pendapat ini sebenarnya tidaklah terlalu salah, kalau dilihat banyak contoh yang membuktikan, misalnya seorang penjahit dengan ketrampilan yang dimiliki akhirnya bisa memiliki sebuah perusahaan pakaian jadi yang cukup besar.


Sumber: https://www.google.co.id/search?q=entrepreneurship&sca_esv=601029419&hl=en&tbm

Namun demikian, kalau wirausahawan mau meneliti lebih jauh, ternyata keberhasilan-keberhasilan itu sebenarnya bukan disebabkan oleh ketrampilan semata, melainkan lebih oleh jiwa kepemimpinan yang dimiliki si pengusaha. Leadership yang bersangkutan yang menuntun dan membawanya ke jenjang sukses.

Demikian selayang pandang tentang Jiwa Kewirausahaan bagi Generasi Z yang  pada prinsipnya , menjadi seorang wirausaha yang mempunyai jiwa kewirausahaan khususnya bagi Generasi Z lebih daripada sebuah pekerjaan. Berwirausaha adalah suatu prinsip yang akan mempengaruhi strategi karir berwirausaha. Menjadi seorang wirausaha harus mempunyai jiwa inovatif dan kreatif. Wirausahawan juga harus mampu merencanakan, mengambil resiko, mengambil keputusan dan mengambil tindakan untuk mencapai tujuan. Wirausaha harus bersedia bekerja dalam menghadapi keadaan yang selalu berubah dan ketidakpastian Hal ini berarti bahwa wirausahawan perlu menyusun prioritas kerja dan hasil yang diinginkan. Prioritas yang disusun harus bersifat menantang dan memberi motivasi untuk terus belajar dalam mengembangkan kewirausahaan.

*) Guru Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Pangalengan, Pembimbing OSN Bidang Ekonomi/Akuntansi


40 komentar:

  1. Terimakasih pak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Sangat dimengerti dan sangat membantu generasi sekarang dalam memulai wirausaha

    BalasHapus
  3. sangat dimengerti dari materi yang telah disampaikan

    BalasHapus
  4. Subhanallah🤲🏻

    BalasHapus
  5. Terimakasih pakk,sangat memotivasi 🤩

    BalasHapus
  6. jiwa kewirausahaan bagi GenZ, sangat bermanfaat bagi para GenZ, terimakasih

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat, terimakasih pak 👍👍

    BalasHapus
  8. Terima kasih pak sangat bermanfaat dan memotivasi saya

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas literasi yang sangat luar biasa ini ,. alhamdulillah setelah saya membaca saya menjadi tahu apa saja yang harus saya kuasai untuk menjadi seorang wirausaha khususnya yang baru mulai dari bawah., terimakasih pak

    #tong ereun milari elmu😁😁🙏🙏

    BalasHapus
  10. Terimakasih Literasinya yang luar biasa semoga bermanfaat..👍🙏

    BalasHapus
  11. Terimakasih atas literasi nya pak , saya yang berniat ingin menjadi seorang Wira menjadi tau bagaimana dan apa saja yang perlu dipersiapkan

    BalasHapus
  12. Sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
  13. Terimakasih bapak literasi nya bermanfaat untuk kita semua
    Dan kita juga mendapatkan ilmu tambahan

    BalasHapus
  14. sangattt bermanfaat🫶

    BalasHapus
  15. Terima kasihhhh atas literasi nya nya pak saya yng berniat ijigin menjadi seorang wira menjadi tau bagaimna dan apa saja yang perlu di siapkannn

    BalasHapus
  16. Sangat bisa dimengerti materinya, makasih pak

    BalasHapus
  17. Terimakasih, pak atas ilmu nya, semoga bermanfaat bagi semua orang

    BalasHapus
  18. Bermotivasi untuk masa depan🤩

    BalasHapus
  19. terima kasih pak,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  20. terimakasih atas literasi nya pak, sangat bermanfaat👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  21. sangat bermanfaat terimakasih bapak

    BalasHapus
  22. Terima kasih banyak bapak atas motivasi nya

    BalasHapus
  23. Bermanfaat sekali, terimakasih bapa👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  24. Terimakasih bapak atas ilmunya 👍👏👏

    BalasHapus
  25. Terimakasih dari literasi ini saya mendapat banyak ilmu tentang ke wirausahaan

    BalasHapus
  26. Terimakasih pak, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  27. Tunjukkan semangatmu, Generasi Z! Jiwa kewirausahaanmu adalah kekuatan utama. Jangan takut untuk bermimpi besar, terus berinovasi, dan hadapi setiap tantangan dengan keberanian. Dunia ini menanti kontribusi unikmu. Sukses bukan hanya tujuan, tapi perjalananmu menuju eksplorasi tak terbatas! Semangat terus ya!!!!!!!!

    BalasHapus
  28. sangatt bermanfaat bagi saya, bisa mengetahui dasar dasar untuk menjadi wirausahawan yang sukses aamiin

    BalasHapus
  29. Terimakasih bapak literasi nya bermanfaat untuk kita semua
    Dan kita juga mendapatkan ilmu tambahan , alyka amalia xi ips2

    BalasHapus
  30. Terimakasih literasinya pak

    BalasHapus
  31. Terimakasih bapak literasi ini menjadi saya termotivasi dan bermanfaat, Nayla putri aprilia XI IPS 2

    BalasHapus
  32. terimakasih bpak, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  33. Terimakasih pak atas literasinya👍

    BalasHapus
  34. Terimakasih pa,literasinya sangat bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...