Selasa, 23 Januari 2024

PROKRASTINASI

PROKRASTINASI


 Oleh: Yuli Yuliani, S.Pd  *)


Setiap orang diyakini memiliki kapasitas dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugasnya, akan tetapi kebiasaan merespon pekerjaan tersebut bisa mengakibakan penyelesainnya cepat atau juga lambat.

 “Besok saja”, “Nanti saja”, “Masih banyak waktu “ merupakan kata-kata yang kerap kita ucapkan ketika dihadapkan pada aktivitas, tugas maupun tanggungjawab yang sebenarnya dapat diselesaikan saat itu juga, akan tetapi kita malah memilih untuk menundanya di lain waktu. beberapa orang akan menyertakan alasan mengapa mereka menunda pekerjaan tersebut, misalnya mengerjakan prioritas mereka terlebih dahulu. Namun, beberapa orang justru melakukannya dengan sengaja. Dimana mereka menunda sebuah pekerjaan tersebut karena memang malas. Tipe karakter inilah yang bisa kita sebut sebagai sifat prokrastinasi.


Sumber:https://www.google.co.id/search?q=prokrastinasi+adalah&sca_esv=600752817&hl=en&tbm

          Definisi prokrastinasi diungkapkan oleh beberapa ahli, salah satunya Knaus yang mengatakan bahwa prokrastinasi adalah perilaku menghindari tugas atau pekerjaan, yang berasal dari ketidaksenangan individu terhadap tugas yang ada, serta takut mengalami kegagalan dalam mengerjakan suatu tugas. Definisi lain dari prokrastinasi adalah kecenderungan perilaku seorang individu untuk menunda dalam memulai ataupun menyelesaikan suatu pekerjaan secara menyeluruh dan melakukan kegiatan lain yang tidak berguna. Akibatnya kinerja untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan menjadi terhambat atau tidak dapat menyelesaikannya secara tepat waktu. Seorang individu yang melakukan prokrastinasi atau perilaku menunda-nunda disebut dengan "prokrastinator" atau "penunda-nunda".

        Dilansir dari Instagram Biro Psikologi Dinamis, ahli psikologi sosial Bernama Dr. Roy F Baumeiser menyebutkan ada lima tipe orang yang suka menunda pekerjaan, dari yang paling dasar sampai yang paling parah, yaitu :














           Apabila kita termasuk pada salah satu klasifikasi prokrastinasi maka perlu dikaji  faktor penyebab dan Solusinya. Secara internal kondisi psikis bisa menjadi pemicu prokrastinasi, contohnya kecemasan, kurangnya self-depreciation atau penghargaan terhadap diri sendiri yang berujung pada ketidakyakinan yang semakin mempersulit penyelesaian sebuah pekerjaan, kelelahan juga menyebabkan seseorang tidak bisa bekerja secara maksimal, dan perfeksionisme yang tidak sehat menyebabkan ketakutan dalam membuat kesalahan dalam bekerja dan terlalu mengkhawatirkan ekspektasi orang lain terhadap pekerjaan tersebut.


Sumber:https://www.google.co.id/search?q=prokrastinasi+adalah&sca_esv=600752817&hl=en&tbm=isch&sxsrf

           Solusi terbaik untuk menyikapi kondisi tersebut yaitu menumbuhkan motif dan motivasi internal diri, tingkakan self-depreciation, tentukan target yang jelas dan komitmen untuk mencapai target penyelesaian pekerjaan, memanage waktu sebaik mungkin, ciptakan kebiasaan disiplin, tingkatkan rasa percaya diri, dan pikirkan setiap konsekuensi dari setiap tindakan menunda-nunda pekerjaan.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Prokrastinas

https://www.gramedia.com/best-seller/prokrastinasi/

*) Koordinator Bimbingan Konseling SMA Negeri 1 Pangalengan









45 komentar:

  1. Amelia xi
    Saya pikir saya cenderung the perfecionist

    BalasHapus
  2. saya rasa orang nya self saboteur

    BalasHapus
  3. Saya merasa sepertinya saya termasuk orang yang the ostrich

    BalasHapus
  4. Alia X-I

    saya pikir saya cenderung lebih menunggu mood atau waktu yang bagus,untuk memperoleh hasil yang sempurna

    BalasHapus
  5. Saya merasa sepertinya saya termasuk orang yang the perfectionist

    BalasHapus
  6. Saya pikir saya termasuk tipe orang yang self Saboteur atau the ostrich

    BalasHapus
  7. Saya adalah seorang self saboteur

    BalasHapus
  8. Azzahra manal nurdaniah X-i
    Saya pikir saya cenderung

    BalasHapus
  9. Saya silfa X-i
    Orang yang tipe self Saboteur..

    BalasHapus
  10. Saya rasa saya orangnya the perfectionist

    BalasHapus
  11. saya rasa saya cenderung memiliki PROKRASTINASI tipe the chicken

    BalasHapus
  12. Resti Tresna Xi
    Saya pikir saya cenderung ke the Daredevil

    BalasHapus
  13. Yusma (X-i)
    Saya pikir saya cenderung ke self Saboteur

    BalasHapus
  14. Saya Resi kelas X-I
    Tipe saya The perfectionist

    BalasHapus
  15. Terimakasih ibu, ini sangat bermanfaat sekali agar kami bisa lebih produktif lagi dalam mengerjakan tugas dan tidak menunda-nundanya lagi

    BalasHapus
  16. terimakasih bu , literasi sangat bermanfaat ,( Alyka amalia xi ips 2)

    BalasHapus
  17. Wahhh , literasi nya sangat memotivasi untuk lebih displin dalam mengerjakan tugas. Terimakasih buuu

    BalasHapus
  18. terima kasih ibu, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  19. i'm a perfectionist

    BalasHapus
  20. Saya termasuk orang " the perfectionists"

    BalasHapus
  21. terimakasih ibu literasinya sangat bermanfaat sekali🤩

    BalasHapus
  22. Terimakasih ibuu literasi ini sangat memotivasi untuk kita lebih konsisten dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan

    BalasHapus
  23. literasi nya sangat memotivasi untuk stop menunda nunda pekerjaan karna dampak nya sangat besar bagi masa depan. Terimakasih ibu ^^

    BalasHapus
  24. Terimakasih ibu literasinya,mungkin saya termasuk ke orang yang the perfectionist

    BalasHapus
  25. ilmu yg bermanfaat, terimakasih ibu

    BalasHapus
  26. Tapi saya termasuk tipe the perfectionist)

    BalasHapus
  27. Saya rasa saya cenderung ke the ostrich

    BalasHapus
  28. Terimakasih ibu sekarang saya jadi tau saya termasuk tipe yang seperti apa dan memotivasi saya untuk menjadi lebih baik lagi

    BalasHapus
  29. Fikri Muzaki Fadil24 Januari 2024 pukul 09.15

    Cukup bermanfaat dan sangat mendefinisikan bahwa saya orangnya the daredevil. Terimakasih bu...

    BalasHapus
  30. Ilmunya sangat bermanfaat dan memotivasi,makasi bu

    BalasHapus
  31. sepertinya saya termasuk tipe ostrich

    BalasHapus
  32. Terimakasi bu ,literasinya sangat bermanfaat ,memotivasi untuk stop menunda pekerjaan karna akan berdampak nya sangat besar untuk kedepannya

    BalasHapus
  33. Literasi yang menarik

    BalasHapus
  34. ibu, thanks a lot atas motivasinya. glad to know ur beautiful writing. iloveu, ibu 🤍

    BalasHapus
  35. kayaknya tipe saya the ostrich

    BalasHapus
  36. sepertinya saya tipe the deardevil

    BalasHapus
  37. bismillah bermanfaat

    BalasHapus
  38. waaawww luar biasa, sangat membantu dalam mengenali diri sendiri!

    BalasHapus
  39. Luar biasa sangat membantu dalam mengenal diri sendiri, terimakasih ibu ini sangat bermanfaat

    BalasHapus

MUSICHOLIC

  PENGERTIAN, FUNGSI DAN PERANAN SENI MUSIK Oleh: Firmanurkarim, S.Pd *)   1.     Pengertian Seni Seni ( art ) adalah ungkapan per...