Selasa, 15 Oktober 2024

TRAVELARIA

 

LIBURAN…MUNCAK YU??!!

Oleh: Redaksi Literatsmansa


Ananda  jenuh akibat rutinitas belajar sepanjang hari, sepanjang tahun? Sebentar lagi insha Allah libur akhir semester tiba, kangen dengan menghirup udara segar, mungkin bisa memilih mendaki gunung ketika memasuki waktu liburan. Namun, jika Ananda  masih pemula, ada beberapa tips mendaki gunung yang perlu diperhatikan. Salah satu tips mendaki gunung yang penting untuk Ananda  lakukan sebagai pemula adalah menyiapkan mental dan fisik.

Ananda  perlu memastikan tubuh Ananda , baik lahir maupun batin, dalam keadaan siap dan sehat apabila ingin mendaki gunung yang dilakukan pada alam terbuka. Ingin tahu apa saja tips mendaki gunung lainnya? Mari simak ulasan di bawah ini!

 

Sumber: https://travel.kompas.com/read/2023/06/29/145000727/persiapan-mendaki-gunung-bagi-pemula

Ada beberapa tips mendaki gunung untuk pemula yang bisa Ananda  terapkan, mulai dari menyiapkan fisik, membawa peralatan pendukung serta mengemas persediaan makanan dan minuman yang cukup.

1.     Siapkan Mental dan Fisik

Mendaki gunung merupakan aktivitas fisik yang dilakukan pada alam terbuka dalam kurun waktu lama, bisa berjam-jam atau mungkin berhari-hari. Jadi, mental dan fisik Ananda  harus dalam keadaan siap untuk melakukan hal tersebut. Ananda  bisa rutin berolahraga setiap hari, terutama seminggu sebelum mendaki, untuk melatih kekuatan otot, sistem pernapasan, serta keseimbangan tubuh. Beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan sebelum mendaki adalah lari pagi, bersepeda, serta berenang.

 

Sumber: https://www.google.co.id/search?sca_esv=7df3c1460c395427&hl=en&sxsrf

2.     Siapkan Peralatan yang Mendukung Pendakian

Persiapan mendaki gunung yang tidak kalah penting adalah mengemasi beberapa peralatan untuk mendaki. Gunung merupakan alam terbuka yang jauh dari pemukiman, sehingga beberapa alat pendukung sangat dibutuhkan agar perjalanan selama mendaki dapat berjalan dengan lancar.Alat-alat mendaki gunung yang penting untuk Ananda  siapkan di antaranya yaitu:

·         Senter.

·         Kompas atau peta untuk membantu perjalanan pendakian.

·         Powerbank.

·         Ransel yang kedap air.

·         Obat-obatan pribadi.

·         Jaket tebal dan kedap air.

·         Peralatan masak sederhana, seperti kompor portabel, gunting, pisau kecil, dan lain sebagainya.

·         Sleeping bag atau matras tidur.

3.    Kabari Keluarga dan Kerabat Dekat

Mengabari keluarga dan kerabat dekat sebelum berangkat mendaki gunung merupakan hal penting yang perlu Ananda  lakukan. Jika memungkinkan dan terdapat sinyal, jangan lupa untuk mengabari keluarga dan kerabat dekat mengenai kondisi terkini dan situasi pendakian Ananda . Ananda  perlu mengabari lokasi, lintasan, serta waktu pendakian gunung ke keluarga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

4.     Kenakan Pakaian yang Sesuai

Mengenakan pakaian yang sesuai adalah tips mendaki gunung berikutnya. Pakaian yang sesuai untuk digunakan ketika sedang mendaki adalah pakaian tertutup demi menghindari gigitan serangga, kedap air, dan ringan. Ananda  dapat memilih baju yang berbahan polyester karena bersifat ringan dan mudah kering. Tidak kalah penting, Ananda  perlu melapisi baju tersebut dengan jaket hangat agar suhu tubuh tetap terjaga. Selain itu, Ananda  juga disarankan untuk mengenakan baju yang berwarna terang dan mencolok. Ini bermaksud agar memudahkan rombongan untuk mengenali Ananda  terutama saat di malam hari.

 

Sumber: https://www.rei.com/learn/expert-advice/mountaineering-gear-essentials.html

5.     Bawa Makanan yang Cukup

Untuk memastikan tubuh Ananda  mendapatkan energi yang cukup selama mendaki, jangan lupa membawa persediaan makanan, ya. Ananda  bisa menyiapkan beberapa makanan yang mudah dikonsumsi dan dapat memberikan energi selama mendaki gunung, seperti oatmeal, roti gandum, dan madu.

6.     Bawa Persediaan Air Minum

Tips mendaki gunung yang tidak kalah penting adalah membawa persediaan air minum. Karena mendaki gunung biasanya memerlukan waktu beberapa jam atau bahkan berhari-hari, Ananda  perlu memerhatikan asupan cairan tubuh agar tetap tercukupi. Oleh karenanya, Ananda  dapat membawa air mineral botol 1.500 ml di dalam tas bawaan. Air mineral botol 1.500 ml memiliki ukuran yang besar untuk membantu memenuhi kebutuhan air minum selama mendaki.

 

Sumber: https://superlive.id/superadventure/artikel/tips/5-tips-pengelolaan-air-minum-selama-mendaki-gunung

7.     Perhatikan Setiap Langkah selama Mendaki

Lintasan pada gunung sering kali memiliki medan yang tidak mudah, seperti jalanan yang licin, berbatu, serta akar pohon menyembul. Oleh karena itu, Ananda  sebaiknya selalu mengikuti rute yang ada serta memperhatikan setiap langkah kaki Ananda  ketika sedang mendaki. Hal ini bermaksud untuk menghindari risiko kaki terkilir yang dapat mempersulit Ananda  ketika sedang mendaki gunung.

8.     Jangan Sungkan untuk Beristirahat

Jika selama mendaki Ananda  merasa lelah, jangan sungkan untuk meminta beristirahat kepada rombongan pendaki lainnya. Rute pendakian biasanya memiliki pos istirahat di titik-titik tertentu. Pos tersebut ditujukan bagi pendaki untuk memulihkan tenaga sejenak. Setelah beristirahat sejenak, Ananda  bisa melanjutkan kembali perjalanan tanpa terganggu rasa lelah.

 

Sumber: https://mounture.com/tips-dan-trik/memilih-pakaian-yang-tepat-saat-mendaki-gunung/

Itulah beberapa tips mendaki gunung yang perlu pemula pahami. Jadi, siapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum Ananda  ingin mendaki gunung. Di samping itu, pastikan juga  untuk selalu menjaga lingkungan sekitar pegunungan ketika sedang mendaki. Liburan nanti dah punya rencana muncak? Selamat “muncak”, semoga selamat dan membawa sejuta kenangan bercengkrama dengan alam!!

** Disadur dari berbagai sumber

13 komentar:

  1. Wah kek nya boleh di coba juga tuh mendaki gunung, keliatannya seru bisa menghirup udara segar dan melihat pemandangan trus menguji adrenalin lagih. Makasih tipsnya

    BalasHapus
  2. merbabu with you boleh nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. muncakk sekelass bolehh nihh!!!!!!!!!!!!!!!?????

      Hapus
  3. menarikkkk nihchhh….

    BalasHapus
  4. menarikkkkk sekaliiii

    BalasHapus
  5. asmara kacau, atap jabar pun ku daki

    BalasHapus
  6. infonya dong muncak yang bagus buat pemula?:)

    BalasHapus

SPORTIME

  MANFAAT OLAH RAGA Oleh: Dana Praja   *) Terdapat beragam manfaat olahraga yang dapat dirasakan, baik dalam jangka pendek maupun jangka...