Senin, 14 Oktober 2024

SCIENCE FICTION

 

MENELISIK METAHUMAN

Oleh: Redaksi Literatsmansa



Hal baru ditampilkan dalam gelaran konser Synchronize Fest 2024. Pada gelaran musik tersebut, mendiang Nike Ardilla dihadirkan dengan menggunakan MetaHuman. MetaHuman sosok musisi legendaris itu membuat penonton Synchronize Fest 2024 penasaran akan keasliannya. Sebab sosok Nike Ardila tampil dengan jaket dan celana jins, serta rambut pendek khas miliknya. Penampilan MetaHuman Nike Ardilla yang tampak seperti kenyataan itu sontak membuat heboh penonton dan penyanyi kolaborator dalam konser tersebut.


 Sumber: https://www.tokocrypto.com/account/signup?ref=AT22U6PE

Apa itu MetaHuman?

MetaHuman adalah teknologi yang digunakan untuk menciptakan manusia digital yang "hidup" di lingkungan virtual, atau biasa disebut dengan Metaverse. Teknologi ini memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan pemodelan tiga dimensi (3D) terkini untuk menghasilkan bentuk wajah dan tubuh manusia digital dengan tingkat detail dan akurasi yang mengagumkan.

Teknologi MetaHuman memungkinkan penggunanya, termasuk pembuat konten, pengembang permainan, dan produser film, untuk menciptakan karakter manusia digital yang sangat mendekati keaslian manusia sungguhan dengan mudah. Selain itu, MetaHuman juga memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk menyesuaikan rupa karakter masing-masing manusia, membuatnya cocok untuk berbagai proyek kreatif. Namun, selain itu, MetaHuman juga merujuk pada sebuah produk piranti lunak 3D yang dikembangkan perusahaan Unreal Engine. Melalui perangkat tersebut, penggunanya bisa menangkap gerak-gerik manusia untuk kemudian diubah dan dikembangkan menjadi animasi berkualitas tinggi.

 

Sumber: https://benteng.progres.id/2023/teknologi/metahuman-pengertian-penjelasan-dan-cara-membuatnya.html

Produk MetaHuman tak hanya digunakan untuk kepentingan produksi game semata. Pasalnya, sejumlah rumah produksi AS pun sudah memanfaatkannya untuk menciptakan gambar berbasis komputer (Computer Generated Images/CGI). Dilansir Unrealengine.com, MetaHuman adalah teknologi yang mampu menciptakan karakter manusia digital dengan bentuk yang sangat realistis mirip seperti aslinya. MetaHuman diciptakan melalui aplikasi animato yang dapat memproduksi wajah sesorang sebagai animasi dengan ketelitian yang tinggi.

Penampilan manusia dengan MetaHuman akan terlihat memukau penonton dengan karakter yang diciptakan dengan pengalaman teknologi baru. Sebab penciptakan MetaHuman didasarkan dari hasil pindaian manusia sungguhan yang sudah ada sebelumnya. Pembuat MetaHuman hanya menyesuaikan penampilan secara fisik sehingga terbentuk sosok manusia digital yang nyaris nyata. Yakni dengan menambahkan berbagai macam fitur, seperti wajah, warna kulit, untuk rambut, mata, pakaian, ekspresi wajah dan lainnya dengan banyak pilihan berbeda. Hadirnya MetaHuman ini menjadi langkah besar dalam perkembangan teknologi pembuatan karakter digital yang membuka jalan bagi aplikasi canggih di dunia virtual. Termasuk dalam industri hiburan, pendidikan, dan simulasi dunia nyata.

 

Sumber: https://www.linkedin.com/pulse/metahumans-end-uncanny-valley-ruth-guest--otzge

Selengkapnya, berikut 5 fakta menarik tentang teknologi MetaHuman:

1.    Realisme Tinggi

MetaHuman dirancang untuk tampil dan bergerak seperti manusia nyata. Ini mencakup detail rumit seperti kerutan di kulit, pergerakan mata, ekspresi wajah yang alami, serta pencahayaan realistis.

2.    Cepat dan Mudah Dibuat

Teknologi ini dibuat menggunakan MetaHuman Creator, sebuah alat berbasis cloud yang disediakan oleh Epic Games, pengembang dapat membuat karakter realistis dengan cepat tanpa memerlukan keahlian dalam desain 3D tingkat tinggi. Alat ini mempermudah pengaturan fitur wajah, gaya rambut, dan karakteristik tubuh sesuai keinginan.

 

Sumber: https://www.linkedin.com/pulse/unreal-engine-mesh-metahuman-likeness-improvement-blender-grizzle-q2uce/

3.     Interaksi dengan Unreal Engine

Teknologi MetaHuman terintegrasi dengan Unreal Engine, mesin grafis yang digunakan untuk membuat video game dan efek visual film. Karakter yang dibuat dengan MetaHuman dapat langsung digunakan dalam proyek yang dibangun menggunakan Unreal Engine.

4.    Penggunaan dalam Berbagai Industri

Teknologi ini digunakan dalam industri game, film, animasi, dan bahkan aplikasi VR/AR (Virtual Reality/Augmented Reality) untuk menciptakan avatar yang dapat berinteraksi dengan lingkungan virtual. Selain itu, MetaHuman juga digunakan dalam simulasi dan pelatihan berbasis digital.

5.    Pemanfaatan AI dan Animasi Motion Capture

Karakter MetaHuman bisa diprogram untuk memiliki gerakan dan ekspresi wajah yang sangat realistis dengan bantuan teknologi motion capture dan kecerdasan buatan (AI) untuk menirukan perilaku manusia.

Metahuman Paling Terkenal di Dunia

Beberapa Metahuman telah mendapatkan popularitas besar di dunia, antara lain:

 

·         Miquela Sousa (Lil Miquela): Seorang influencer digital yang memiliki 2,8 juta pengikut di Instagram. Meskipun ia adalah karakter digital, Miquela sering berkolaborasi dengan merek-merek terkenal seperti Gucci dan Calvin Klein.

·         CodeMiko: Digital influencer dan juga streamer di Twitch ini adalah karakter digital dengan 128 ribu pengikut di Instagram.

·         Shudu: Karakter digital yang memiliki 241 ribu pengikut di Instagram dan bekerja sama dengan merek-merek terkenal seperti BMW dan Louis Vuitton.

·         Kyra: Karakter digital asal India ini sering menggambarkan diri sebagai orang yang senang travelling dan yoga. Kyra memiliki 252 ribu pengikut di Instagram.

Keberadaan Metahuman menjadi bukti nyata dari kemajuan teknologi AI yang mampu menghadirkan karakter digital dengan kualitas yang hampir menyamai manusia asli. Metahuman tidak hanya memberikan representasi visual yang realistis, tetapi juga perilaku yang mendekati manusia asli. Dengan berbagai peran dan fungsi yang ditawarkannya, Metahuman telah menemukan tempatnya di berbagai industri mulai dari film, video game, pendidikan, hingga pemasaran.

Alat seperti MetaHuman Creator dari Epic Games memungkinkan individu dan perusahaan untuk menciptakan karakter Metahuman mereka sendiri dengan mudah, memberikan kebebasan kreatif yang belum pernah ada sebelumnya. Sementara itu, beberapa karakter Metahuman telah berhasil mencuri perhatian publik dan menjadi fenomena di media sosial, menunjukkan potensi besar karakter digital ini di masa depan…jadi siap tidak siap, ke depan Dunia ini akan semakin diramaikan dengan teknologi Metahuman…Wallohu’alam

** https://coinvestasi.com/belajar/mengenal-metahuman-karakter-ai-mirip-manusia

    https://pluang.com/blog/news-analysis/metahuman-adalah

    https://kumparan.com/berita-hari-ini/mengenal-apa-itu-metahuman-ini-penjelasannya-21PmnG5zPA

   https://coinvestasi.com/belajar/mengenal-metahuman-karakter-ai-mirip-manusia

 

16 komentar:

SPORTIME

  MANFAAT OLAH RAGA Oleh: Dana Praja   *) Terdapat beragam manfaat olahraga yang dapat dirasakan, baik dalam jangka pendek maupun jangka...