Senin, 19 Agustus 2024

NATIONALITY

 SAATNYA BANGGA BERBAHASA INDONESIA

Oleh: Literatsmansa


Mumpung dalam euphoria 17 Agustusan, penulis mencoba mengangkat sisi lain dari bahasa Indonesia sebagai bahasa perjuanagn bangsa kita. 79 tahun bangsa ini “Merdeka” , kita kenali peran bahasa Indonesia sebagai bahasa perjuagan….yuk kita mulai!!

Sumber: https://www.haibunda.com/moms-life/20240817175813-76-345108/cek-bun-20

Sumber: ttps://jakarta.tribunnews.com/2024/07/17/99-ide-lomba-17-agustus

Ananda yang baik, bahasa mencerdaskan kehidupan bangsa dan kita semua sudah mengakui pentingnya peranan bahasa Indonesia. Dalam perjalanan kehidupan bangsa, bahasa Indonesia telah terbukti membawa bangsa Indonesia ini pada kemajuan peradaban. Lahirnya organisasi perjuangan kemerdekaan, Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 mampu menumbuhkan kesadaran beroganisasi dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sejak itu lahirlah organisasi-organisasi perjuangan kemerdekaan di wilayah Nusantara ini (kalau masih kurang yakin…tanya pa pepi, pa rifki, atau bu widi..he..he). Pada masa itu bahasa Melayu (yang menurut identifikasi para ahli adalah bahasa Melayu Pasar) berperan dalam konsolidasi internal organisasi ataupun dalam membangun sinergi antarorganisasi menyusun kekuatan melawan penjajahan menuju kemerdekaan. Pada sisi lain, penerbitan bacaan rakyat dalam bahasa Melayu dan penggunaannya dalam berbagai bidang kehidupan telah mendorong para pejuang kemerdekaan mencetuskan pernyataan sikap politik pengakuan terhadap tanah air, bangsa, dan bahasa persatuan pada 28 Oktober 1928 yang dikenal dengan Sumpah Pemuda. Pada saat itu nama bahasa Indonesia dicetuskan dan ditetapkan menjadi bahasa nasional atau bahasa kebangsaan.

 

Sumber: https://alharaki.sch.id/yuk-cari-tahu-isi-dan-makna-sumpah-pemuda/

Peran bahasa Indonesia telah menyatukan berbagai kelompok etnis ke dalam satu kesatuan bangsa Indonesia (yang menurut sensus penduduk Indonesia 2010, jumlah etnis/suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia kurleb 1.340 yang merupakan hasil silsilah 300 etnik di negara kita). Bahasa Indonesia telah menjadi sarana perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, menumbuhkan dan memelihara rasa kesetiakawanan dan kenasionalan, dan membangun peradaban baru tentang Indonesia. Sepuluh tahun kemudian diselenggarakan Kongres Bahasa Indonesia Pertama (1938) di Surakarta yang pada kongres itu diserukan perlunya pengembangan bahasa Indonesia melalui penciptaan istilah-istilah baru. Kemudian, puncak perkembangan peran bahasa terwujud setelah kemerdekaan karena bahasa itu telah diangkat sebagai bahasa negara (UUD 1945 Pasal 36). Pengangkatan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara telah menempatkan peran bahasa sebagai bahasa resmi dalam menjalankan pemerintahan dan sebagai sarana mengembangkan ilmu dan teknologi serta kebudayaan Indonesia (banyak negara-negera besar di dunia tidak memiliki bahasa nasional seperti India, Malaysia, Filipina, Amerika Serikat sendiri yang lebih  pe-de” menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya…keren kan bangsa kita!!).

 

Sumber: https://www.merdeka.com/jabar/bentuk-pemerintahan-republik-beserta-jenis-dan-conto

Pada perjalanan selanjutnya bahasa Indonesia mengalami berbagai tampilan wajah dan kondisi pemakaian di tengah berbagai situasi politik yang berbeda, mulai masa orde lama, kemudian masa orde lama, sampai masa reformasi. Yang pasti peran bahasa Indonesia tetap kokoh sebagai alat komunikasi nasional, alat persatuan dan pembangunan, dan sebagai bahasa pengantar pendidikan anak bangsa. Peran itu dikukuhkan dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang di dalamnya menyebutkan bahwa bahasa pengantar pendidikan nasional ialah bahasa Indonesia. Sebagai bahasa pengantar pendidikan, bahasa Indonesia mampu menjadi penghela pengetahuan dan sebagai sarana pembentukan kepribadian dan pengembangan kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual bagi anak bangsa sehingga bangsa Indonesia menjadi lebih maju seperti sekarang ini. Jangan salah, dibeberapa negara (Australia, Canada, Jepang, Amerika, dll. bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa yang diajarkan di sekolah-sekolah bahkan sampai ke perguruan tinggi)….Jadi saatnya kita bangga dengan bahasa Indonesia…Identitas pemersatu bangsa menuju Indonesia maju…setujukan? Komen ya!!

 
Sumber: https://www.kompasiana.com/sutarnoharjosentono/617f4dc001019029c82da662/bangga-menjadi-indonesia

**) dikutip dan disarikan dari berbagai sumber

 

25 komentar:

  1. ternyata🔥🔥🔥

    BalasHapus
  2. Saya bangga menjadi warga Indonesia 🔥

    BalasHapus
  3. Harus bangga menjadi warga indonesia berbahasa indonesia yang menjadi pemersatu bangsaa

    BalasHapus
  4. keren sekali pak literasi hari ini sangat membantu🔥

    BalasHapus
  5. bangga menjadi bangsa indonesia 🇮🇩

    BalasHapus
  6. Setuju bangett pak!!

    BalasHapus
  7. SANGAT KEREN PAKKKKK 🌹🌹❤️‍🔥

    BalasHapus
  8. Sangat bagus sekali literasi hari inii dapat menambah ilmu dan wawasan🌪️

    BalasHapus
  9. MERDEKA🔥🔥🔥

    BalasHapus
  10. wow mantap👍🏻🔥🔥

    BalasHapus
  11. setuju banget pak oke gas oke gas🔥🔥

    BalasHapus
  12. Aku cinta Indonesia🇮🇩🇮🇩🇮🇩

    BalasHapus
  13. indonesia memang negara yang sangat luar biasa, kita sebagai penerus bangsa harus mempertahankan indonesia dan memajukan indonesia menjadi negara yang patut dicontoh oleh negara lain dalam aspek bahasa, budaya, bangsa dll. MERDEKA-!!!!

    BalasHapus
  14. setuju pak b.indonesia

    BalasHapus
  15. alhamdulillah literasinya bagus sekali, dengan ini diharapkan kita lebih memiliki rasa patriosme yang tinggi dan menghargai budaya serta sejarah indonesia

    BalasHapus
  16. merdeka🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

    BalasHapus
  17. Keren pa materi literasi nya

    BalasHapus

ENTERPRENEURSHIP

  “JANGAN PERNAH ANGGAP ENTENG PRAKARYA! BERIKUT INI JENIS DAN MANFAATNYA” Oleh: Dadan Triatna, SE., S.Pd *)   Prakarya merupakan kegi...