Rabu, 24 Juli 2024

LIFE MUST GO ON

 HIDUP  SETELAH ES EM ‘A

Oleh: Redaksi Literatsmansa


Lulus dari SMA tentu bukan perkara yang sepele. Ibaratnya, Ananda  baru aja berhasil nyelesain sebuah bab besar dalam hidup Ananda  dan bakal berlanjut ke bab yang berikutnya.Setelah lulus SMA, Ananda  mungkin bakal ngelanjutin pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau ngelakuin hal lain kayak misalnya kerja, atau malah nikah.  Buat bisa ngejalanin berbagai hal itu, Ananda  pun bisa jadi harus ninggalin rumah dan jauh dari keluarga maupun orang-orang terdekat  selama ini.

 


Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/2014/05/17/pengumuman-kelulusan-sma-orangtua-diminta-larang-anak-ke-sekolah

Singkatnya, buat ngejalanin tahap kehidupan yang berikutnya setelah lulus SMA, mau engga mau bakal bertemu dengan banyak kenyataan hidup. Ironisnya, Ananda  bisa aja engga sadar sampai hal terjadi. Berikut ini adalah 5 kenyataan hidup yang bakal terjadi setelah  lulus SMA:

a.     Kuliah Dimana? Jurusan apa? Dsb..

Tuhhh kannn…., Ananda  masih bingung mau kuliah di jurusan apa dan perguruan tinggi mana? Jangan lama-lama lah bingungnya, Ananda yang baik. Nentuin pilihan kuliah itu cuma satu dari sekian banyak pilihan hidup yang harus dibuat. Ke depannya bakal ada lebih banyak lagi pilihan sulit yang harus dihadapi. Mending Ananda  mulai mantapin hati dari sekarang. (inget…hidup adalah pilihan…he..he).

 


Sumber: https://pontianak.tribunnews.com/2016/06/04/dilema-mau-menikah-atau-kuliah

b.     Saatnya keluar dari “beribu halu”

Traveling sendirian belum pernah, nabung belum kesampean, ngebahagiain orang tua pun belum sanggup. Mungkin ketiga hal tersebut hanyalah sebagian dari halu-halu yang belum Ananda  lakuin di SMA. So, daripada cuma terus-terusan mikir doang dan jadinya malah pusing sendiri, mending coba realisasiin satu per satu dari sekarang.


Sumber: https://www.femina.co.id/money/banyak-keinginan-bikin-boros-coba-10-langkah-bikin-keuangan-sehat

c.     The Real friends

Dari seabreug teman yang Ananda  punya di SMA, engga semuanya bakal terus-terusan berhubungan sama Ananda . Bahkan, setengah di antaranya mungkin cuma teman sesaat aja. Waktu luang yang Ananda  punya akhirnya cuma bakal dedikasiin buat mereka. Ananda  pun ujung-ujungnya jadi semacam lebih milih-milih teman gitu … betul gak..coba inget-inget temen SMP dulu…berapa orang yang masih conect dan perhatian?


Sumber: https://www.detik.com/sumut/berita/d-6837726/kapan-hari-persahabatan-sedunia-2023-ini-tanggal-dan-sejarahnya

d.     Saatnya ‘De-Wa-Sa’

Kalau di SMA, masih ada guru yang suka ‘ngejar-ngejar’ dan ngedorong  buat ngelakuin sesuatu yang baik, bantu kalau kesusahan, nasehatin kalau kita salah, mau dengerin curhatan ketika kita suntuk banyak masalah…de.el.el, di dunia perkuliahan atau dunia kerja, apalagi dunia rumah tangga, Ananda  justru harus bisa ngurus diri sendiri. Ini bukan berarti engga ada lagi orang yang bisa Ananda  andalin, tapi lagi-lagi Ananda  cuma bisa bergantung pada diri sendiri . Ananda  harus lebih siap buat nanggung segala konsekuensi dari perbuatan nantinya.

e.     Kasih ibu sepanjang jalan (enaknya...coba sambil putar lagu di bawah ini...biar dramanya dapet bgtt!!)


Buat Ananda  yang bakal jadi anak kos khususnya, hal ini suatu hari nanti pasti bakal  ngerasain. Apalagi kalau Ananda  mendadak sakit, orang pertama yang bakal pengen dihubungi biasanya ya ibu/ambu, ummi/nyokap atau sejenisnya…he..he . Singkatnya, apapun itu masalah atau kendala yang dihadapi, kemungkinan besar Ananda  bakal ngehubungin mahluk Tuhan yang satu itu  buat minta bantuan, minta transferan, minta kelonin, minta pijitin,…..So, Mending sekarang puas-puasin waktu bareng ibu/ambu, ummi/nyokap  deh selagi bisa!...kalau Ananda ingat "mahluk Tuhan" yang satu ini...isi dong kolom komentarnya dengan do"a buat mereka...insha 4JJI yang lain pada ikut mengaminkan!!

 


Sumber: https://mahasiswaindonesia.id/ibu-adalah-pendidikan-pertama-dan-utama-untuk-anak/

Ini semua tidaklama lagi, Ananda yang sekarang duduk di kelas 12, tinggal ngitung bulan lagi…demikian juga buat adik kelasnya…dua tiga tahun ke depan akan ngalameni. Yuk persiapkan dari sekarang segala sesuatunya, biar nanti kita bisa kuat ngadepin semuanya!!

**Disadur dari berbagai sumber

9 komentar:

  1. Terimakasih ilmunya ( khaila XI D2)

    BalasHapus
  2. terimakasih literasi hari ini sangat menginspirasi saya yang nantinya akan mengalami masa tersebut🙏

    BalasHapus
  3. Sangat enak d Baca Dan tidak mudah Bosen
    Terimaksih sangat bermotivasi

    BalasHapus
  4. Semoga sehat selalu dan panjang umur 🌹

    BalasHapus
  5. literasi yang sangat bermanfaat saya bisa mulai pikirkan itu dari sekarang

    BalasHapus
  6. Semoga selalu mendapat yang terbaik untuk semua ibu yang ada di alam semesta ❤️❤️

    BalasHapus
  7. panjang umur untuk semua hal hal baik🌻

    BalasHapus

Contemplation

  NOTITLE hasil renungan sesaat “PAPIH” IYEP CARDIMAN K   Setiap manusia dikarunia Allah SWT berupa kasih sayang sehingga saling menya...