Kamis, 16 Mei 2024

RELIGIUSITY

 

DO’A YUK….BIAR SEHAT MENTAL!!

Oleh: Redaksi Litersmansa

 


Segala hal yang Ananda inginkan bisa tercapai dengan usaha yang maksimal. Namun,  terkadang usaha saja tidak cukup. Bagi sebagian orang, usaha perlu diiringi dengan doa supaya keinginannya cepat dikabulkan. Menurut para teolog, doa punya definisi yang amat luas.  Ada banyak bentuk dari doa, mulai dari diucapkan, spontan, berulang-ulang atau hanya diam. Namun, doa umumnya didefinisikan sebagai “Dialog imajiner yang mendalam antara mahluk dengan Yang Kuasa.” Doa adalah bukti ketergantungan seorang hamba kepada Allah sebagai Allah SWT nya. Hamba yang malas berdoa menunjukkan kesombongannya. Karena itu dalam hadis ditegaskan bahwa siapa yang tidak mau berdoa, Allah murka kepadanya (Man lam yas alillaaha yaghdhabu ‘alaihi) (HR Turmidzi).

 


 Sumber: https://sinarpost.com/2022/10/31/ini-doa-untuk-kesehatan-mental/

Apapun bentuknya, berdoa ternyata mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan mental. Manfaat berdoa untuk kesehatan mental bahkan telah dibuktikan dengan beberapa penelitian ilmiah. Penelitian yang Profesor Harvard Tyler VanderWeele menemukan bahwa orang dewasa yang berdoa setiap hari cenderung berisiko lebih rendah untuk mengalami depresi. Selain itu, orang yang berdoa setiap hari ternyata memiliki tingkat kepuasan hidup, harga diri, serta pengaruh positif yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berdoa.

 

Sumber: https://www.rri.co.id/kesehatan/481621/pentingnya-menjaga-kesehatan-mental-para-remaja

berdoa ternyata mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan mental. Manfaat berdoa untuk kesehatan mental bahkan telah dibuktikan dengan beberapa penelitian ilmiah, diantaranya studi yang dilakukan oleh The California Mental Health & Spirituality Initiative pun menemukan hasil serupa. Penelitian ini mengambil sudut pandang lebih dari 2.000 orang yang memiliki masalah kesehatan mental. Hasilnya, lebih dari 80% setuju bahwa hal spiritual amat penting untuk kesehatan mental mereka. Lebih lanjut, berikut manfaat berdoa untuk kesehatan mental antaralain:

1. Menenangkan Hati

Perasaan gelisah bisa menjadi pertanda awal masalah kesehatan mental. Doa bisa seperti mantra yang memberikan ketenangan dan menurunkan kegelisahan kamu. Saat berdoa, seseorang seakan-akan masuk ke dalam sebuah gelembung yang tidak bisa diganggu orang lain. Perasaan khusyuk tanpa distraksi inilah yang memberikan efek ketenangan bagi para pendoa. Bila dilakukan secara rutin, bukan tidak mungkin berdoa bisa mendatangkan manfaat kesehatan mental lainnya.

2. Mengatasi rasa “teralinasi”

Kesiapan dan merasa sendiri terlalu lama dapat membuat seseorang mengalami depresi. Saat berdoa, tidak akan ada batasan komunikasi antara kamu dan Allah SWT . Ini bisa menjadi metode yang efektif untuk mengusir rasa kesepian, terlebih untuk orang-orang yang merasa terisolasi secara sosial.

3. Membantu Proses Recovery

Percaya atau tidak, tetapi berdoa ternyata dapat membantu pemulihan dari masalah kesehatan mental. Studi yang dilakukan oleh Rob Whitley, seorang investigator Douglas Hospital Research Center di Kanada menemukan, bahwa partisipan yang mengikuti penelitiannya mengaku bahwa berdoa adalah salah satu faktor yang mempercepat kesembuhan mereka.

 

Sumber: https://www.google.co.id/search?q=ilustrasi%20kesehatan%20mental&hl

4. Bikin Panjang Umur

Studi yang dipublikasikan tahun 2017 menghasilkan temuan menarik seputar frekuensi berdoa ke di tempat ibadah dengan usia seseorang. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa partisipan yang sering datang ke tempat ibadah rutin ternyata 55% lebih panjang umur. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh setelah melakukan tindak lanjut hingga 18 tahun kemudian.

5. Mencegah Depresi

Efek menenangkan dari berdoa ternyata mirip seperti saat seseorang melakukan yoga dan meditasi. Hati yang tenang tentunya berkorelasi dengan tingkat depresi yang lebih rendah. Bukan cuma mitos, pernyataan ini telah didukung dengan sebuah studi pada tahun 2019 hasilnya, pasien yang menjalani sesi berdoa selama 6 pekan merasakan lebih sedikit gejala depresi dan cemas berlebih.

Selain berdoa, gaya hidup juga berperan penting dalam kesehatan mental. Pola makan sehat, rutin berolahraga dan tidur cukup adalah kuncinya.

 

Sumber: https://www.frisianflag.com/milkpedia/nutrisi-dan-kesehatan/anjuran-pola-makan-tepat-menurut-para-ahli

Hendaklah Ananda ketahui bahwa martabat keadaan rohani yang tertinggi bagi manusia dalam kehidupan di dunia ini adalah bahwa manusia mendapatkan ketenteraman beserta Allah SWT , dan segala kepuasan, kegembiraan, dan kelezatan baginya hanya berada dihadapan Allah SWT . Penerapan doa merupakan salah satu cara olah batin untuk melepaskan atau menjauhkan diri dari segala keruwetan dan gangguan lahir, batin, ataupun segala sesuatu yang mengganggu pikiran seperti kebisingan, keramaian, atau berbagai angan-angan dalam pikiran. Jadi tidaklah mengherankan kalau Allah SWT menganjurkan untuk selalu doa.

Buat Ananda yang baik, Jangan lupa do’a ya…karena di antara cara menjadi hamba Allah SWT adalah memperbanyak doa. Allah SWT senang kapada hamba-hamba-Nya yang selalu berdoa.

 

**) Dikutif dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MESTI TAHU!!

  "Puisi dalam Denyut Kebangsaan: Mengenang Chairil Anwar di Hari Puisi Nasional" Oleh: Yani Suryani, SP *) Hari Puisi Nasional ...