Senin, 25 Maret 2024

SCIENCTOLOGY

 

MENGENALKAN REAKSI KIMIA YANG MENARIK DENGAN DEMONSTRASI MENGGUNAKAN BAHAN SEDERHANA

Oleh:  Joko Nugroho, S.Pd *)

 



            Selama ini, ilmu kimia dikenal sebagai ilmu dengan karakter berbahaya, karena masyarakat selalu mengaitkan dengan bahan berbahaya dan beracun (B3). Padahal ilmu kimia tidak selamanya membicarakan tentang bahaya B3 tetapi juga mengenai kaitan ilmu kimia terhadap perkembaga berbagai bidang lainnya seperti bidang farmasi, pertanian, peternakan, industry, pangan, dll. Kelebihan dan manfaat yang cukup luas dari ilmu kimia menjadi hal penting yang sangat membantu jika sosialisasi atau pemahaman tersebut tidak terbatas pada kalangan tertentu

            Mata pelajaran kimia sebagai salah satu  ilmu sains termasuk matap pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa. Selain dianggap tidak relevan dengan kehidupan mereka, pemberian materi yang cenderung monoton dan membosankan membuat minat dan tingkat pemahaman siswa terhadap materi kimia rendah. Pembelajaran kimia yang tidak disertai dengan praktikum membuat siswa sulit dalam memahami konsep yang sebenarnya., sehingga kimia yang merupakan salah satu kajian yang kurang diminati oleh siswa berdampak pada pilihan mereka untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi

            Minat dan motivasi peserta didik dapat ditingkatkan melalui pengenalan reaksi-reaksi kimia sederhana menggunakan bahan yang terdapat di sekitar. Ada banyak percobaan sederhana yang dapat kita lakukan untuk menarik minat peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah demonstrasi menarik untuk stimulasi ketertarikan siswa  Dengan demikian akan didapatkan pemahaman bahwa ilmu kimia sebagai salah satu ilmu yang dapat diamati dikehidupan sekitar sehingga mereka dapat menganggap kimia sebagai salah satu ilmu yang dapat diamati di kehdupan sekitar sehingga mereka bisa menganggap kimia sebagai salah satu ilmu yang menarik.

            Beberapa percobaan yang dapat didemonstrasikan dengan menggunakan bahan bahan yang sederhana, diantaranya yaitu :

1.     Home made lava lamps

Alat dan Bahan : air, minyak, pewarna, adem sari, sendok, gelas/botol kaca, hp

 


2.     Colored flames

Alat dan Bahan : kristal NaCl, Kristal CuCl2, kristal SrCl2, kristal Ba(NO3)2, wadah alumunium, kristal LiBr, etanol 96%, pemantik


3.     “Pesan Rahasia”

Alat dan Bahan : jeruk nipis, cutton bud, kertas hvs, lilin, indicator pp


4.     Fire Hand

Alat dan Bahan :sabun cuci piring, air, etanol, gas butana, pemantik

5.     Volcano

Alat dan Bahan : botol kosong, kertas pembungkus makanan atau kartonberwarna cokelat, nampan, selotif, soda kue, cuka, pewarna makanan merah

               Kegiatan demonstrasi diawali dengan penyampaian singkat terkait percobaan yang akan didemonstrasikan. Demonstrasi dapat melibatkan siswa. Dari beberapa kegiatan, saat  demonstrasi berlangsung terlihat animo para peserta didik sangat tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa peserta didik menyambut positif kegiatan yang dilakukan. Siswa tidak hanya takjub dengan percobaan yang telah dilakukan, namun mereka tetap menerima ilmu dari penjelasan guru terkait alat dan kegunaan saat demonstrasi berlangsung. Dengan demikian pembelajaran lebih menarik. Dan dari daftar percobaan diatas sebaiknya dilakukan secara berurutan dari percobaan nomor 1 sampai dengan percobaan nomor 5. Dan siswa d apat mencobanya secara langsung saat demonstrasi. Dan demonstrasi ini aman dan dapat dilakukan siswa di rumah.


            Dengan menyaksikan demonstrasi terlebih siswa terlibat didalamnya, siswa dapat meningkatkan keterampilan berfikir, karena mereka akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada saat demonstrasi, berinteraksi langsung dengan sumber, dan mengagumi materi sains yang menarik, sehingga akan menumbuhkan rasaketertarikan akan belajar, percaya diri, dan mandiri. Pengalaman yang diperoleh siswa makin berkesan apabila proses pembelajaran yang diperoleh merupakan hasil dari prosesyang melibatkan siswa sepenuhnya untuk merumuskan suatu konsep. Dan demonstrasi kimia dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekeliling kita dapat meningkatkan mimat siswa akan pentingnya ilmu sains khususnya kimia. Selain itu kegiatan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat umum tentang ilmu kimia yang tidak hanya berkaitan dengan zat dan reaksi yang berbahaya.


teruntuk "para seniorku/sahabatku" yang telah dan akan segera purna tugas....sehat selalu ya!!


Sumber: https://youtube.com/watch?v=QSCc16k3nUQ


Sumber Tulisan dan dokumen foto pribadi

*) Guru Mapel Kimia, diamanahi menjadi Waksek. Sarpras, pengalaman menjadi pembimbing OSN/KSN mapel Kimia/PLH.

16 komentar:

  1. Literasi membuka jendela imformasi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali.Alhamdulillah, semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. terima kasih atas ilmu hr ini sangat bermanfaat(M.Farrel Aqil kelas XC)

    BalasHapus
  3. kimia sangat menyenangkaann

    BalasHapus
  4. terimakasih atas literasinya pa, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Wah terimakasih bapak, sepertinya kimia sangat menyenangkan

    BalasHapus
  6. terimakasih bapak untuk literasi hari ini

    BalasHapus
  7. Terimakasih Pak atas ilmunya, ilmu tentang kimia ini sangat menarik untuk di praktekkan 🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..bisa dipraktekkan sendiri dan aman.Bahan yg sulit didapat dapat diganti dengan bahan yang ada dirumah.

      Hapus
  8. Mantap pa sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  9. Terimakasih Pak, literasinya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  10. terimakasi pak, sangat bermanfaat apalagi tentang percobaan dengan bahan bahan sederhana

    BalasHapus
  11. Wahh terima kasih bapak atas ilmu yang bermanfaat iniii

    BalasHapus
  12. Terimakasih pak telah memeberikan bacaan yang menarik

    BalasHapus
  13. Terimakasih pak atas literasinya

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...