Rabu, 08 Mei 2024

MUSICHOLIC

 

PENGERTIAN, FUNGSI DAN PERANAN SENI MUSIK

Oleh: Firmanurkarim, S.Pd *)

 



1.    Pengertian Seni

Seni (art) adalah ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan dalam suatu karya yang indah (artistik). Kalau ungkapan tersebut dituangkan dalam gambar, pahatan atau ukiran, relief termasuk kedalam seni rupa. Sedangkan kalau ungkapan tersebut dituangkan dalam lirik, irama, atau lagu termasuk ke dalam seni musik, begitu juga yang lainnya seperti seni tari cara mengaplikasikannya yaitu dengan gerak, seni drama (teater) dengan dialog atau peran dan seni sastra yaitu dengan puisi atau sajak.

Seni musik merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan melalui media suara. Berbagai macam warna suara yang diatur dan disusun akan memunculkan sebuah komposisi suara yang dapat menghanyutkan rasa, bahkan dapat membuat perasaan manusia menjadi lembut atau sebaliknya, menjadikan perangainya beringas.

 


Sumber: https://mtsn1kotamalang.sch.id/akademik-2/

 

2.    Fungsi dan Peranan Musik

Sejak zaman prasejarah, manusia sudah mengenal dan menggunakan suara atau bunyi-bunyian sebagai tanda yang disepakati untuk berkomunikasi dengan kelompok masyarakatnya. Melalui bunyi tertentu yang dihasilkan oleh sebuah alat misalnya lonceng, kentungan, terompet, dan kulit kerang. Manusia menggunakannya sebagai tanda atau alat berkomunikasi. Misalnya pada masyarakat tertentu yang menggunakan kentungan sebagai tanda ada sebuah kejadian misalnya ada kebakaran, pencurian dan sebagainya.

Pada perkembangan selanjutnya, bunyi yang telah dikenal dan digunakan oleh masyarakat, kemudian disusun menjadi nada, yakni suara yang teratur getarannya dalam setiap detik. Nada atau bunyi yang teratur, baik tinggi maupun rendahnya, kemudian diatur dan disusun menjadi sebuah musik.

Musik telah dikenal sejak zaman dulu. Hiasan pada relief yang terdapat di Piramida Mesir Kuno menunjukkan gambar-gambar alat musik, seperti serunai, seruling dan harpa. Bahkan ribuan tahun sebelum Nabi Isa dilahirkan, orang-orang Tiongkok sudah mengenal tangga nada. Pada zaman Yunani Kuno, musik digunakan untuk membangkitkan kekuatan-kekuatan gaib (magis). Begitu pula pada Kitab Injil, disebutkan bahwa orang yang pada mulanya menemukan dan mengembangkan musik adalah Jubal. Yang sangat disayangkan adalah bahwa komposisi (gubahan) musik purba ini hilang ditelan zaman karena memang tidak ditulis seperti halnya musik rakyat.

 


 Sumber: https://kabarin.co/5-rahasia-mesir-kuno-yang-terkuak-ini-bakal-bikin-kamu-ternganga/

Lain halnya dengan sekarang, kehadiran musik di tengah-tengah masyarakat  memiliki bermacam-macam fungsi, antara lain fungsi yang sifatnya individual atau sifatnya sosial.

 

A.    Fungsi yang bersifat individual

 

Melalui musik seseorang dapat mengungkapkan atau mengekspresikan gejolak jiwa, perasaan, atau kegalauan yang terpendam dalam hatinya. Melalui syair lagu yang digubahnya. Seniman musik dapat mengkritik atau memprotes kondisi yang ada dilingkungannya, serta dapat pula mengungkapkan rasa cinta dan kekagumannya terhadap sesama manusia, alam, dan sang Pencipta. Jadi, seni apa pun, termasuk seni musik dapat dipakai sebagai media ekspresi yang dapat memberikan kepuasan batin bagi penciptanya.

 


Sumber: https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/12/08/163516/kenali-4-jenis-hormon-pengatur-suasana-hati

 

B.    Fungsi Sosial Seni

 

1). Musik di dalam agama

Perpaduan musik di dalam agama banyak dijumpai, bahkan sekarang dari masing-masing golongan agama telah meningkatkannya.

Umat Kristen pada hari-hari terntentu (Minggu) di gereja menyelingi khutbah dengan nyanyian-nyanyian sebagai puji-pujian, begitu pula pada hari Natal umat Kristen di seluruh dunia menyanyikan lagu malam kudus.

Sama halnya dengan umat islam. Marhaban, yaitu puji-pujian kepada Nabi Muhammad s.a.w yang dikumandangkan pada waktu-waktu tertentu dengan suara merdu.

Hampir sama dengan itu, ialah permainan rebana yang merupakan sebagian dari lagu yang bertemakan agama Islam. Atau juga ucapan takbir pada hari lebaran yang berkumandang di seluruh dunia

2). Musik di dalam masa perjuangan

Di dalam masa perjuangan, musik dapat memegang peranan penting, yaitu diciptakan untuk membangkitkan semangat juang, membakar semangat rakyat serta menambah keberanian.

Misalnya lagu “bebaskan Irian” cukup berjasa memperkuat dan mempertebal rasa antipati terhadap penjajah Belanda, sehingga Irian masuk kembali ke wilayah Indonesia, begitu pula dengan lagu “halo-halo Bandung” suatu lagu yang berhasil menggelorakan semangat juang untuk membela dan merebut kembali kota Bandung dari pendudukan tentara kolonial.

 


Sumber: https://www.its.ac.id/news/2019/03/09/tidak-sebatas-seni-musik-mengiringi-perjalanan-bangsa/

3). Musik Untuk hiburan

Fungsi musik pada setiap orang umumnya berbeda-beda. Ada yang mempergunakan musik sebagai mata pencaharian namun ada pula orang yang menggunakan musik semata-mata untuk hiburan saja, misalnya :

·         ada orang yang sengaja melihat langsung suatu pertunjukkan musik atau mendengar lewat radio.

Dalam hal ini orang yang bersangkutan dapat menghibur dirinya sendiri, menghilangkan rasa capek, melupakan perasaan yang tidak enak, kesal dan lain-lain. Setelah mereka terhibur maka terlupakanlah segala penderitaan yang telah dialami.

·         Ada orang sengaja ikut serta memainkan suatu instrumen, atau vokal dalam suatu perkumpulan musik atau group band yang dibentuk bersama.

Mereka bermain musik adalah sekedar untuk melepaskan lelah setelah menyelesaikan tugasnya.

4). Musik untuk pendidikan

Untuk membantu perkembangan bakat dan pembawaan anak, maka pendidikan musik di sekolah-sekolah, dapat membantu membawa usaha memperkaya pengalaman musik anak didik, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Selain dari itu, musik dapat mempengaruhi kehidupan pribadi anak.

 


Sumber: https://www.indonesiana.id/read/133136/music-in-you-gali-minat-bakat-musik-siswa-sma

Tujuan pendidikan musik untuk anak-anak di sekolah ialah :

·      musik dapat memberi kegembiraan pada anak

·      musik dapat memberi kepuasan dan sebagai alat untuk membebaskan emosi pada anak

·      musik dapat menambah pengalaman pribadi anak untuk membuat rekreasi sendiri

·      musik dapat membawa anak ke arah disiplin dalam mencapai suatu tujuan

·      musik dapat memberi anak bermacam-macam pengalaman kepada anak-anak lain

·      pengalaman musik pada masa kanak-kanak adalah untuk persiapan pada masa yang akan datang.

5). Musik untuk dalam dunia perdagangan

Akhir-akhir ini musik banyak digunakan orang dalam dunia perdagangan sebagai alat propaganda mempopulerkan atau mempromosikan  produk dari suatu perusahaan (pabrik) kepada masyarakat ramai, yang dinamakan iklan.

 


Sumber: https://indihome.co.id/addon/langitmusik

 

** Dikutif dari berbagai sumber

*) Guru Seni Budaya di SMA Negeri 1 Pangalengan, penikmat beragam genre  musik

1 komentar:

  1. seni dan budaya merupakan 2 hal yg saling berkaitan erat dan menjd bagian dr ciri khas suatu masyarakat atau daerah.(M.Farel Aqil kelas XC)

    BalasHapus

SAINSTOLOGY

  FORENSIK, ILMU PENGGUNGKAP MISTERI KEJAHATAN Oleh: Redaksi Literatsmansa Ananda yang baik, Setiap terjadi peristiwa kejahatan yang men...